Rabu, 24 Januari 2018

Bingung Pilih Jurusan Kuliah, 4 Hal Ini Perlu Dipertimbangkan!

Tags
Loading...


Ujian Nasional sudah di depan mata. Tapi, jangan senang dulu. Setelah SMA, masih ada satu hal yang harus segera dipikirkan siswa, yakni menentukan jurusan kuliah.

Jurusan kuliah yang dipilih hari ini bisa berpengaruh besar terhadap hidup seseorang di masa depan. Karena itu, memilih jurusan kuliah tidak bisa disepelekan. Ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan. Maka tidak heran bila siswa, khususnya yang sedang berada di tahun terakhir SMA, masih gagap menerka jurusan kuliahnya.

Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini


Mau kumpulan soal stan dan pembahasan terlengkap klik disini

Mengantisipasi masalah tersebut, Okezone telah merangkum beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah, dilansir dari The Princeton Review.

1. Prospek kerja

Pada dasarnya, pilihlah jurusan yang berada di jalur sama dengan cita-cita. Jika ingin bekerja di industri media, jurusan broadcast, jurnalis, atau komunikasi bisa menjadi pilihan utama. Namun, jangan terburu-buru. Bukalah percakapan dengan seseorang yang sudah berada di jurusan tersebut, diskusikan garis besar pelajarannya. Apakah kamu siap menghadapi semua hal itu? Jangan lupa, pikirkan juga peluang kerja ke depannya.

Sebagai informasi, menurut laporan 'Hard Times' Georgetown, jumlah pengangguran terbanyak disumbang oleh sarjana arsitektur, seni, dan jurusan humaniora.

2. Investasi gaji

Bagi kaum realistis, kuliah merupakan investasi. Dengan segudang kebutuhan yang memerlukan biaya besar, tidak heran jika orang-orang mempertimbangkan jurusan yang mampu menghasilkan gaji paling tinggi.

Pay Scale telah mengumumkan jurusan dengan gaji paling tinggi, di antaranya semua jenis teknik, matematika aktuaria, ilmu komputer, fisika, statistik, pemerintahan, dan ekonomi. Sementara, Five Thirty Eight melaporkan gaji paling rendah didapatkan oleh bidang pendidikan.

3. Kemampuan

Kemampuan bisa dilihat selama menjalani studi sebagai siswa. Subjek apa yang paling baik nilainya? Organisasi apa yang diikuti? Lomba apa yang telah dimenangkan? Pertimbangkan pencapaian tersebut sebagai pilihan mengambil jurusan nantinya.

4. Tanyakan diri sendiri, passion apa yang kamu miliki?

Studi bertahun-tahun bukan waktu yang singkat untuk dijalankan tanpa cinta. Penting bagi seseorang untuk benar-benar tertarik dengan apa yang sedang dipelajari. Karena itu, kembalilah pada dirimu sendiri.

Okezone

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon