Senin, 19 Februari 2018

Kejatuhan Tsar dan kemunculan Uni Soviet

Sejarah singkat kekaisaran Rusia
Secara geografis, Rusia merupakan negara terbesar di dunia. Luas wilayah Rusia dua kali lipat wilayah Amerika Serikat. Hampir semua wilayah Rusia berupa daratan. Begitu luasnya, Rusia masuk ke dalam dua benua, Asia maupun Eropa sekaligus.
St Basil Rusia
Tidak banyak sejarah yang bisa menjelaskan siapa nenek moyang bangsa Rusia. Sebagian besar suku yang hidup di wilayah Rusia merupakan suku nomaden yang berpindah-pindah. Orang Rusia memiliki kemiripan ras dengan suku Mongol. Tahun 1327, Rusia dikuasai oleh suku bangsa Tatar keturunan Genghis Khan. Kebudayaan bangsa itu yang tidak banyak berkembang membuat Rusia cukup ketinggalan dibandingkan negara Eropa lainnya.
Seorang bangsawan bernama Ivan mengusir suku tatardari Rusia. Iamenggelaridirinyasebagai Tsar. Julukan itu meniru julukan pahlawan dalam tradisi Romawi Kuno. Sejak saat itu, setiap penguasa Rusia mendapat julukan Tsar. Kerajaan Rusia mengalami puncak kejayaan pada masa pemerintahan Peter yang Agung (1672-1752). Ia ingin Rusia maju seperti kerajaan-kerajaan lain di Eropa. Ia berambisi membuat Rusia berkembang. Ia datangkan ilmuwan dan ahli pembangunan terbaik dari Eropa. Bangunan indah seperti gereja Santo Basil yang memiliki kubah layaknya masjid, alun-alun merah, dan gedung parlemen Kremlin menjadi saksi bisu peradaban Rusia pada masa itu.
❂ Berkembangnya paham komunisme
Lenin
Sudah dibahas sebelumnya, bahwa industrialisasi berkembang ke seluruh Eropa pada abad 19. Tidak terkecuali Rusia. Pabrik-pabrik di negara itu bermunculan di mana-mana. Hingga, terbitlah buku karangan ekonom Jerman, Karl Marx. Buku tersebut menawarkan sebuah pahamsosialis. Pahamituberanggapanbahwa kehidupan manusia akan menjadi lebih baik, saat mereka tidak diharuskan bekerja bagi orang-orang borjuis, yaitu orang- orang yang berkuasa dan memiliki modal kekayaan. Keadaan pekerja di Rusia sangat menyedihkan. Ketika Tsar Nicholas II berkuasa, tak sedikit buruh pabrik yang mati karena kelaparan. Mulai banyak rakyat yang tidak puas dengan kepemimpinan Tsar Nicholas. Buku Marx dibaca oleh banyak orang Rusia.
Keluarga Tsar Nicholas
Buku itu juga mengatakan bahwa penting bagi masyarakat tertindas, disebut kaum proletar, yang terdiri atas buruh pabrik dan petani miskin, untuk merebut hak-
hak mereka. Pemikiran Karl Marx diterima oleh kalangan pekerja Rusia. Tahun 1903 muncul perpecahan dalam tubuh organisasi pekerja Rusia. Salah satu sempalan organisasi itu menamakan diri gerakan Bolsheviks. Mereka memiliki rencana menggulingkan Tsar. Pemimpin mereka bernama Vlamdimir Ilya Ulyanov Lenin. Mereka mengadopsi pemikiran komunisme, yaitu sebuah paham sosialis yang percaya bahwa perubahan nasib para pekerja hanya bisa dilakukan melalui perebutan paksa kalau perlu kekerasan, yaitu dengan jalan revolusi.
Ketika Rusia berperang dengan Jepang pada tahun 1905, para pekerja yang bergabung dengan gerakan Bolsheviks mogok kerja. Kerajaan Rusia mulai panik. Tahun 1917, ancaman kelompok pekerja tidak lagi dalam bentukmogok kerja. Merekabenar-benarmenggulingkan raja. Hal itu terjadi ketika Rusia sedang limbung akibat perang dunia I. Kelompok Bolsheviks menyerbu istana, menyeret keluar seluruh keluarga Tsar Nicholas II dan menembak mati mereka di Ykaterinburg.
Sejak tanggal 7 November 1917, berdirilah Uni Soviet, federasi negara-negara bagian yang dahulu wilayah jajahan kerajaan Rusia. Kaum Bolsheviks menjadikan kota Moscow sebagai Ibu kota. Sebelumnya, ibu kota Rusia bertempat di St. Petersburg. Paham komunisme menjadi dasar negara Uni Soviet. Kemenangan yang mereka dapatkan sewaktu Perang Dunia II, membuat Soviet menjadi salah satu negara adi daya di zaman modern setelah Amerika Serikat.
❂ Perkembangan Uni Soviet menjadi negara adi daya abad 20

Lapangan merah tahun 1941
Lenin meninggal sebelum perang dunia II pecah. Ia digantikan oleh rekan seperjuangan sewaktu revolusi dahulu yang bernama Joseph Stalin. Sebagai pemimpin Soviet, Stalin sangat kejam. Ia membuat badan yang bernama KGB dan mengawasi semua penduduk secara ketat. Kehidupan warga negara komunis sangat tidak bebas. Segala hal diawasi. Semua penduduk wajib bekerja, dan tidak diperbolehkan ada yang memiliki kekayaan melebihi warga lain.
Dalam kondisi berat seperti itu, kebudayaan Soviet tidak mandek. Pemikir dan seniman Soviet masih bisa berkarya dan menghasilkan karya-karya luar biasa. Nicholas Tesla merupakan salah satu ilmuwan yang konon kepandaiannya tidak kalah dari Albert Einstein. Penulis Boris Pasternak bahkan mendapatkan penghargaan Nobel untuk bidang sastra.
Kekejaman pada penduduk uniknya berjalan beriringan dengan kemajuan dalam bidang ekonomi, teknologi, serta militer. Pada masa jayanya di masa kepemimpinan Stalin hingga Nikita Kruschev, Uni Soviet merupakan negara paling maju di dunia dalam hal teknologi perminyakan, kapal laut, dan satelit. Soviet merupakan negara pertama di dunia yang mampu mengirimkan manusia ke luar angkasa. Persaingan dengan Amerika dalam segala bidang akan membawa Soviet memasuki periode perang dingin, yang melibatkan dunia dalam peperangantak kasat mata dan berpengaruh pada kehidupan kita bahkan yang berada di Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon