Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatur Keuangan bagi Mahasiswa Baru

Memasuki jenjang perkuliahan tentunya menuntuk kamu lebih mandiri dibandingkan jenjang sebelumnya. Termasuk dalam hal ini kamu harus mandiri dalam masalah keuangan. Pendapatan kamu bisa datang dari mana saja seperti dari orang tua kamu, pekerjaan part time yang kamu jalani, dan bisnis yang kamu jalankan. Pada jenjang mahasiswa kamu dituntut untuk mampu mengatur masalah keuangan. Tips ini setidaknya mampu membantu kamu untuk mengatur sirkulasi keuangan kamu. Berikut adalah tipsnya:

1. Siapkan buku catatan keuangan
Tidak mesti buku catatan yang besar semacam akuntansi. Kamu hanya perlu buku catatan kecil dimana berisi aliran uang kamu. Biasanya dibuku catatan tersebut ada catatan keuangan berupa pengeluaran kamu dan pendapatan kamu. Simpanlah buku tersebut dengan baik. Catatlah secara detail semua pengeluaran kamu selama ini.

2. Tabunglah uangmu

Menabung dalam hal ini merupakan unsur penting bagi mahasiswa. Menabung dalam hal ini bukan diperuntukan sebagai investasi tetapi sebagai cadangan keuangan semata. Dengan menabung paling tidak kita sudah menyiapkan uang untuk pengeluaran yang biasanya tidak terduga. Sekaligus dalam hal ini mencegah kita untuk berhutang dikemudian hari.

3. Sediakan uang secukupnya di dompet
Ambil uang secukupnya saja di atm atau bank. Hindari transaksi dengan menggunakan kartu kredit atau atm. Biasakan kamu transaksi tunai saja. Biasanya menggunakan kedua hal tersebut membuat kamu kalaf untuk konsumsi terus menerus.

4. Jangan terlalu sering makan diluar
Sebenarnya tidak masalah jika kamu sekali-kali memanjakan diri untuk makan di luar seperti restoran atau kafe. Tapi sebisa mungkin kamu jangan terlalu membiasakan diri makan diluar, karena pengeluaran kamu nantinya bisa jebol. Usahakan kamu makan di luar frekuensinya jarang. Biasakan masak sendiri agar menghemat pengeluaran.

5. Dahulukan kebutuhan bukan keinginan
Kamu harus membiasakan diri untuk mencatat yang mana prioritas yang mana bukan prioritas. Yang mana benar-benar kebutuhan yang mana yang bukan kebutuhan. Kamu harus membiasakan diri untuk menahan keinginan dan mendahulukan kebutuhan yang dibutukan untuk kehidupan perkuliahan kamu.

6. Menabung receh
Menabung receh bisa menjadi alternatif simpanan kamu. Biasanya uang receh tidak begitu dilirik karena nilainya kecil. Cobalah dari sekarang kamu mengumpulkan uang receh yang kamu dapat selama ini. Jika dikumpulkan terus menerus maka uang receh tersebut pasti akan banyak dan bisa menjadi simpanan buat kamu
Bourbon
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatur Keuangan bagi Mahasiswa Baru"