Minggu, 24 Desember 2017

Operasi Linebacker I


Operasi Linebacker berlangsung pada tanggal 9 Mei - 23 Oktober 1972 pada perang vietnam.

⊙ Latar Belakang

Seiring dengan berkembangnya protes protes perang vietnam pada pemerintah AS mengakibatkan militer AS mulai menyerahkan beban kepada Vietnam Selatan untuk memerangi Vietnam Utara. Pada bulan Maret 1972 pasukan vietnam utara menyerang melalui Zona Demiliterisasi dan menyerang melintasi Laos, serta dari Kamboja membuat pasukan musuh dapat dipukul mundur oleh pasukan vietnam utara.

Dikarenakan situasi yang mendesak tersebut, Presiden Nixon memberikan perintah untuk membombardir Hanoi dan Haiphong selama 3 Hari, namun Penasihat Keamanan Nasional AS, Dr. Henry Kissinger tidak menyetujui rencana ini dikarenakan akan membawa Uni Soviet turut campur tangan lebih dalam, pasa akhirnya Presiden Nixon mengirimkan beberapa unit pesawat ke vietnam selatan.

Hari demi hari, pasukan vietnam utara berhasil bergerak maju terus - menerus. Untuk mendukung kampanye militer AS di vietnam, Angkatan Udara AS mendapatkan bantuan seperti pesawat  F-4 Phantom II, F-105 Thunderchief, dan Kapal Induk. Pada tanggal 5 April 1972, As mulai melakukan serangan ke-utara dan operasi ini dinamakan operasi  "Freedom Train"

⊙ Operasi Freedom Train

Pada 10 April, AS mulai menyerang ke wilayah vietnam utara dengan membombardir titik titik vital menggunakan pesawat pembom B-52, 2 hari kemudian nixon mengizinkan untuk menyerang hanoi dan haiphong. 
Serangan udara AS sebagian besar terfokus pada jalur transportasi dan Logistik. Pada 20 April, Kissinger bertemu dengan Brezhnev di Moskow untuk mendesak Soviet agar mengurangi bantuan kepada vietnam utara dikarenakan hal ini dapat memperburuk lagi hubungan antara kremlin dan washington.

Pada tanggal 2 Mei diadakanlah pertemuan antara Kissinger dengan wakil vietnam utara di paris, wakil vietnam utara Le Duc Tho merasa bahwa vietnam utara telah berada di gerbang kemenangan oleh karena itu ia tidak memperdulikan Kissinger dan malah menghinanya. Karena pertemuan tersebut tidak berjalan mulus serta kota Quang Tri yang jatuh ke tangan vietnam utara menyebabkan Nixon memerintahkan untuk melancarkan "Operasi Pocket Money". Pada 9 Mei pesawat - pesawat AS membombardir kota - kota yang berada di tangan dan berlangsung selama dan operasi linebacker pun dimulai.

Pesawat - Pesawat Amerika mulai menyerangi objek-objek vital yang dikuasai oleh pasukan vietnam utara. Dalam operasi ini, Pesawat AS juga menghancurkan jembatan - jembatan di dekat perbatasan china dan haiphong, sebanyak 17 jembatan berhasil dihancurkan dalam bulan ini. Akibat dari serangan serangan pihak AS, pasokan kebutuhan pasukan Vietnam Utara menurun sebesar 70%.


⊙ Operasi Lion's Den

Meskipun operasi linebacker sebagian besar dijalankan melalui jalur udara, namun peran Angkatan laut AS tidaklah sedikit. Angkatan Laut AS juga bertugas menyerang posisi - posisi musuh dan menghancurkan jalur logistik pasukan vietnam utara serta memberikan tembakan dukungan pada pasukan Angkatan Darat.

Pada tanggal 27 Agustus 1972, dibawah pimpinan Laksamana Madya James L. Holloway III melakukan serangan ke pelabuhan haiphong dengan membawa 1 Kepal Penjelajah Berat Newport News, 1 Kapal Penjelajah Rudal Kendali Providence, dan Kapal Perusak Robison & Rowan. Dalam serangan tersebut armada AS berhsil menenggelamkan 3 dari 4 torpedo boat milik vietnam utara.

⊙ Operasi Linebacker I berakhir!

Dikarenakan persediaan logistik Vietnam Utara dan pasukan vietnam utara tidak mampu bertarung melawan pesawat AS, mau tidak mau vietnam utara harus mengirimkan perwakilan untuk melakukan negosiasi dengan AS. Setelah negosiasi berakhir dan telah disepakatinya persetujuan, presiden nixon memerintahkan untuk menghentikan serangan pada 23 Oktober 1972 dan menandainya berakhirnya Operasi Linebacker I.

Dalam operasi ini, AS kehilngan sebanyak 134 pesawat dan berhasil menjatuhkan pesawat vietnam utara sebanyak 63 sementara vietnam utara mengklaim berhasil menjatuhkan 651 pesawat dan menenggelamkan 10 kapal perang. Kedua belah pihak mengklaim kemenangan dari peristiwa sejarah ini, di pihak AS, Operasi Linebacker dinilai berhasil dikarenakan dapat menggagalkan serangan vietnam pada 30 Maret - 22 September 1972 dan berhasil menghancurkan kekuatan pasukan vietnam utara.

Bersambung.

sumber: OA 21th Century History

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon