Jumat, 02 Februari 2018

Ini Peringkat 8 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2018

Tags
Loading...


UniRank dulunya bernama 4ICU (4 International Colleges & Universities) merupakan salah satu lembaga pemeringkatan terbaik di dunia. Tidak seperti pemeringkatan lembaga-lembaga yang lain yang mengedepankan kualitas akademik, UniRank secara unik memberikan penilaian berdasarkan popularitas situs website dari masing-masing universitas. Kriteria penilaian didasarkan pada traffic, kualitas situs dan kebenaran isi situs website masing-masing universitas tersebut.

Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
 Mau kumpulan soal stan dan pembahasan terlengkap klik disini
UniRank bermaksud membantu para calon mahasiswa nasional maupun internasional untuk mengetahui tingkat popularitas universitas di suatu negara. Karena universitas dengan kualitas baik pasti memiliki tingkat popularitas yang tinggi, berdasarkan hal itulah UniRank melakukan pemeringkatan.

Berikut merupakan peringkat 8 besar berdasarkan informasi di halaman resmi UniRank.

1. Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas yang cukup tua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1949. Universitas yang berada di Caturtunggal, Sleman ini merupakan salah satu universitas yang diburu oleh calon mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia. Universitas ini memiliki setidaknya 18 fakultas dan lebih dari 100 program studi.

2. Universitas Indonesia - Depok

Universitas yang memiliki motto Veritas, Probitas, Iustitia ini didirikan pada tahun 1849. Universitas ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang mengingat berdiri pada zaman pemerintahan Hindia Belanda. Universitas Indonesia menempati posisi 277 peringkat dunia berdasarkan data QS Worlds University Ranking. Universitas dengan julukan jaket kuning ini memang pantas bertengger di posisi 2 di Indonesia menurut UniRank.

3. Universitas Negeri Yogyakarta - Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta terletak di Jalan Colombo, Caturtunggal, Sleman dan lokasinya sangat berdekatan dengan Universitas Gadjah Mada. Deretan fakultasnya yang paling populer diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) dan Fakultas Teknik.

4. Universitas Brawijaya - Malang

Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terbaik dengan lambangnya yang terdapat gambar arca Raden Wijaya berwarna kuning emas, sebagai penjelmaan Dewa Wisnu yang bertangan empat. Raden Wijaya merupakan Raja pendiri kerajaan Majapahit pada masa akhir tahun 1200 an. Diharapkan para mahasiswa Indonesia bisa seperti sosok Raden Wijaya. Universitas Brawijaya hingga saat ini telah memiliki lebih dari 59.000 mahasiswa.

5. Institut Pertanian Bogor - Bogor

Pada awalnya IPB merupakan fakultas pertanian pada Universitas Indonesia dan akhirnya diresmikan sebagai universitas mandiri pada tahun 1963. Institute Pertanian Bogor memilki sederet alumni penting seperti Penulis legendaris Indonesia Marah Rusli, Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur Jambi Zumi Zola hingga penulis kenamaan Asma Nadia. Kamu mau jadi salah satu alumninya juga?

6. Universitas Diponegoro - Semarang

Universitas yang berdiri pada tahun 1957 ini mengangkat motto "An Excellent Research University". Seperti mottonya yang penuh semangat, nama universitas ini juga terinspirasi dari nama pahlawan yang semangatnya selalu berkobar yaitu Pangeran Diponegoro. Universitas ini memiliki skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia berlaku dari tahun 2013.

7. Universitas Sebelas Maret - Surakarta

Universitas ini memiliki motto dalam bahasa jawa 'Mangesthi Luhur Ambangung Nagara' yang berarti memiliki cita-cita yang luhur untuk membangun negara. Tidak heran jika kamu akan diharapkan menjadi mahasiswa dan calon-calon generasi bangsa yang akan mewujudkan cita-cita tersebut. Universitas ini memiliki setidaknya 10 fakultas populer diantaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan lainnya.

8. Universitas Sumatera Utara - Medan

Jika peringkat satu hingga peringkat tujuh diatas didominasi oleh universitas populer di Pulau Jawa, maka peringkat delapan diduduki oleh Universitas Sumatera Utara yang mendominasi Pulau Sumatera. Universitas yang terletak di Medan Baru, Kota Medan ini juga merupakan universitas pertama di Pulau Sumatera yang memiliki Fakultas Kedokteran. Wah, hebat ya!

Sementara itu peringkat ke sembilan hingga ke lima belas secara berurut diduduki oleh Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Lampung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Bina Nusantara.

Jadi mau lanjut kuliah di mana nih?

IDN Times

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon