Kamis, 02 November 2017

10 Jurusan Kuliah Paling Cocok Untuk Anak IPS

Tags

Buat kamu anak IPS, nggak perlu bingung milih jurusan buat kuliah. Nih, IDN Times suguhkan beberapa pilihan jurusan menjanjikan yang bisa kamu pilih. Eits, jangan salah! Jurusan kuliah dalam daftar berikut ini bisa jadi prospek terbaikmu untuk mencari kerja di masa depan, lho!
1. Psikologi 
Mempelajari perilaku mental manusia sangatlah menarik. Kamu bisa memilih jurusan yang satu ini. Selain itu, Psikolog adalah ilmu yang meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik tindakan kita. Mulai dari persepsi, kognitif, dan hubungan intrapersonal. Jadi kamu nggak bakal bosan mempelajarinya
Prospek Kerja: HRD, Market Research Psikolog, Konsultan Perusahaan, Psikiater.
2. Ilmu Hukum 
Dikarenakan semakin maraknya kasus hukum di-Indonesia, maka peluang kerja untuk jurusan hukum amatlah besar, karena sampai kapanpun hampir mustahil tidak dibutuhkannya penegak hukum lagi.
Prospek Kerja: Pengacara, Notaris, Staff Legal
3. Sastra Inggris 
Buat kamu yang suka belajar bahasa asing, Sastra Inggris bisa jadi pilihan yang tepat. Eits, jangan salah… jurusan ini punya prospek kerja yang luas di masa depan, lho.
Prospek Kerja: Kedutaan Internasional, Guide, Guru Bahasa Inggris, Penerjemah
4. Bisnis dan Manajemen 
Siap-siap bersaing dengan banyak orang ya kalau milih jurusan bisnis dan manajemen. Jurusan ini memang sangat dibutuhkan hampir di semua perusahaan, karen lulusan bisnis dan manajemen itu bisa ditempatkan di area mana saja, mulai dari manajemen perusahaan, marketing, keuangan, hingga statistik ekonomi.
Prospek Kerja: Pengusaha, Manajer, Direktur, Asisten Manajer, Sekretaris
5. Hubungan Internasional 
Kalau mau prospek kerja yang menjanjikan dan membuatmu sering keluar negeri, pilih jurusan ini. Hubungan Internasional mempelajari bagaimana menjalin hubungan antar negara dengan baik. Serta mempertahankan keharmonisan dua negara untuk menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu-isu umum seperti sosial, hukum, ekonomi, dan politik.
Prospek Kerja: Duta Besar, International Officer, Konsultan Internasional, Politisi, dan Wartawan
6. Ilmu Komunikasi
Ini nih jurusan yang nggak kalah populer dengan jurusan lainnya, karena jurusan ini tidak bisa ditangani oleh sembarangan orang. Hanya orang yang memiliki pribadi yang kuat yang mampu menjalani pekerjaan sebagai lulusan ilmu komunikasi, karena ia harus mampu mengomunikasikan suatu hal dengan baik.
Prospek Kerja: Broadcasting, Advertising, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, dan Public Relations.
7. Akuntansi 
Kalau kamu punya daftar passing grade perguruan tinggi se-Indonesia, coba lihat hampir di semua Universitas menempatkan jurusan akuntansi dengan passing grade tertinggi (IPS). Pasalnya, jurusan ini menjanjikan lapangan kerja yang menggiurkan. Setiap perusahaan dari yang kecil hingga yang besar pasti butuh pegawai untuk mengurusi masalah keuangan. Seorang akuntan sangatlah penting untuk digunakan di perusahaan.
Prospek Kerja: Akuntan, Manajer, Auditor, Marketing
8. Desain Grafis 
Ini adalah cabang ilmu desain yang mempelajari cara menyampaikan pesan dengan ungkapan kreatif untuk mecapai tujuan tertentu. Biasanya pekerjaanya berhubungan dengan gambar-gambar digital yang terdapat dalam iklan, film, logo,banner dan sebagainya.
Prospek Kerja: Desainer, Tim Kreatif Perusahaan, Branding
9. Ilmu Perpustakaan 
Khusus buat kamu yang gak gampang bosan, ulet dan giat membaca dan menghapal buku. Ini adalah jurusan yang tepat buat kamu! Bahkan perpustakaan adalah surga bagi para kutu buku.
Prospek Kerja: Pustakawan, Admin Perpustakaan
10. Desain Produk 
Buat kamu yang kreatif, punya banyak ide yang fresh, dan berjiwa seni, silahkan memilih jurusan ini. Mungkin kamu pernah bertanya mengenai produk-produk sehari-hari yang kita pakai, siapakah yang mendesainnya? Jawabannya adalah lulusan dari desain produk,
Prospek Kerja: Industrisl Product Designer, Enterpreneurial Product Designer, Product Design Researcher

Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon