Ini Keuntungan Buat Kamu Jadi Mahasiswa Jurusan Hukum.

“Serapan lulusan hukum sangat tinggi. Soalnya semua lembaga butuh ahli hukum. Perusahan perlu legal departmentnya, LSM juga perlu ahli hukum. Bisa dibilang, sarjana hukum diperlukan di lembaga pemerintah, swasta, institusi, dan LSM,” ujar Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Pak Topo, saat ditanya tentang prospek kerja anak-anak hukum setelah lulus kuliah.

Yap, benar kayak yang Pak Topo bilang. Satu nilai plus yang didapatkan dengan menjadi anak hukum adalah kesempatan kerja yang terbuka luas. Sebagai negara hukum, tentunya Indonesia perlu sarjana-sarjana hukum untuk mengisi beberapa fungsi penting di dalamnya. Lantas, profesi apa saja yang bisa kita lakoni setelah lulus kuliah hukum nanti?

Pengacara/Advokat

Nggak berbeda jauh dengan kuliah kedokteran, untuk menjadi satu orang yang ahli di dalamnya, kita harus menempuh pendidikan lebih lanjut. Nah, untuk lulusan hukum, kita nggak bakal bisa langsung menjadi pengacara setalah lulus kuliah. Ada pendidikan tambahannya, bro!

“Pengacara itu kan profesi, ada pendidikan dan tesnya. Biasanya yang mengadakan, tuh, asosiasi profesi. Nah, lulusan sarjana hukum akan ada pendidikan khusus profesi advokat (PKPA), setelah itu ikut tes yg diadakan. Kalau lulus baru mereka bisa dilantik, deh. Kira-kira sekitar 3 bulan,” ujar Pak Topo.

Notaris

Gampangnya, notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik. Orang-orang biasanya mengenal notaris sebagai pejabat yang membuat surat penting, misalnya kayak akta pendirian perusahaan dan yayasan. Sedangkan menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia, Notaris berwenang untuk membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan.

Pegawai Negeri Sipil

Seperti yang sudah dijelaskan Pak Topo, hampir semua lembaga pemerintahan membutuhkan sarjana hukum. Soalnya, dalam semua kegiatannya, pemerintah harus punya landasan hukum. Nggak cuma hakim pengadilan atau jaksa, lembaga-lembaga kayak Kementrian Perdagangan, UKM, Kementrian Hukum dan HAM juga membutuhkan lulusan hukum.

Legal Officer

Biasanya, seorang legal officer punya tugas untuk menangani dokumen dan perizinan pada perusahaan-perusahaan, atau menangani permasalahan hukum, baik untuk masalah perdata maupun pidana. Posisi pekerjaan ini terbilang penting. Pasalnya, segala hal yang berhubungan dengan jalannya perusahaan akan bergantung pada dokumen, sampai masalah perijinannya.

Namun rupanya, bukan cuma itu aja yang bisa kita dapatkan kalau kuliah di jurusan hukum. Selain itu, ini 5 keuntungan yang bisa didapat kalau kamu kuliah di jurusan hukum.

Pembentukan Karakter

Lantaran sering dilatih untuk menyelesaikan suatu kasus hukum tertentu, nggak jarang kalau anak-anak hukum jadi punya mental yang tangguh. Makanya, nggak usah heran kalau mereka punya pembawaan yang tegas, tapi nggak terkesan galak. Udah dididik dari awal, guys!

Jadi Lebih Berani

Berani di sini bukan berarti jadi lebih punya nyali buat berantem atau tawuran, lho. Nggak beda jauh sama pembentukan karakter, di sini, kita yang punya sifat dasar pemalu, mau nggak mau harus jadi lebih berani. Pasalnya, dalam jurusan ini, kita sebagai mahasiswa dituntut untuk bisa menyampaikan argumentasi saat presentasi di dalam kelas. Cakep!

Tahu Dasar Hukum

Namanya juga anak hukum, nilai plusnya adalah kita jadi sedikit lebih tahu dasar dan landasan dari ketentuan atau peraturan yang dibuat. Hasilnya jelas. Kita bakal jadi lebih mawas diri saat hendak melakukan sesuatu, entah itu omongan atau perbuatan. Kita bisa mikir batas hukumnya, bro. Maklum, semua peraturan ada konsekuensinya.

Semua Butuh Ahli Hukum

"Hampir semua instansi atau perusahaan membutuhkan ahli hukum. Jadi, peluang kerja untuk lulusan Jurusan Hukum lebih banyak. Pekerjaannya luas sekali. Lulusannya juga nggak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pekerjaan. Di sini (Universitas Indonesia), maksimal alumni hanya menunggu selama dua bulan untuk mendapatkan pekerjaan," ujar Prof. Topo Santoso, , S.H., M.H., Ph.D, Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Gaji Lumayan!

"Karena kebanyakan anak hukum diberikan posisi yang cukup penting, kami juga dihargai sama perusahaan. Ya, untuk urusan gaji, sih, lumayan besar," imbuh Mahiswara Timur, alumni Universitas Indonesia.

sumber: Haigrid

Kisi kisi Sbmptn 2018 klik disini
Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini

0 Response to "Ini Keuntungan Buat Kamu Jadi Mahasiswa Jurusan Hukum."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel