Selasa, 01 Agustus 2017

Kenapa Harus Mencari Beasiswa?

Tags

Kenapa ya kita harus susah payah mencari beasiswa? Alasan atau latar belakang kita mencari beasiswa beragama, di antaranya adalah:

  • Tidak sanggup membiayai kuliah
  • Meringankan beban orangtua
  • Membanggakan orang tua
  • Meningkatkan "nilai jual" atau menaikan gengsi
  • Tuntutan pekerjaan 
  • Mencari ilmu setinggi-tingginya
  • Menambah pengalaman
Alasan-alasan diatas hanyalah contoh alasan atau latar belakang kenapa kita harus mencari beasiswa. Banyak alasan atau motivasilain yang bisa Anda pikirkan berdasarkan visi-misi masa depan yang telah anda rancang atau cita-citakan. Namun, yang pasti kita sepakat bahwa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi akan membawa harapan masa depa yang lebih baik bagi kita, bagi keluarga kita. Mendapatkan beasiswa untuk kuliah di tempat yang berkualitas merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan semua itu.

Mendapat Beasiswa itu Gampang atau Sulit, Sih?
Mencari dan mendapat beasiswa itu gampang atau sulit? Sulit tidaknya tergantung pada persepsi dan kondisi masing-masing individu, Apa yang dianggap sulit kadang kala mudah bagi orang lain, atau sebaliknya. Sepakat, kan?
Jika ada orang yang menjawab, "Wah sulit banget, saya harus apply berkali-kali ke beberapa foundation baru ada yang nyangkut." Jika demikian terus kenapa? Apa lantas Anda mau mutung dan merasa minder serta merasa tidak punya harapan sehingga memutuskan tidak jadi apply? Itu pikiran orang malas dan tidak mau maju. Ciri-ciri orang yang gagal di masa depan.
Kemudian kalau anda yang menganggap mencari beasiswa itu mudah, terus Anda dengan "luguny" mencoba apply dan ketika ternyata Anda tidak berhasil. lantas menganggap orang tersebut memberi jawaban tidak valid? Jangan pernah berpikir keberuntungan setiap orang adalah sama. Lagi pula apakah Anda yakin persiapan dan usaha yang Anda lakukan sudah baik atau sematang orang tersebut? Dont give up
Jadi, jawaban yang paling sesuai adalah bukan sulit atau tidak sulit. Tidak ada yang tidak mungkin dicapai atau terjadi di dunia ini dengan asalkan ada niat, kerja keras, dan pertolongan dari Sang Pencipta.
Mencari beasiswa merupakan perjalan yang panjang. Kemudahan akan selalu mengiringi kesulitan, seperti langkah kaki kiri yang selalu diikuti atau mengikuti langkah kaki sebelah kanan, begitu sebaliknya. Perjalan mulai dari tahap persiapan, pencarian, perjuangan,, dan berkompetisi, selalu menuntut usaha dan kerja keras kita. Namun, apakah itu hal sulit? Mungkin iya, mungkin juga tidak. Ada kalimat bijak salah satu ayat dalam salah satu kitab suci. Yaitu "Tuhan Yang Maha Esa tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga ia mengubah nasib yang ada pada diri mereka sendiri". Jadi, semuanya sudah jelas. Penentunya adalah diri kita sendiri. Apakah kita mau melakukan upaya atau tidak dan seberapa kuat dan besar usaha yang hendak kita lakukan.
Kalau Anda memang sungguh-sungguh atau bertekad untuk maju dengan mendapat beasiswa, janganlah berhenti di pertanyaan "Sulitkan mendapat beasiswa?" Anda harus terus maju dengan usaha terbaik hingga suatu saat Anda akan mendapat diri Anda mengenang masa lalu sambil menguluk senyum mengingat semua semua jerih payah anda yang telah Anda lakukan untuk sampai di tempat Anda berdiri sekarang, yaitu di universitas yang Anda idam-idamkan di negeri orang yang waktu kecilnya hanya Anda ketahui lewat buku cerita dan kotak ajaib bernama televisi.s

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon