Rabu, 06 September 2017

Info Fakultas Psikologi

Tags


Psikologi: ilmu yang mempelajari teknik pengamatan secara objektif sehingga mampu menginterprestasikan tingkah laku manusia menurut kaidah - kaidah psikologi perorangan maupun kelompok.

Sasaran: mengembangkan kemampuan analitis yang dapat dijadikan landasan untuk mengambil keputusan di berbagai sektor kehidupan, seperti bidang akademik, sosial masyarakat, bisnis dll.

Peminatan:
a. Psikologi Industri/Organisasi mempelajari cara menganalisis perilaku manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja, memahami manusia sebagai SDM dalam proses produksi, memahami perilaku manusia sebagai konsumen dan riset pemasaran yang berbeda-beda, mendesain alat ikut psikologi dalam konteks dunia kerja dalam kaitannya dengan kerjasama dan budaya (HRD), dan mendesai proses pelatiahn dalam dunia kerja

b. Psikologi Perkembangan mempelajari cara untuk memahami dan mengaplikasikan konsep dan teori psikologi perkembangan manusia sepanjang hayat, dan cara membuat rancangan teoritis intervensi untuk mengoptimalkan masyarakat.

c. Psikologis Klinis mempelajari kesehatan mental dan gangguan-gangguan psikologis, baik yang dialami oleh anak maupun orang dewasa seperti cara mengidentifikasi ada tidaknya gejala gangguan mental, abnormalitas, maupun patologi melalui totalitas penginderaan; cara untuk mengeksplorasi, menganamnesis dan menganalisis untuk mendapatkan kesimpulan sementara; cara menggunakan paradigma dan teori, konsep psikologis klinis yang relevan untuk menyelsaikan masalah-masalah yang lebih dalam yang akan tergambarkan melalui dinamika kepribadian

d. Psikologi Sosial dan Komunitas mempelajari gejala-gejala sosial serta perilaku sosial yang terjadi di masyarakat beserta dampaknya sebagai akibat perubahan sosial yang terjadi; mempelajari cara menganalisis dan membuat rancangan teoritis intervensi perilaku sosial sebagai proses interaksi individu dengan lingkungan sekitarnya.

e. Psikologi Pendidikan mempelajari cara untuk mengenali dan menyelsaikan masalah-masalah dalam pembelajaran yang dikaitkan dengan teori-teori sebagai dasar pemikirannya, dan cara melakukan penelitian, mengidentifikasi masalah sehingga mampu untuk merekomendasi mulai dan saran, rancangan aktivitas (modul) yang berguna bagi peningkatan hasil belajar.

Kemampuan penunjang: Kemampuan analitis dan logika, kemampuan membaca yang baik, punya empati dengan orang lain, dan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Peluang karir: konsultan bagi HRD di dalam instansi, perusahaan, perbankan baik swasta atau pemerintah untuk rekrutmen dan pengatur SDM; psikolog, di Klinik Psikologi dan Rumah Sakit; Konselor; dosen atau pengajar; dan peneliti.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon