Selasa, 16 Januari 2018

Cara Cerdas Memilih Jurusan Kuliah


Dari kemarin di grup ini banyak yang menanyakan jurusan/ prodi apa yang pantas untuk saya ?(saya sukanya biologi sama kimia kira-kira kedokteran atau Teknik), lebih bagus peluang kerjanya ? dan lain sebagainya.
Saran dari saya dalam memilih prodi/jurusan haruslah pempertimbangkan hal berikut..
1. Passion/skill/dan minat mu apa?
Hal penting dalam memilih jurusan/prodi yang kamu pilih nantinya bisa dilihat dari passion/keahlian pada bidang tertentu ataupun bisa melihat apa minat yang kamu sukai. Misalnya saya sendiri, walaupun saat sekolah SMA saya dari jurusan Ipa, passion atau skill saya bukanlah dibidang eksak, justru saya lebih memilih yang berbau social. Jujur saya memang agak sulit dan tidak suka pelajaran yang ada hubugannya dengan hitung-hiungan. Coba bayangkan kalau saya tetap memilih prodi yang berhubungan dengan eksak mungkin peluang lolos keptn-nya kecil dan kalaupun lolos pasti kuliahnya sudah kacau. Kenapa saya bilang sampe kuliahnya kacau. Karena banyak teman saya yang salah jurusan karena menyadari bahwa passion/skill ataupun minatnya bukan disitu. So saran dari saya pilihlah prodi yang sesuai passion/skiil atau minat kamu, karena kuliah sangat berbeda seperti sekolah.
2. Motivasi DIRI
Perhatikan motivasi diri kamu dalam memilih jurusan. Motivasi dapat diartikan bahwa kamu mengetahui tujuan utama setelah kamu masuk jurusan itu. Tanpa adanya motivasi yang jelas, kamu tidak akan nyaman menjalani dunia perkuliahan. Nantinya, malah akan berdampak ke nilai IPK kamu juga. Jadi, usahakan kamu punya motivasi diri mengapa memilih jurusan itu.
3. Kepribadian
Setiap anak memiliki kepribadian yang bebeda-beda. Apa sih kaitan kepribadian dengan prioritas memilih jurusan?kepribadian dapat dikelompokan menjadi 6 kelompok kepribadian yaitu: kepribadian realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir). Enam kepribadian tersebut bisa kamu cocokkan dengan tipe jurusan yang akan kamu pilih, sesuai atau tidak. Jika kamu adalah orang yang terorganisir, mungkin kamu bisa memilih jurusan seperti Manajemen.
4. Peluang Masa Depan
Peluang atau tujuan masa depan kamu setelah kuliah juga dapat dijadikan prioritas menentukan jurusan. Peluang masa depan bisa disebut dengan cita-cita. Mungkin pada masa kecil yang paling menjawab pertanyaan apa cita-cita kamu? Jawabannya adalah dokter, pilot, dan sebagainya. Tetapi tidak semudah itu saat kamu beranjak dewasa. Solusinya bisa dengan mencari jurusan yang peluangnya menjanjikan. Nah, jurusan IT saat ini bisa jadi peluang yang menjanjikan lho. Banyak sekali dibangun perusahaan baru berbasis teknologi. Karena itu kamu wajib mengetahui jurusan yang sesuai dengan cita-cita kamu kedepan. Mantapkan hati kamu untuk menyeimbangkan kemampuan dan peluang masa depan ya!
5. Biaya
Dari semua hal di atas, jangan lupa untuk memprioritaskan masalah biaya juga. Bila kemampuan biaya yang orang tua kamu miliki tidak sebanding dengan jurusan yang kamu inginkan. Maka, perkuliahan kamu bisa menjadi kendala nantinya. Meskipun kamu dapat mencari beasiswa, tetapi tidak semua anak bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah. Oleh karena itu semaksimal mungkin sesuaikan keinginan kamu dengan biaya orang tua juga ya.
Ingat,! Jangan asal-asalan memilih jurusan malah akan membuat kenyamanan berkuliah hilang atau bahkan kuliahmu bisa bisa kacau. Pikirkan secara matang dan ikuti kata hatimu. Cerdaslah memilih jurusan 😊

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon