Operation Just Cause, invasi AS ke Panama


Operation Just Cause atau invasi Amerika Serikat ke Panama adalah aksi militer yang dilakukan AS pada tahun 1989 untuk menangkap presiden Panama saat itu, Manuel Noriega. Hubungan AS-Panama yang semula mesra mengalami keretakan ditahun 1986 ketika diketahui ternyata Noriega menyuplai berbagai informasi ke Kuba selain itu Noriega juga terlibat dalam kasus pencucian uang dan penyelundupan narkoba.

Awalnya AS berupaya menggulingkan Noriega dengan cara mendukung berbagai percobaan kudeta yang semuanya gagal. Noriega membalas tindakan AS ini dengan mengintimidasi para warga AS di Panama. Pemerintah AS pun geram dan memutuskan untuk mengirim pasukannya ke Panama.

Pada tanggal 20 Desember 1989, AS memulai invasinya dengan menerjunkan pasukan parasut ke ibukota Panama, Panama City. Pasukan darat AS juga didaratkan di bagian utara Terusan Panama. Dalam invasi ini target utama AS adalah mengamankan bandara Punta Paitillia di Panama City dan markas militer di Rio Hato agar Noriega tidak bisa melarikan diri.

Akhirnya pasukan AS mengetahui kalau Noriega bersembunyi di gedung kedubes Vatikan. Pihak AS pun melakukan negosiasi dengan perwakilan Vatikan untuk menyerahkan Noriega, akhirnya Noriega menyerahkan diri pada 3 Januari 1990. Dengan berhasil ditangkapnya Noriega, operasi militer AS di Panama pun selesai dan AS mulai menarik pasukannya dari negara itu.

Noriega diadili di AS atas tuduhan penyelundupan narkoba kemudian dipindahkan ke Prancis dimana sidang atas kasus pencucian uang dilakukan disana. Pasca turunnya Noriega dari jabatan presiden Panama, kursi jabatan presiden diisi oleh Guillermo Endara, kandidat yang sudah disiapkan AS jauh hari sebelum penangkapan Manuel Noriega.

sumber: OA Historypedia Line

0 Response to "Operation Just Cause, invasi AS ke Panama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel