Hal Ini Perlu Dilakukan Mahasiswa Baru Pada Awal Kuliah

Kurang dari sebulan lagi kita memasuki awal tahun ajaran baru. Tes-tes untuk memasuki PTN sudah mulai usai, dari SNMPTN sampai SBMPTN. Yang tersisa kini tinggal mandiri saja, yang rata-rata dilakukan pada bulan juli ini.Tentunya akan ada wajah-wajah baru yang menghiasa kampus yaitu "Maba". Banyak mahasiswa yang belum paham, atau ngga paham sama sekali apa yang dilakuakn pada saat pertama kuliah. Mungkin kebiasaan SMA nya belom hilang. Mereka banyak yang belum membuat catatan "what should i do" atau jangan-jangan tidak membuat catatan sama sekali sejak awal masuk perkuliahan.
Nah jika kalian bingung lakukan hal ini ketika awal masuk perkuliahan. Hal ini akan membantu kalian nantinya menjalani perkuliahan
1. Jangan Telat Isi KRS/IRS

Kuliah itu jadwalnya kita yang milih beda dengan SMA yang sudah diatur jadwalnya oleh pihak sekolah. Ini hal yang pertama wajib dilakukan. Jika tidak mengisi KRS(Kartu Rencana Studi)/IRS (isian rencana studi) maka kamu tidak bisa ikut perkuliahan. Jika kamu telat maka bisa-bisa kamu tidak kebagian kelas yang enak untuk mata perkuliahan atau biasa disebut kelas sisa. Jadi jangan sampai telah ngisi KRS yah
2. Cari Temen

Biar ngga bingung  saat pertama kali kuliah maka ada baiknya kamu mulai cari temen, terutama pada masa awal ospek. Jangan bersifat asosial dan sombong. Kita ini mahluk sosial, dimana saling membutuhkan satu sama lain. Temen-temen ini nantinya akan bisa membantu kamu ketika mengalami kesulitan dalam perkuliahan.
3.  Jelajahi Kampus
Kalau misalnya ada waktu kosong, ada baiknya kalian mulai menjelahi kampus kalian. kalian harus mengenali seluk beluk gedung-gedung yang ada di kampus kalian. Kalian bisa sendiri ataupun berkelompok untuk melakukan hal ini. Hitung-hitung kalian nanti bisa adaptasi dengan suasana kampus dan sekalian berjalan-jalan.
4. Jangan Sungkan Tanya Senior
Kalau ada masalah yang belom dimengerti ataupun bingung dengan sesuatu maka ada baikanya kamu memberanikan diri untuk menanyakan kepada senior. kalian jangan malu-malu untuk bertanya. Toh pertanyaan kalian ini tentunya menyangkut permasalahan kuliah. Pertanyaan macam "kakak udah punya pacar atau belom?" jangan ditanyain langsung. lewat chat aja atau ngga ajak kakak tingkat untuk jalan bareng hehe.

 


0 Response to "Hal Ini Perlu Dilakukan Mahasiswa Baru Pada Awal Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel