Selasa, 10 Oktober 2017

Bushranger

Loading...

"Bushranger" adalah para narapidana dan buronan yang tinggal di wilayah "bush"(kawasan yang tak berpekemilikan di luar desa dan kota) di Australia yang menghidupi diri mereka dengan cara mencuri dari penduduk sekitar dan terkadang dari alam sekitarnya. Para "bushranger" ini terkenal sebagai sosok 'pahlawan', walau banyak juga yang berlaku brutal pada orang-orang.

"Bushranging" sendiri dimulai pada awal 1790-an oleh seorang narapidana keturunan Afrika yang bernama John Caesar. Setelahnya, ada ratusan sampai ribuan "bushranger" lain yang memutuskan untuk kabur ke "Australian bush" yang minim penduduk sebagai cara untuk kabur dari pemerintah. Era "bushranging" dianggap berakhir dengan kematian Ned Kelly dan Kelly Gang yang ia pimpin pada 1880, sebuah periode sepanjang nyaris mencapai 100 tahun.


Para "bushranger" yang merupakan narapidana dan buronan ini acapkali ditolong oleh petani dan penduduk sekitar yang simpatik terhadap mereka, apalagi pada tahanan yang dihukum walau tak bersalah. Sebaliknya, banyak juga dari "bushranger" ini yang tak mau membunuh penduduk atau merampok mereka dan memutuskan untuk merampok dan menyerang bank serta polisi saja.

Ketika para "bushranger" ditangkap, mereka biasanya dihukum mati, sebab nyaris semua "bushranger" pernah membunuh seseorang, baik polisi atau warga sekitar. Tak banyak yang tidak dihukum mati, walau ada beberapa kasus, seperti Martin Cash yang ditangkap atas suatu pencurian yang ia tak pernah lakukan. Ia kabur dari hukumannya sebanyak dua kali pada akhir 1830an atau awal 1840an dan ketika ditangkap ia nyaris dihukum mati, meski pada akhirnya hukumannya dikurangi dan ia bebas pada 1854.

Jack Donohoe/Donahue ialah salah satu contoh dari "bushranger" yang mencuri dengan gaya 'Robin Hood', mencuri dari yang kaya dan memberikannya pada yang miskin. Bersama dua orang lainnya, ia melaksanakan aktivitasnya pada 1825-1828, ketika dua orang rekannya tersebut dieksekusi. Bergabung dengan beberapa orang lainnya, ia menjalankan aktivitas "bushranging" sampai 1830, ketika ia ditemukan dan ditembak pada awal September 1830.

Ketika Demam Emas Australia dimulai pada 1851, tentu saja para "bushranger" ini mulai mengincar para penggali emas yang dapat membuat mereka menjadi kaya dalam waktu singkat. Contoh dari "bushranger" ini adalah "Black Douglas"/Charles Russel yang beroperasi pada 1850an dengam cara menyerang tenda-tenda para penggali tersebut pada siang hari di daerah sekitar Melbourne, sampai pada suatu hari ketika ia dan rekan-rekannya ditangkap dan dibawa ke Maryborough.

Berkebalikan dengan sebagian dari "bushranger" yang seperti Jack Donahue/Donohoe yang berlaku dengan 'baik', ada juga segelintir "bushranger" yang berlaku brutal tanpa alasan yang jelas, seperti Daniel "Mad Dog" Morgan, yang membunuh dan membakar orang-orang yang ia tak suka. Ia secara khusus membenci polisi setelah ia ditangkap pada 1854 dan memulai aksi-aksi kriminalnya pada 1855, setelah ia dibebaskan. Ia pun ditembak mati pada 1865, 10 tahun kemudian.

Pada 1865, pemerintah setempat mengeluarkan "Felons Apprehension Act 1865" yang memperbolehkan siapapun untuk menembak para "bushranger" tanpa diperlukannya penangkapan atau pengadilan. Act ini secara sukses digunakan untuk menekan aktivitas para "bushranger", seperti Ben Hall dan teman-temannya yang melakukan aksi tersebut pada 1863-1865, yang berakhir dengan kematian mereka.

"Bushranging" dianggap berakhir pada pembunuhan, penangkapan dan pengeksekusian Ned Kelly dan "Kelly Gang"-nya pada 1880. Setelah mencuri kuda, merampok bank dan sesekali membunuh segelintir polisi dan warga setempat secara tak sengaja, Ned Kelly, Dan Kelly, Joe Byrne dan Steve Hart dikepung polisi di Glenrowan. Bertahan di sebuah gedung dan melindungi diri mereka sendiri dengan baju besi dan senapan, mereka bertahan selama satu malam melawan beberapa puluh polisi yang bahkan sampai menggunakan meriam. Pada akhirnya mereka terbunuh di Glenrowan pada akhir Juni, kecuali Ned Kelly, yang dieksekusi oleh polisi pada pertengahan November 1880. Dengan kematian Ned Kelly, era "bushranging" telah berakhir.

sumber: OA Historypedia LINE

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon