Minggu, 10 Desember 2017

Tips Mendapatkan Informasi Tentang Kampus Impianmu

Tags
Loading...

Habis pada lulus SMA mau pada daftar kampus mana nih? Sudah ada referensi  atau info mau daftar ke universitas apa belum? Kalau belum, disini ada beberapa tips jitu buat kalian yang masih belum tahu arah dan tujuan mau ke kampus mana. Tapi sebelum mencari info tentang kampus idaman kalian, ada yang perlu kalian pertimbangkan terlebih dahulu mengenai beberapa hal berikut:

1. Minat, bakat, dan kemampuan
Pertimbangkanlah bakat,minat, dan kemampuan yang kalian miliki sebelum memilih jurusan dan kampus yang kalian inginkan. Sesuaikan dan jangan memaksakan diri. Karena itu akan berpengaruh pada karir masa depanmu nanti. Jangan sampai kalian menyesal nanti gara-gara salah memilih jurusan yang disebabkan oleh gengsi dan kawan.

2. Keinginan orang tua
Nah, biasanya saat saat seperti ini orang tua akan memberikan kebebasan kepada kalian untuk memilih universitas sesuai dengan yang kalian inginkan. Namun terkadang orang tua juga memberikan beberapa rekomendasi dan saran yang bisa kalian pertimbangkan terlebih dahulu. Karena orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak mereka. Dan ingat, ridho dan restu dari orang tua pasti akan membawa kemudahan dan keberuntungan buat kalian dalam menggapai masa depan kalian.

3. Kampus dan jurusan
Setelah kalian mendapatkan jurusan yang sesuai dengan yang kalian inginkan dan setelah melalui pertimbangan yang cukup rumit, pilihlah kampus atau universitas dimana jurusan yang kalian pilih berkembang pesat disana. Jangan asal ada lalu kalian mendaftar tanpa kalian tahu perkembangannya. Karena itu juga mempengaruhi mengenai ilmu yang akan kalian dapatkan.

4. Lokasi
Lokasi dan tempat kampus yang kalian pilih juga penting. Usahakan pilih kampus atau universitas yang memiliki komunitas mahasiswa yang bersahabat. Jadi kalian tidak tertekan apalagi saat harus jauh dari orang tua. Karena saat kalian mulai kuliah nanti, lingkungan sekitar akan membantu dalam membangun karakter kalian. Jadilah pribadi yang mandiri, hal tersebut akan sangat sangat membantu kalian menghadapi dunia mahasiswa nanti.

Setelah semuanya dipertimbangkan dengan matang, inilah beberapa tips untuk kalian mendapatkan informasi mengenai kampus idaman kalian:

1. Melalui media sosial
Kalian bisa mencari informasi dari media sosial yang kalian punya, karena biasanya di sosial media ini ada grup atau kelompok dari mahasiswa di kampus yang kalian incar yang berbagi informasi dengan orang orang yang tertarik untuk mendaftar di kampus milik mereka.

2. Website resmi
Sering kali universitas pasti punya website resmi untuk mengenalkan universitas mereka. Carilah informasi yang kalian butuhkan seperti tanggal pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi. Dengan begitu kalian bisa segera mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan.

3. Bertanya pada mahasiswa kampus secara langsung
Jika kalian punya teman atau tetangga yang kebetulan sedang menuntut ilmu di kampus harapan kalian, segeralah bertanya dan dapatkan informasi yang sebanyak banyaknya. Karena biasanya mereka akan menjawab sesuai dengan apa yang telah mereka alami atau pengalaman mereka. Sehingga kalian akan lebih bisa membayangkan dengan cukup mudah sesuai dengan apa yang mereka sampaikan. Selain itu, mereka pasti akan memberikan dukungan seperti memberikan saran dan tips agar kalian juga bisa mengikuti jejak mereka.

4. Datang langsung ke kampus
Jika kalian ragu ragu dan ingin tahu langsung dari pihak universitas idaman kalian, kalian bisa langsung datang dan bertanya kepada orang yang telah ditunjuk oleh pihak universitas. Tapi cara seperti ini akan cukup merepotkan untuk kalian yang bertempat tinggal jauh dari kampus. Karena selain memakan waktu, cara ini juga akan memakan biaya. Padahal tidak jarang kan dari pihak kampus kampus tertentu datang ke sekolah kalian dan mempromosikan kampus mereka?

Nah, sekian yang dapat dibagikan kepada kalian. Semoga bermanfaat ya teman. Jangan ragu lagi jika kalian sudah memantapkan pilihan kalian dan jangan lupa meskipun kalian sudah berusaha dengan keras kalian juga harus seimbang dengan doa.

Seputarmahasiswa


Kisi kisi Sbmptn 2018 klik disini
Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon