Selasa, 22 Agustus 2017

Jurusan Kuliah Ini Diperkirakan Menuju Kepunahan, Benarkah?

Tags

Sebenarnya saya kurang begitu setuju dengan tulisan ini. Jurusan-jurusan ini akan terus hidup dan berkembang dengan kemajuan teknologi. Misalnya sastra, sastra akan tetap hidup selama manusia masih hidup. Matematik tetap dibutuhkan oleh manusia selama manusia masih berpikir. Jadi saya serahkan penilaian kepada anda semua. Anda tidak harus mempercayainya. Saya pun menganggap tulisan dari "okezone.com" ini sebagai gurauan semata.
Dunia terus berubah dengan cepat. Teknologi bertumbuh pesat dan universitas saling rebutan untuk bersaing dengan menawarkan jurusan yang lebih baru dan inovatif.  Ada yang baru, lambat laun yang lama tersingkirkan. Itulah yang terjadi pada jurusan-jurusan lawas di perguruan tinggi. Melansir dari Business Insider, Senin (21/8/2017), jurusan-jurusan kuliah di bawah ini diperkirakan akan punah. Pasalnya, sebuah laporan dari The Chronicle of Higher Education membandingkan peminat jurusan di tahun 1971 dan 2006. Dalam persentase tersebut, beberapa jurusan terkenal nampaknya akan usang di tahun-tahun mendatang.
Bahasa dan Sastra 
Jika pada tahun 1971 persentase perguruan tinggi yang menawarkan jurusan bahasa dan sastra bisa mencapai 21,5 persen, rupanya angka tersebut harus turun sekira empat persen menjadi 16,8 persen di tahun 2006.
Botani 
Jika perguruan tinggi yang menawarkan jurusan botani hanya sekira 7,9 persen di tahun 1971 maka angka itu mesti turun lagi di tahun 2006. The Chronicle of Higher Education mencatat persentase jurusan botani menurun hingga 3,2 persen.
Fisika 
Jurusan fisika hingga kini masih mendapat posisi strategis di universitas. Bahkan, di beberapa universitas, jurusan ini masih populer. Namun biar demikian, rupanya angka persentase jurusan ini menurun dari 53,2 persen di tahun 1971 menjadi 47,4 persen di tahun 2006.
Ilmu Perpustakaan 
Mungkin jumlah universitas yang menawarkan jurusan ini sangat sedikit. Buktinya, The Chronicle of Higher Education mencatat persentase perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini pada 1971 hanya 6,6 persen. Angka ini kemudian turun drastis hingga 0,7 persen tahun 2006.

Ekonomi 
Jurusan ekonomi hingga kini masih menjadi jurusan primadona di beberapa perguruan tinggi. Namun keprimadonaan jurusan ekonomi ini tak berarti tak ada penurunan minat dari 1971 ke 2006. Buktinya, persentase pada 1971 jurusan ekonomi ditawarkan oleh 56 persen perguruan tinggi. Sementara di tahun 2006 angka persentase itu menurun hingga 49,4 persen.
Matematika dan Statistik 
Sama dengan ekonomi, jurusan matematika masih memiliki banyak peminat di belahan dunia, termasuk Indonesia. Namun, rupanya banyaknya peminat juga tak lepas dari penurunan persentase yang dialami oleh jurusan ini. Pada 1971, perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ini masih tergolong tinggi yakni 89,5 persen. Namun di tahun 2006 angka itu turun sembilan persen menjadi 80,3 persen.
Asisten Administratif 
Walaupun gaung jurusan asisten administratif ini sudah jarang terdengar, namun di sejumlah universitas masih menyediakan jurusan ini. Terlebih sekolah-sekolah tinggi yang memang mengkhususkan adanya jurusan asisten administratif. Namun rupanya jurusan ini mengalami penurunan persentase yang sangat signifikan yakni dari angka 16,7 persen di tahun 1971 menjadi 1,2 persen saja di 2006.

Butuh perlengkapan tempur SBMPTN dan ujian mandiri
Butuh soal+pembahasan saintek buat sbmptn : Klik disini
Butuh Soal+pembahasan Soshum buat sbmptn : Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
Kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini
Lolos SBMPTN tanpa bimbel: Klik disini

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon