Senin, 17 Juli 2017

Cara Sukses Masuk PTN 2018 dari Pejuang yg Lolos UGM

Tags

 Aku mau bagi pengalaman aja untuk adek adek kelas yang menjadi pejuang di tahun selanjutnya.Aku dulu kelas 10,11 gapernah belajar, kerjaannya ngurus event sama main hehe. Gapernah ranking dikelas jadi gadapet kuota SNM :(.
 Alhamdulillah aku iseng tes dapet pts yg menurut ranking sih terbaik di kotaku dan uang pangkalnya ga semahal temen2ku hehe. Tapi akhirnya aku nggak daftar ulang dan alhamdulillah lagi lolos SBM di PTN terbaik kota gudeg fakultas MIPA (mungkin menurut kalian ini fakultas yang rendah)
Jadi aku mau bagi tips. Ini gaya belajar dan pengalamanku, mungkin bermanfaat:
1. Pelajari per-bab (beri target per mapel)
Nah, aku belajar mulai per bab dari awal kelas 12. Aku sampe fotocopy buku bimbel sebelah yang 600++ halaman buat belajar. Dan worth it
Bikin juga target, soalnya kamu nggak mungkin belajar semua bab. Dulu aku dapet statistik bab apa aja yg sering keluar sbm. Nah aku pilih beberapa bab tertinggi yang harus aku kuasain bgt. Dulu aku: -Bio (3bab) (aku gasuka bio hehe) -Fis(5bab) -Kim(8bab) -mat(nggak ku target, soalnya aku suka bgt matematika jadi aku kerjain aja semua yg aku suka)
 2. Manfaaatin bimbel (untuk yg ikut)
 Dulu aku bimbel intensif sbm (mulai habis UN)dari pagi jam 8-12 dan sore jam 4-6. Nah karena rumahku jauh, aku milih disela itu aku tetep di tempat bimbel dan tambahan sama tentor. Kalau tentornya gabisa aku ke perpustakaan/belajar sendiri di bimbel
 3. Sering ikut TO
Ini berguna banget soalnya untuk mengukur kamu sampe mana perkembangannya. Dan buat tau jurusan dan univ mana yg cocok. Aku sejak awalan kelas 12 ikut program les setiap hari minggu yang lesnya ngerjain soal dan pembahasan (keluar hasil TOnya). Sampe rumah dipelajarin lagi, dikerjain lagi soal TOnya. Aku juga meniru gaya bimbel sebelah. Jadi setiap selesai TO, soalnya di gunting dan ditempel kemudian sampingnya kasih pembahasan gitu deeh.  Aku juga sering cari gratisan TO di OA OA line hehe.
   4. Tempel materi untuk diingat

ini nggak recomended untuk semua sih, tapi aku dulu setiap belajar dan ada rumus penting, kosa kata aneh, cafa hafal cepat pasti aku tulis dan tempel di kamar.
5. Berdoa
 Ini kunci dari semuanya. Jangan lupa berdoa, sholat dhuha, sholat tahajud dan sholat2 sunah lainnya (untuk muslim)
6. Realistis
 Setelah tau perkembangan setiap TO. Km juga harus realistis milih prodi, jangan lupa sholat istikharah dan tanya ke ortu! Harus ikhlas juga seandainya prodi yg kita pengen banget terlalu tinggi untuk digapai (setelah kerja keras) :))
7. Gausah pusingin UN (ini serius)
 Belajar UN maksimalin aja di kelas 12 saat sekolah, kalau jamkos boleh deh buka buka sbm. Tapi jangan sampai disepelein, inget. Aku dulu belajar UN bener bener H-1minggu. Aku lahap semua soal 5thn terakhir.  Karena disuruh milih mapel, aku dulu milih fisika. Kenapa? Karena aku ngejar SBM fisika yg agak susah. Kimia aku ngerasa bisa belajar di rumah dan lebih mudah dipahami. Bio aku benci bgt dan aku pasrah wkwk( jangan ditiru), jadi milih fisika. Dan alhamdulillah nilai UNku juga ga jelek jelek bgt (33,+++). Dan cara milih ini lumayan worth it kalau aku, aku jadi ngerti fisika dan agak bisa materi fisika sbm hehe.
8. Bikin target dan atur waktu
Kamu harus mikir banyaknya soal yg harus kamu kerjain di setiap mapel, ex: matipa: 10, kimia: 8, fisika 5, bio 4. Nah jadi setiap kamu ngerjain jumlahnya minimal harus 27. Seadainya salah satu mapel nggak terpenuhi ya dipenuhi pake mapel lain. Jadi kalau belum dapet segitu rasanya belom puas dan berusaha terus.
Harus tau urutan ngerjain soal. Ini disesuaikan sama kamunya, agar hemat waktu. Aku dulu : biologi (soalnya nggak ada hitungan, cepet) - mat (aku suka) - kimia -fisika
Tpa - matdas- b.indo- b.inggris. ini kalian pilih sendiri seefektif mungkin biar nggak kehabisan waktu.
   9. Bikin jadwal belajar
 Penting banget ini, supaya target belajarnya nggak keteteran. Setiap mau malas malas jadi inget target.   Lah panjang bgt, semoga berguna ya! Buang saja yang tidak cocok dan menurut kalian useless. Oiya kalau udah kerja keras dan masih gagal, tetap semangat! Setiap orang punya kuota gagal dan waktu sukses yang beda beda!

Butuh soal saintek: Klik disini
Butuh Soal Soshum: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon