Rabu, 16 Agustus 2017

11 Jurusan Kuliah Lapangan Kerja Luas dan Gaji Besar

Tags
Loading...

pertanyaan yang sering muncul dari orang tua saat memilihkan jurusan kuliah anaknya adalah ingin jadi apa kamu? Karena hal tersebut masih menjadi problema orang tua untuk memasukan anak ke perguruan tinggi. Banyak sekali pilihan jurusan yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan anak dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri. Tapi perguruan tinggi tidak memberikan prospek pekerjaan apa yang akan diperoleh setelah lulus kuliah nanti. Untuk menjawab pertanyaan para orang tua tersebut berikut ulasan tentang 11 jurusan kuliah yang mendapatkan peluang lapangan kerja luas dan gaji besar.

1. Matematika
Matematika merupakan subjek dasar bagi banyak ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga ada banyak pekerjaan yang dapat diambil dengan gelar ini. Ada banyak perusahaan dan organisasi yang terus menawarkan lowongan pekerjaan bagi sarjana matematika dan statistik di berbagai sektor. Dengan gelar matematika, para sarjana bisa mengejar karir di industri minyak dan nuklir, dalam bidang kedokteran atau IT, serta berbagai pekerjaan lain di departemen pemerintahan. Para lulusan yang memiliki spesialisasi dalam statistik dapat menemukan pekerjaan di dewan pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, industri farmasi, perusahaan asuransi, riset pasar dan pemasaran perusahaan, bank dan perusahaan akuntansi. Ada juga kesempatan untuk bekerja dengan lembaga penelitian yang didanai publik atau lembaga pemerintah.
2. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Mahasiswa lulusan teknik perminyakan dan pertambangan dapat bekerja dengan melakukan perencanaan biaya dan pengawasan operasi yang diperlukan untuk pengeboran sumur minyak gas dan tambang batu bara. Mereka terlibat bekerja sejak desain awal untuk pengujian tanah hingga saat proses penyelesaian pengeboran. Bekerja di platform lepas pantai atau di unit pengeboran yang bergerak melalui perusahaan minyak, tambang, kontraktor spesialis pengeboran atau perusahaan jasa. Fungsi dan peran para lulusan ini antara lain memberikan kontrak layanan pengeboran, desain engineering, perencanaan sumur dan mengawasi kru pengeboran di lokasi.
Loading...

3. Geologi 

Lulusan geologi dapat bekerja dengan memperhatikan analisis teknis rinci mengenai material bumi dan menilai risiko bencana alam secara geologi. Untuk memastikan bahwa faktor-faktor geologi yang mempengaruhi pembangunan dapat diidentifikasi dan ditangani. Mereka juga menilai integritas tanah, batuan, air tanah dan kondisi alam lainnya sebelum memulai proyek-proyek pembangunan besar. Para lulusan geologi juga terlibat menganalisis dan mendesain pembangunan yang peka terhadap lingkungan, seperti tempat-tempat pelestarian alam.
4. Teknik Sipil 
Lulusan teknik sipil dapat bekerja di bidang yang melibatkan desain, pengembangan dan pembangunan sejumlah besar proyek-proyek di lingkungan buatan manusia dan alam. Peran mereka yang utama adalah menjaga agar hasil kerja aman dan tepat waktu dalam pengelolaan sumber daya pada proyek di berbagai bidang seperti pembangunan jalan raya, pengelolaan sampah, pembangunan wilayah pesisir dan rekayasa geoteknik. Para lulusan sipil bekerja sama dengan klien untuk merencanakan, mengelola, desain dan mengawasi pembangunan proyek.
5. Software Engineering 

Lulusan software engineering dapat bekerja dan dapat juga membangun perusahaan software sendiri. Mereka menciptakan dan memelihara aplikasi software menggunakan praktik ilmu komputer, aplikasi, domain dan sebagainya. Biasanya mereka mengkhususkan diri pada sebuah topik seperti pengembangan aplikasi mobile atau pemrograman komputer sehingga setelah lulus mereka dapat masuk pada rancangan analisis maupun desain dari sebuah proyek software.
6. Teknik Informatika dan Ilmu Komputer 
Dunia teknologi semakin mengalami perkembangan dengan terlibatnya sistem komputerisasi pada berbagai sektor industri dan perusahaan. Oleh karena itu saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan keterampilan teknis dan non-teknis dari para mahasiswa lulusan teknik informatika dan ilmu komputer. Mereka dapat masuk ke konsultan IT, penyedia layanan jasa IT, Keuangan, perusahaan telekomunikasi hampir seluruh sektor bisa mereka masuki dengan kemampuan IT yang mereka miliki.
7. Biometrics 

Ilmu biometrics mengacu pada metrik yang terkait dengan karakteristik manusia beserta sifat-sifatnya. Hasil identifikasi tersebut digunakan dalam ilmu komputer sebagai sistem program dan kontrol akses. Ilmu ini juga digunakan untuk mengidentifikasi individu-individu dalam kelompok yang berada di bawah penelitian. Ilmu biometrics membutuhkan identifikasi yang khas karena karakteristik subjek yang diteliti digunakan dalam label untuk menggambarkan individu. Pengidentifikasian ini sering dikategorikan sebagai cabang ilmu fisiologis terhadap karakteristik perilaku makhluk hidup.
8. Kedokteran 
Jurusan kedokteran masih eksis dan banyak peminat saat ini karena tak ada seorang dokter yang menjadi pengangguran selain gaji yang diperoleh tinggi pekerjaan dokter adalah pekerjaan mulia. Terutama pada mereka lulusan kedokteran spesialis sudah terjamin kehidupannya tidak akan pernah merasa kekurangan
9. Teknik Lingkungan
Lulusan teknik lingkungan dapat bekerja melalui kontrak komersial atau pemerintah untuk menangani berbagai isu lingkungan. Pekerjaan mereka mencakup berbagai disiplin ilmu seperti analisis tanah dan pencemaran air, analisis mengenai dampak lingkungan, pemeriksaan lingkungan, pengelolaan limbah, pengembangan kebijakan dan sistem manajemen lingkungan. Klien utama mereka adalah lembaga pemerintah (termasuk dari pemerintah daerah dan nasional) dan organisasi yang berhubungan dengan industri air.
10. Hukum 
Mahasiswa jurusan hukum terlihat elegan, bijaksana dan keren saat mereka memecahkan permasalahan hukum. Kasus hukum sangat mendominan di dunia terutama di Indonesia oleh karena itu para pembela hukum dan pengatur kebijakan sangat dibutuhkan. Lulusan hukum dapat menjadi bagian dari pihak pengadilan bahkan banyak yang mengincar untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
11. Bahasa 
Jurusan bahasa adalah jurusan yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, setelah kamu lulus kamu bisa mencari kerja dimanapun yang kamu mau, karena dengan modal bisa menguasai bahasa dengan baik anda bisa diterima perusahaan asing didalam negeri maupun luar negri, dan bagi kamu yang malas kerja anda juga bisa menjadi guide atau penunjuk jalan bagi touris.

Nah itulah ulasan mengenai 11 jurusan kuliah yang mendapatkan peluang lapangan kerja yang luas dan gaji besar. Semoga bermanfaat.

Butuh perlengkapan tempur SBMPTN dan ujian mandiri
Butuh soal+pembahasan saintek buat sbmptn : Klik disini
Butuh Soal+pembahasan Soshum buat sbmptn : Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
Kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini
Lolos SBMPTN tanpa bimbel: Klik disini 

sumber: isgood.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon