Minggu, 28 Januari 2018

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa ?


Pada era sekarang ini pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi karir kita di masa depan nantinya. Itu sebabnya banyak orang selalu mengusahakan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi yaitu dengan kuliah.

Meskipun pemerintah telah membuat suatu program wajib belajar 12 tahun, kenyataannya bekerja dengan ijazah SMA/SMK tidaklah cukup. Ditambah lagi harga bahan pokok yang sering berubah ubah membuat banyak orang memutar otak mereka agar kebutuhan sehari hari tetap terpenuhi. Untuk itu, tidak sedikit orang yang ingin melanjutkan menuntut ilmu ke perguruan tinggi dengan harapan akan mendapat hasil atau gaji yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
Mau kumpulan soal stan dan pembahasan terlengkap klik disini

Namun sayangnya untuk kuliah sendiri juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk mereka yang telah hidup berkecukupan atau bahkan berlimpah mungkin tidak akan ada masalah. Namun bagaimana dengan mereka yang hidup pas pasan atau bahkan hidup kekurangan? Masih adakah harapan untuk mereka melanjutkan kuliah? Tentu ada. Salah satunya dengan jalur beasiswa. Lalu bagaimanakah cara mendapatkan beasiswa tersebut? Kita akan bahas di bawah ini.

Untuk mendapatkan beasiswa tentunya ada beberapa hal yang harus kalian siapkan, diantaranya:

1.Pelajari dulu beasiswa yang ingin kamu dapatkan

Ternyata beasiswa kini dibagi menjadi 3 macam yaitu beasiswa bidik misi, beasiswa unggulan, dan beasiswa swasta. Beasiswa bidik misi ialah program beasiswa dari pemerintah yang ditujukan bagi siswa yang berprestasi yang ingin sekolah di perguruan tinggi namun tidak mampu secara ekonomi. Pada program ini, pemerintah akan menanggung semua biaya sekolah kecuali biaya biaya tertentu.Untuk beasiswa unggulan ialah beasiswa untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan ke S2 dan S3. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang tidak hanya ingin melanjutkan study namun juga ingin menjadi tenaga pengajar atau dosen. Sedangkan untuk beasiswa swasta ialah beasiswa yang diadakan oleh pihak swasta atau diluar pemerintah. Biasanya beasiswa ini diadakan pada perusahaan perusahaan besar yang memang memiliki investasi untuk diberikan kepada para pelajar.

2.Nilai yang baik dan stabil

Untuk mendapatkan beasiswa tentu kita kita harus membuktikan bahwa kita layak untuk melanjutkan sekolah dengan memiliki nilai nilai yang bagus. Jadi jika kalian memang memiliki niat yang tinggi, cobalah meluangkan waktu lebih untuk belajar dan mempertahankan nilai nilai bagus kalian. Lebih baik lagi jika kalian memiliki segudang prestasi yang bisa kalian lampirkan saat mendaftar nantinya.

3.Surat rekomendasi dari universitas/fakultas

Biasanya dari pihak universitas akan memberikan beberapa persyaratan dalam memberikan beasiswa salah satunya surat rekomendasi sekolah. Untuk itu kalian harus memiliki sifat dan sikap yang baik serta jagalah hubungan baik dengan guru gurumu karena itu akan memudahkanmu mendapatkan surat rekomendasi yang terbaik dari mereka. Hormati gurumu sayangi teman ya nak.. hehehe..

4.Aktif dalam mengikuti organisasi

Dengan mengikuti organisasi, kalian akan mendapatkan banyak pengalaman berharga terutama dalam berorganisasi dengan orang lain. Untuk itu, gunakanlah waktumu untuk melakukan hal hal yang lebih bermanfaat. Selain itu, dengan aktif berorganisasi kalian akan mendapatkan nilai tambah yang bagus untuk CV kalian nantinya.

5.Jaga kesehatan dan persiapkan diri untuk wawancara

Tes wawancara merupakan salah satu tahap penting dalam penentuan beasiswa. Untuk itu jagalah kondisi badan dan kesehatanmu agar tidak mempengaruhi saat tes sedang berlangsung. Karena dengan kondisi badan yang bagus kita akan mudah berfikir sehingga tidak salah mengucap dan lancar saat menjawab pertanyaan yang diberikan. Berikanlah jawaban yang menyakinkan dan logis tentunya. Tetaplah bersikap tenang dan santun serta tunjukkan segala kemampuan yang kamu miliki tanpa  terkesan sombong.

6.Pantang menyerah dan selalu berdoa

Jika kalian tidak lolos, tetaplah sering mencoba dan jangan mudah menyerah. Setelah itu imbangilah dengan berdoa dan bertawakal kepada Tuhan agar keinginan kalian terwujud dan diberi kelancaran. Percayalah semua tidak akan sia sia.

Nah, diatas tadi adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam mendapatkan beasiswa. Jangan takut untuk mencoba dan gagal. Tetaplah berusaha untuk masa depan kalian yang lebih baik. Sekian dan semoga bermanfaat.

Seputarmahasiswa

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon