Selasa, 13 Februari 2018

Karya Tulis

Loading...


A. PENGERTIAN KARYA TULIS ILMIAH

- Karya tulis ilmiah adalah karangan ilmiah yang memiliki sifat atau ciri-ciri ilmu pengetahuan, yaitu objektif, tidak berprasangka, tanpa penilaian atau pendapat pribadi, sistematis, dan didasarkan pada suatu penelitian dalam hubungannya dengan sebuah teori.
- Karya tulis ilmiah juga dapat diartikan sebagai tulisan atau karangan yang mengungkapkan masalah dan pemecahannya secara ilmiah, didukung oleh fakta, bersifat tepat, lengkap, dan benar, pengembangannya secara sistematis dan logis dengan landasan metode ilmiah dan bersifat tidak memihak serta tidak emosional.

B. KARAKTERISTIK KARYA TULIS

Sebagai sebuah karangan yang membahas suatu per- soalan dan memiliki sifat-sifat pengetahuan, karya tulis mempunyai karakter sebagai berikut.
1. Merupakan hasil kajian literatur dan laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan.
2. Menunjukkan pemahaman penulis tentang masalah yang dikaji secara teoretis dengan kemampuan penulis dalam menerapkan prosedur dan prinsip atau teori.
3. Menunjukkan kemampuan mengumpulkan ber- bagai sumber informasi dalam suatu kegiatan secara utuh.Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.

C. SISTEMATIKA KARYA TULIS

Sistematika karya tulis adalah sebagai berikut.
1. Pendahuluan
Berisi persoalan yang akan dibahas, latar belakang masalah, masalah yang akan dibahas, prosedur pemecahan masalah, dan sistematika uraian.
2. Isi dan Pembahasan
Berisi topik-topik masalah yang akan dibahas atau dibicarakan. Bagian ini menunjukkan kemampuan penulis dalam menjawab permasalahan yang diajukan.
3. Kesimpulan
Berisi makna yang diberikan penulis terhadap uraian yang tidak diuraikan dalam bab isi. Kesimpulan bukan berisi ringkasan ini.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon