Senin, 01 Januari 2018

Serangan Meuse-Argonne


Pagi hari pukul 05:30 pada 26 September 1918, setelah pembombardiran selama 6 jam, tank sekutu yang berjumlah lebih dari 400 tank diikuti dengan gerak laju infanteri menyerang posisi tentara Jerman di Hutan Argonne dan sepanjang Sungai Meuse. Sebelumnya pasukan sekutu talah meraih kesuksesan sebelumnya dalam Pertempuran Albert dan Pertempuran Amiens, dalam serangan Meuse - Argonne sekutu membawa sekitar 37 divisi dari Perancis dan Amerika ditambah beberapa pasukan dari Siam.

Serangan ini bertujuan untuk memotong dan menghabisi sisa sia dari tentara Jerman ke-2. Panglima tertinggi sekutu, Ferdinand Foch memerintahkan kepada Jendral Pershing untuh mengambil komando dalam serangan ini. Pasukan Ekspedisi Amerika dibawah Pershing akan memainkan peran penting dalam serangan ini, dan serangan ini akan menjadi salah satu serangan terbesar Amerika dalam Perang Dunia Pertama.

Setelah sekitar 400.000 pasukan Amerika telah dipindahkan dari St.Mihiel kini kekuatan pasukan Amerika bertambah, 10 Hari kemudian Serangan Meuse-Argonne dimulai, Pihak Amerika mengawalinya dengan Serangan Artileri kemudian dilanjutkan oleh serangan gas mustard dan phosgene yang langsung menewaskan sekitar 270  tentara jerman dan 10.000 lainnya lumpuh. Serangan infanteri pun diluncurkan pada hari berikutnya dengan dukungan tank-tank serta 500 pesawat angkatan udara AS.

Menjelang pagi keesokan harinya, sekutu telah menawan lebih 23.000 Tentara Jerman dan pada malam hari sekutu telah menawan sekitar 10.000 tawanan serta bergerak maju hinggal 6 mil. Di pihak jerman pun juga tak mengenal lelah, mereka telah membuat posisi bertahan yang membuat korban dari pihak sekutu tak sedikit.

Pershing membatalkan serangan ini pada 30 September 1918 dan diumumkan lagi 4 hari kemudian. Lelah, demoralisasi, penyakit yang ditularkan oleh virus influenza mengakibatkan tentara AS tidak mampu untuk berperang. bantuan pasukan AS pun datang 1 bulan kemudian dan mampu bergerak sekitar 32 Km sebelum gencatan senjata yang mengakhiri perang dunia I.


Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon