Minggu, 13 Agustus 2017

5 Tantangan Bagi Mahasiswa Baru

Tags

Selamat bagi kamu yang telah melewati masa SMA yang indah. Selamat juga bagi kamu, sekarang kamu menjadi seorang mahasiswa. Dalam memasuki fase hidup baru tentunya akan ada tantangan baru juga. Termasuk dalam hal ini fase hidup mahasiswa. Tentunya kamu akan menemukan tantangan yang baru juga. Tantangan-tangan ini kelak akan membut kamu jauh lebih dewasa dan mandiri. Berikut adalah tantangannya:
1. Cara Belajar
 Jika kamu ketika jenjang SMA ketika belajar lebih banyak bergantung kepada guru. Maka ketika mahasiswa kamu harus berusaha menghilangkan ketergantungan tersebut. Sebab ketika kamu memasuki dunia perkuliahan. Dosen hanya memberikan pengantar saja, tidak terlalu mendalam. Disini tugas kamu adalah berusaha mencari tau sendiri ilmu yang kamu pelajari. Kamu harus membiasakan mandiri dalam belajar. Kamu bisa mendapatkan ilmu tersebut melalui membaca buku di perpustakaan atau kamu bisa berdiskusi dengan teman-teman kamu.
2. Perubahan Lingkungan
Sebagian dari kamu tentunya akan berkuliah di lingkungan baru atau bisa dibilang menjadi anak rantau. Tentunya ini menjadi sesuatu tantangan bagi kamu untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan baru kamu. Perubahan ini terlihat dengan adanya perubahan bahasa, budaya, kebiasaan, adat, dll. Jadikan ini sebuah tantangan bagi kamu, jangan jadikan ini sebagai penghalang bagi kamu untuk maju. Kemampuan beradaptasi merupakan pelajaran yang penting yang kamu dapatkan ketika menjalani kehidupan perkuliahan.
3. Teman-teman Baru

Dunia perkuliahan ini terkenal dengan dunia yang mempunyai keanekaragaman, termasuk dalam hal ini lingkungan mahasiswanya. Jika kamu di SMA biasanya hanya bergaul hanya dengan orang-orang itu saja. Maka ketika memasuki dunia perkuliahan kamu bisa bergaul dengan orang yang berbagai macam suku, ras, golongan, dan agama. Inilah yang menjadikan keseruan ketika berkuliah. Dimana kamu akan belajar menghargai orang-orang yang berbeda dengan kamu.
4. Time management

Ketika kamu berkuliah maka kamu mempunyai kebebasan dalam memilih terutama dalam pengaturan waktu, kapan kamu ingin berkuliah? berbeda dengan SMA yang biasanya sudah ada SOP yang mengaturnya. Kegiatan perkuliahan kamu tentunya pasti diselingi dengan kegiatan yang bermacam-macam seperti organisasi, bakti sosial, kerja part time, dll. Tentunya kamu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin untuk menjalankan kegiatan semuanya itu.
5. Perubahan nilai dalam diri
Ketika kamu berkuliah maka kamu akan menemukan nilai-nilai baru yang kamu tidak dapat ketika bersekolah. Nilai-nilai yang mengajarkan kamu tentang kehidupan yang lebih mendalam. Tidak mesti kamu belajar di kelas untuk mendapatkan nilai tersebut. Kamu bisa mendapatkan nilai-nilai baru ketika kamu berinteraksi dengan orang banyak. Dimana nilai-nilai itu akan mampu mengubah hidup kamu jauh lebih baik kedepannya.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon