Rabu, 27 Desember 2017

Tanpa Bimbel Kamu Bisa Lulus SBMPTN dengan Tips Ini

Tags
Loading...


Masuk dan berkuliah di PTN impian memang harapan beberapa pelajar. Bahkan ada yang juga yang mengikuti bimbel guna mempersiapakan diri masuk dunia kampus. Namun bagi sebagian orang ada yang tidak memilki biaya untuk mengikuti bimbel guna lulus SBMPTN. Maka dari itu ikuti beberapa trik yang semoga bermanfaat bagi adik-adik yang ingin mengikuti SBMPTN yang terkenal sulit tersebut. Asal mau berusaha dengan sungguh-sungguh dan menerapkan tips dibawah ini kamu bisa menggapai PTN impianmu. Tips-tips ini merupakan testimoni beberapa kakak yang sudah diterima di PTN impian mereka.
1. Bersiaplah mulai dari sekarang
Jangan menunda-nunda waktu, meskipun kalian berharap masuk PTN impian  lewat jalur SNMPTN, kalian juga harus bersiap untuk kemungkinan terburuk, misalnya kalian gak lolos di SNMPTN. Maka dari itu kalian harus mempersiapkan kemungkinan terburuk. setidaknya kalian sudah mulai mental dan fisik untuk menghadapi SBMPTN.
2. Buka Websitenya, pelajari cara penilaian dan kampus mana saja yang menerima mahasiswa lewat jalur SBMPTN
Ini sangat PENTING, kita harus tahu medan dimana kita bertempur, dengan membuka websitenya kita akan tahu bagaiman sistem penerimaan mahasiswa lewat jalur ini dengan ini kita bisa mengambil strategi belajar. Jangan lupa cek apakah PTN impianmu masuk dalam daftar kampus yang menerima mahasiswa lewat jalur ini, begitu pula jurusan yang ingin kamu ambil. Contohnya saja pada SBMPTN  tahun 2015, kita tidak bisa mengambil jurusan keislaman, seperti Ilmu Tafsir, Sastra Arab di UIN-UIN seluruh Indonesia lewat jalur SBMPTN.
3. Unduh dan pelajari soal-soal tahun lalu dan sebelum-sebelumnya 
Soal-soal yang ada dalam SBMPTN memang didesain khusus untuk menyaring palajar-pelajar yang benar-benar memiliki bekal di perkuliahan kelak. Berbeda dengan Ujian Nasional  yang memang didesain khusus untuk melihat sejauh mana materi yang diberikan di bangku sekolah telah dikuasai.

Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini

Maka dari itu kamu juga harus memilki gambaran seperti apa soal-soal di SBMPTN yang pastinya beda banget dengan soal-soal Ujian Nasional. Unduh materi-materi, contoh soal-soal mulai dari 5 tahun bahkan 10 tahun sebelumnya. kalian bisa membeli buku soal-soal SBMPTN  di toko buku, atau mengunduh dari internet pun juga tidak masalah.
4. Jangan hanya menghafal, konsep dasar juga penting
Kumpulkan semua ringkasan materi terlebih lagi KONSEP DASAR MATA PELAJARAN. Jangan hanya engandalkan  menghafal pelajaran, terutama mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu sosial seperti sosiologi, geografi. Pelajari konsep dasarnya, pahami juga rumus-rumus, kata kunci dll. Kalian bisa belajar dari youtube, buku, perpustakaan bahkan guru kalian ketika sekolah. Sekarang juga banyak kok video-video yang menunjang pake banget belajar kalian. Gak perlu bimbel deh.
5. Pelajari setiap soal dari tahun ke tahun, lihat soal apa yang paling hits (SERING MUNCUL)
Carilah soal ynag plaing banyak dan sering muncul, kemudian bandingkan dengan tahun sebelumnya dan sesudahnya juga.
Kisi kisi Sbmptn 2018 klik disini
 Pelajari dan kuasi materinya dengan sungguh-sungguh, baru kemudian soal-sola lain-lain.  Jangan menyepelekan belajar. Asah terus kemapuan kalian, belajar berulang-ulang biar makin mantap.
6. Sadar diri itu penting
Sadar diri disini ialah, kamu harus tahu sejauh mana batas kemampuan kamu, ini bukan UN loh, yang meskipun kamu menjawab asal-asalan tetap gak berpengaruh terhadap nilai kamu. Jika kamu menemui soal yang jawabannya masih "mengambang" alias gak yakin-yakin banget, lebih baik tidak usah dijawab. Karena jika nantinya jawabanmu salah, nilai kamu akan dikurangi satu point. lebih baik dikosongi aja dari pada ambil resiko. Jangan terlena dengan hasil UJian Nasional, klian harus sadar bahwa Ujian Nasional berbeda dengan SBMPTN
7. Sharing dan do'a
Berbagilah dengan sesama pejuang SBMPTN, saling berbagi materi, contoh soal, keluh kesah, tips, informasi kmapus dan lain-lain. Jangan lupa beribadah dengan rajin, ubah kebiasaan buruk kalian siapa tahu Tuhan tersentuh denagn usaha kalian. Jangan lupakan juga sering-seringlah bertanya pada kakak yang sudah diterima. Ambil cerita keberhasilan mereka sebagai penyemangat, dan ambil juga cerita kegagalan mereka guna berhati-hati di ujian mendatang.

IDN Times

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon