Jumat, 25 Agustus 2017

Membaca Materi Kuliah yang akan Diajarkan

Tags
Loading...

Membaca materi kuliah yang akan diajarkan oleh dosen, menjadi dasar prakemampuan mahasiswa dalam menerima kuliah. Yang berdampak mahasiswa memahami materi kuliah yang diajarkan dengan lebih baik.
Cara membaca dengan efektif berarti setelah membaca teks bacaan, pembaca dapat memahami teks bacaan dengan baik, dan cara membaca efisien dapat diartikan pembaca dapat membaca dengan cepat, tanpa mengurangi pemahaman dari teks bacaan yang dibacanya. Akan tetapi tujuan membaca juga menentukan cara seseorang membaca bacaan;

a. Membaca dengan cepat
Biasanya pada saat membaca memililih buku baru untuk dibeli atau akan dibacanya, yang bertujuan untuk memahami topik yang dijelaskan di dalam buku tersebut. Membaca dengan cepat dengan cara memperhatikan keseluruhan isi bacaan biasanya disebut dengan skimming.
b. Membaca Aktif
Membaca sebuah teks bacaan pada dasarnyha merupakan dialog antara pembaca dan penulisnya. Pembacaan akan menjadi lebih efektif jika pembaca berdialog dengan aktif dalam menangkap pesan/pokok bahasan dari penjelasan penulis. Hal ini berarti terjadi dialog, apakah pembaca setuju atau tidak setuju dengan gagasan yang dituangkan oleh penulis. Atau apakah isi bacaan yang dituangkan oleh penulis sesuai dengan pemahaman pembaca, atau apakah sesuai dengan judul dan subjudul yang dipaparkan. Dengan mempertanyakan dan mencermati judul, subjudul bacaan, pembaca akan lebih mudah untuk menangkap pesan atau isi materi yang terkandung dari buku tersebut.
c. Memikirkan Isi Bacaan. 
Cara belajar yang efektif ialah membaca teks bacaan, dan setelah selsai membaca, memikirkan ulang apa yang baru dibacanya. Hal ini membutuhkan konsentrasi. Berkonsentrasi adalah berpikir. Maka membaca dengan berkonsentrasi berarti membaca dengan memikirkan pesan yang dibacanya.
d. Membaca dengan Membuat Catatan
Cara membaca dengan membuat catatan ringkas yang berisi garis besar materi dari teks bacaan, lebih efektif dibandingkan dengan membaca dan merasa cukup menandai dengan pensil, pena merah atau stabilo dari teks bacaan yang dibaca.
e. Membaca dengan Mencermati Gambar dan Tabel. 
Gambar dan tabel merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari naskah atau teks bacaan sangat penting, yang akan menunjang pemahaman teks bacaan secara menyeluruh.
f. Membaca Berarti Memperbanyak Kosakata.
 Dalam memahami suatu teks bacaan, yang berperan di dalam pemikiran kita adalah 'kosa kata pasif'. Penambahan kosa kata pasif lebih mudah dilakukan oleh seseorang dibandingkan dengan penambahan kosa kata aktif. Karena teks bacaan yang berisi kata-kata yang akrab dengan pembaca, akan lebih mudah dimengerti dibandingkan pada teks bacaan yang berisi kata-kata asing. Dengan demikian membaca berarti menambah dan memperbanyak kosa kata pembaca
f. Membiasakan Diri Membaca
Orang yang banyak membaca mempunyai pengetahuan yang luas dan ide yang kaya. Dengan membaca orang memperkaya ide di dalam konsep berpikirnya. Ide dari hasil membacam menjadi pra kemampuan dasar untuk mempermudah penerimaan ide-ide baru selanjutnya. Dengan kata lain lebih banyak membaca akan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan membaca seseorang.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon