Minggu, 16 Juli 2017

Profil Jurusan Teknik Kimia Universitas Indonesia

Loading...

Teknik Kimia adalah salah cabang ilmu teknik/rakayasa yang mempelajari pemprosesan bahan mentah menjadi produk yang berguna secara ekonomis, dengan langkah-langkah yang melibatkan berbagai prinsip disiplin sains sehingga mengalami perubahan tingkat wujud, kandungan energi atau komposisi.
Baca: Teknik Kimia dan Prospeknya
 Teknik Kimia merupakan ilmu yang sangat aplikatif, memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu yang sangat aplikatif, memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu saings seperti fisika, matematika, kimia, maupun biologi dengan ilmu rekayasa (teknologi), dan sistem industri. Jadi keliru nih, kalau menganggap Teknik Kimia hanya mempelajari kimia.
Program Jurusan
1. S1 Reguler
2. S1 Paralel
3. S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) Gelar Tunggal/Gelar Ganda
Peminatan
1. Energi Berkelanjutan
2. Intensifikasi Proses
3. Rekayasa Produk
4. Konversi Alam
5. Teknologi Bioproses
Prospek Kerja
Hasil survei National Association of Collages & Employees (NACE) menyebutkan bahwa saat ini insinyur teknik kimia merupakan salah satu profesi yang memiliki penghasilan tertinggi di dunia loh!(WOW). Prospek kerja yang sangat luas, beragama, dan banyak dibutuhkan pasar kerja menjadi alasan mengapa lulusannya berpenghasilan tinggi. Diantaranya yaitu diberbagai macam industri, seperti industri kimia, perminyakan, gas, bioteknologi, farmasi, pupuk, makanan, semen, seratbuatan, plastik, sabun, kosmetik dan masih banyak lagi. FYI 60% Alumni Teknik Kimia UI berhasil merintis karir di bidang energi (perminyakan & gas) di perusahan nasional & multinasional loh! Terus, bagi kalian yang ingin bekerja di instansi pemerintah seperti Kementrian Perindustrian dan ESDM juga cocok banget masuk jurusan ini
Testimoni
Teknik Kimia adalah tempat yang tepat bagi kalian yang ingin mengembangkan potensi diri, karena inilah tempat yang dipenuhi dengan pemikir cerdas, kritis, kreatif, dan juga berlaku konkret. Kita juga terkenal dengan prestasi kita dalam bidang keilmiahan dan akademis yang sangat mumpuni.Hal itu diiringi pula dengan lingkungan yang memiliki semangat berkarya serta pengajar yang berkualitas"
Ayip Farouk
(Ketua IMTK(Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia)2015

Butuh soal+pembahasan saintek buat sbmptn : Klik disini
Butuh Soal+pembahasan Soshum buat sbmptn : Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
Kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini
cara lolos SBMPTN tanpa bimbel: Klik disini  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon