7 Jurusan Kuliah yang Katanya Gajinya Kecil


Sebelumnya saya ingin memberikan kritik akan tulisan yang saya bagikan dari liputan6. Saya rasa besar kecilnya gaji kini amat ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam bekerja tidak semata-mata dari jurusan mana ia berasal. Jadi pada intinya kualitas diri andalah yang menentukan anda di masa depan. Anda bebas mempercayai atau tidak tulisan tersebut.
Sudah jadi keinginan semua orang untuk bisa mendapat pekerjaan stabil dengan gaji yang tinggi. Maka tak heran apabila banyak orang berbondong-bondong ingin masuk ke kampus ternama dan jurusan unggulan. Jika mampu jadi lulusannya, maka masa depan cerah pun ada di depan mata.

Meski demikian, tidak semua jurusan kuliah bisa menjamin lulusannya mendapat gaji yang besar. Survei yang dilakukan oleh situs keuangan dan bisnis Kiplinger memperlihatkan ada jurusan kuliah yang prospek gaji lulusannya tidak terlalu baik.

Survei tersebut menganalisa 126 jurusan kuliah dan besaran gaji di level pemula dari para lulusannya. Berikut tujuh jurusan kuliah dengan prospek gaji kecil dilansir dari CNBC, Jumat (15/9/2017):
1. Paralegal 
Paralegal didefinisikan sebagai orang yang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan hukum, namun ia tidak mempunyai kualifikasi sebagai praktisi hukum. Di masa depan, diprediksi profesi ini akan semakin tidak diminati. Beberapa firma hukum bahkan berencana untuk mengurangi gaji dari profesi paralegal
2. Seni 
Survei ini mengungkap, tidak semua perguruan tinggi dengan jurusan seni bisa mencetak lulusan bergaji tinggi. Untuk itu, bagi Anda yang berminat berkuliah jurusan seni harus mampu memilih kampus yang benar-benar terakreditasi dengan lulusan yang kompeten.
3. Pendidikan olahraga 
Meski industri kesehatan selalu membutuhkan seorang terapis fisik, pekerja di bidang ini ternyata tidak banyak diambil dari lulusan pendidikan olahraga. Itulah mengapa gaji dari lulusan ini pun tergolong kecil.
4. Musik 
Hanya 12 persen lulusan jurusan musik yang benar-benar berprofesi sebagai musisi. 22,8 persen lulusan musik yang lain juga memilih mengembangkan bakat musiknya dengan bekerja sebagai musisi lepas
5. Teologi atau pendidikan agama 
Jika memang berminat dengan hal yang berkaitan dengan agama, akan lebih baik apabila Anda mengambil jurusan filosofi saat kuliah. Dibanding jurusan teologi, jurusan filosofi lebih menawarkan gaji yang besar.
6. Radio dan televisi 
Hanya 7.300 mahasiswa yang disurvei mengaku menyelesaikan pendidikannya di jurusan ini. Bidang pekerjaan ini juga diprediksi akan mengalami penurunan sebanyak 10 persen dalam satu dekade ke depan.
7. Antropologi 
Bagi mereka yang berkuliah jurusan antropologi, lulusannya harus siap bersaing ketat karena lowongan pekerjaan yang sedikit. Sebagai contoh, di Amerika Serikat ada 12 ribu orang yang lulus dari jurusan ini di tahun 2016, namun jumlah lowongan pekerjaannya hanya 733 posisi.
[liputan6.com|]

Butuh perlengkapan tempur SBMPTN dan ujian mandiri
Butuh soal+pembahasan saintek buat sbmptn : Klik disini
Butuh Soal+pembahasan Soshum buat sbmptn : Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
Kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini
Lolos SBMPTN tanpa bimbel: Klik disini

0 Response to "7 Jurusan Kuliah yang Katanya Gajinya Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel