Minggu, 28 Januari 2018

5 Cara Ini akan Membuatmu Jadi Seorang Jenius yang Kreatif

Loading...


Dalam tes psikologi, ketika kita mengukur kreativitas anak-anak, hampir semua dari mereka akan terukur sebagai "super kreatif". Sayangnya hanya sebagian kecil sekali orang dewasa yang berada pada level kreatif itu. Apa yang menyebabkan itu terjadi? Sistem kurikulum pendidikan yang terlalu kaku bisa makin lama mengurung kreativitas seseorang. Namun bukan berarti gak ada jalan keluar agar kamu bisa kembali jadi super kreatif. Inilah 5 cara di antaranya!

1. Selalu bawalah buku catatan dan pensil/pulpen ke mana pun

Ide itu seperti tamu yang gak diundang, kamu gak tahu kapan mereka bakal datang. Dengan selalu membawa buku catatan dan alat tulis, kamu akan selalu bisa menangkap ide yang datang tiba-tiba padamu. Banyak seniman internasional seperti Leonardo da Vinci selalu menerapkan ini. Buku catatannya selalu penuh dengan berbagai gambar, yang akhirnya benar-benar menjadi ciptaannya.

2. Jangan segan untuk mengajukan pertanyaan dan mempertanyakan berbagai hal

Pertanyaan adalah akar dari segala ilmu pengetahuan dan kreativitas. Dengan terus berusaha menemukan jawaban kehidupan di sekeliling kita, sebenarnya kita sedang membuat api kreativitas kita makin membara. Kamu bisa menanyakan pada dirimu sendiri dan orang lain tentang apa itu kebijaksanaan, apa itu makna cantik dan lain sebagainya. Kamu juga perlu mencari jawaban pertanyaan remeh, agar lebih menghargai keindahan sesuatu yang biasa disepelekan.

3. Bacalah berbagai artikel atau buku sebanyak mungkin

Membaca akan meningkatkan kemampuan berpikirmu dan membuatmu mengalami sudut pandang yang berbeda dalam berbagai kejadian. Ketika kita membaca buku, seringkali kita akan pasrah melepaskan perspektif kita sendiri dan mencoba memahami pola pikir karakter yang diceritakan. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak yang akan kamu pahami dari berbagai sudut pandang berbeda. Tentunya ini akan membuatmu jadi jauh lebih kreatif dari sebelum-sebelumnya.

4. Selalu berusahalah untuk merasakan berbagai pengalaman baru

Pikiran kita itu ibarat sebuah taman atau kebun. Jika gak dirawat dengan baik, tumbuhan liar atau hama akan mengambil alih, gak ada yang bisa membuatnya tetap segar selain mempelajari hal-hal baru. Kalau kamu ingin mengembangkan kreativitasmu, maka pelajarilah hal baru. Kamu bisa memilih apapun untuk dipelajari, misalnya bahasa baru, alat musik baru, fotografi, olahraga atau aktivitas apapun yang di luar kebiasaanmu.

5. Jadilah seseorang yang memikirkan segala sesuatu sepenuhnya dari kedua sisi otak

Ada dua tipe orang di dunia ini, yaitu: si pengguna otak kanan dan si pengguna otak kiri. Sayangnya kebanyakan kurikulum pendidikan lebih mengutamakan fungsi otak kiri dalam penilaiannya, sehingga menciptakan tenaga kerja masa depan yang bagus dalam menerima perintah, tapi kurang bagus dalam mengembangkan ide-ide baru. Untuk menjadi jenius yang kreatif, kamu perlu memaksimalkan fungsi kedua bagian otak tersebut, menjadi seorang pemikir holistik. Kamu bisa melatihnya dengan rajin melakukan mind-mapping. Untuk tahu caranya, kamu bisa Google saja, ada banyak kok panduannya.

5 Cara Ini akan Membuatmu Jadi Seorang Jenius yang Kreatif

Itulah 5 cara yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang jenius yang kreatif. Ya, memang gak mudah, tapi gak susah juga, asal dibiasakan saja. Ketika kamu sudah menjadi seseorang yang jenius sekaligus kreatif, rasanya kamu akan bisa dengan mudah menemukan jalan keluar setiap masalah. Asik kan?

IDN Times

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon