Operasi Linebacker II, The Christmas Bombing

Operasi Linebacker II merupakan kelanjutan dari Operasi Linebacker I yang sempat terhenti pada 23 Oktober 1972. Pada tanggal 26 Oktober 1972 Kissinger mengadakan konferesi pres di Gedung Putih tentang hasil pembahasan hasil negosiasi antara Presiden Nixon dengan Vietnam Utara tentang kesepakatan damai yang akan ditanda tangani pada akhir bulan Oktober.

Sementara itu Presiden Vietnam Selatan Nguyễn Văn Thiệu sangat marah dan menolak tentang kesepakatan tersebut dikarenakan ia tidak diundang dalam perundingan tersebut. Kemudian Thiệu mengirimkan 69 perubahan hasil kesepakatan tersebut ke Delegasi Vietnam Utara, namun, Vietnam Utara menolak perubahan tersebut hingga negosiasi damai ini MOGOK hingga pada tanggal 16 Desember 1972 dan negosiasi damai-pun gagal....

Dikarenakan adanya tekanan dari publik dan kongres membuat Nixon tidak mempunyai pilihan selain membawa Vietnam Utara ke meja perundingan secara paksa. Dua hari kemudian tepatnya tanggal 18 Desember 1972, Nixon memerintahkan untuk melancarkan Operasi Linebacker II (Operasi pengeboman selama 12 hari atu biasa dikenal dengan "The Christmas Bombing”)

Operasi ini memiliki 2 buah tujuan, yaitu :
1. Memaksa Vietnam Utara untuk kembali berunding dengan AS dan Vietnam Selatan.

2. AS ingin membuktikan kepada Vietnam Selatan bahwa AS tidak akan meninggalkan Vietnam Selatan sendirian.

Jika sebelumnya AS kebanyakan menghancurkan suplai logistik Vietnam Utara, namun kali ini yang menjadi sasaran pesawat pembom AS adalah situs - situs strategis seperti pangkalan udara, Senjata Anti Pesawat, dll.

18 Desember 1972 dimulailah operasi pengeboman besar besaran, pada malam hari pesawat bomber AS melabrak Hanoi dan Haiphong terutama di situs strategis yang dimiliki Vietnam Utara, sementara disiang hari giliran pesawat serbu A-7 dan pesawat tempur-pengebom F-4 yang menjalakan operasi.

Pada 22 Desember 1972 AS meminta Vietnam Utara untuk kembali berunding dengan keputusan sama yang telah ditawarkan pada bulan Oktober, AS mengatakan ke Vietnam Utara bahwa jika mereka setuju maka AS akan menghentikan pengeboman ini dan negosiasi akan dilanjutkan pada tanggal 2 Januari 1973. Pada 30 Desember 1972, Vietnam Utara menyetujui untuk berunding kembali, dan AS pun menghentikan operasi ini yang menandai berakhirnya Operasi Linebacker II.

sumber: OA 21th Century History

0 Response to "Operasi Linebacker II, The Christmas Bombing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel