Sabtu, 19 Agustus 2017

5 Pekerjaan Sambilan Terbaik Untuk Mahasiswa

Tags
Loading...

Kuliah adalah masa dimana kita mencari pengalaman dan pergaulan seluas-luasnya. Kuliah tidak melulu tentang belajar didalam kelas, mengerjakan tugas, dan ujian saja. Rasanya sangat rugi jika kamu hanya menjadi mahasiswa yang “biasa”.  kuliah, belajar, lalu pulang ke kosan. sangat menjenuhkan bukan? masa kuliah adalah masa yang paling produktif dalam hidup kamu. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyia-nyiakannya. Kamu bisa melakukan kegiatan apapun yang kamu inginkan seperti mengikuti berbagai macam organisasi di kampus dan luar kampus, bagi kamu yang hobi travelling bisa mencoba menjadi backpacker, mengikuti berbagai lomba tingkat nasional dan internasional, bahkan kamu bisa bekerja freelance atau bekerja sambilan. Tak ada salahnya jika kamu kuliah sambil bekerja sambilan, apalagi bagi kamu anak rantau atau anak kos yang notabenenya membutuhkan uang jajan lebih agar tidak selalu makan mie instan hehe. Banyak manfaat yang kamu dapatkan dari bekerja freelance. selain untuk mendapat uang jajan tambahan kamu juga bisa menambah relasi, dan mengasah bakat. Tentunya bekerja sambil kuliah tidak akan mengganggu kuliah kamu jika pekerjaan yang kamu pilih adalah pekerjaan yang tepat.
Nah berikut ini adalah 5 rekomendasi pekerjaan yang layak untuk kamu pertimbangkan bagi kamu anak kuliahan yang tertarik untuk bekerja sambil kuliah.
1. Design grafis

Bekerja menjadi seorang design grafis tidak menuntut kamu untuk bekerja di kantor setiap hari. Di era digital yang sangat canggih ini, kamu bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dimana dan kapan saja, menyesuaikan dengan waktu luang yang kamu miliki. Saat ini banyak perusahaan start up dan industri kreatif yang membutuhkan tenaga design grafis freelance. Bagi kamu yang punya skill design grafis atau sedang menekuni design grafis. Menjadi seorang designer grafis adalah pilihan yang tepat, selain bisa mengasah bakat, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.
2. Copywriter dan freelance writer
Bagi kamu yang hobby menulis, ngga ada salahnya jika kamu mengepakan sayap untuk menjadi seorang copywriter dan freelance writer daripada kamu hanya menulis di blog pribadi atau buku diari saja. Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak hal yang dapat diakses secara online. Pekerjaan yang berkaitan dengan dunia kepenulisan tentu terkena dampaknya juga, termasuk copywriter dan freelance writer. Banyak sekali lowongan dua pekerjaan tersebut di era digital ini, karena banyak media online yang membutuhkannya. berbekal laptop, akses internet, dan kreativitas kamu dalam menulis, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang dan menekuni hobi kamu, menarik bukan?
Loading...
3. Guru Privat
Menjadi guru privat bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihan dalam bekerja sambil kuliah. keuntungan menjadi guru privat adalah sangat fleksibel. Kamu bisa mengatur kesepakatan dengan murid kamu mengenai jadwal kamu mengajar. Kamu juga bisa memilih untuk mengajar siswa pada tingkat apa. Entah itu SD, SMP, SLTA, tergantung kemampuan yang kamu miliki. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menjadi guru privat. selain kamu bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan menjadi seorang guru, kamu juga bisa melatih kemampuan komunikasi kamu.
4. Translator dan Intepreter
Pekerjaan dibidang bahasa emang ngga ada matinya. Pekerjaan ini dapat dilakoni oleh kamu yang tidak hanya berasal dari jurusan bahasa atau sastra saja. Jika kamu menguasai bahasa asing jangan sia-siakan kemampuan yang kamu miliki. Profesi penerjemah sangat luas cakupannya loh mulai dari penerjemah buku, film, hingga penerjemah artikel berita. Jadi lowongan pekerjaan yang tersedia pun cukup banyak. dengan menjadi penerjemah kamu akan mendapatkan pendapatan yang tak sedikit jumlahnya. Profesi ini juga merupakan profesi yang cukup bergengsi.
5. Liaison Officer

LO atau Liaison Officer merupakan penghubung antara promotor, media, dan manajemen teretentu dalam suatu event. LO sangat berperan penting dalam suatu acara atau event organizer. Biasanya acara diadakan saat weekend maka LO yang bekerja biasanya adalah seorang freelancer. Untuk kamu yang memiliki skill komunikasi yang baik dan atraktif, menjadi seorang LO adalah pilihan yang tepat, karena nantinya kamu akan bertemu dengan orang banyak. memiliki kemampuan bahasa asing juga dapat menjadi nilai lebih karena kamu bisa menajdi LO dalam event berskala internasional.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon