8 Cara Agar Diterima di PTN Idaman

Setelah lulus SMA, kamu pasti bakal bingung mempersiapkan diri untuk lanjut ke perkuliahan yang kamu inginkan. Lalu, kamu akan menghadapi rangkaian tes sebelum kamu benar-benar diterima sebagai mahasiswa di sana. Kamu udah harus mempersiapkan diri dari sekarang nih biar kamu bisa diterima di kampus idaman kamu. Ada 7 hal yang harus kamu lakukan kalau kamu mau diterima di PTN idaman kamu. Gak sulit kok. Asal kamu mau sungguh-sungguh berusaha, kamu pasti bakalan bisa dapatkan apa yang kamu mau. Semangat ya!  
1. Pelajari tentang kampus itu.  
Kamu haru tahu dulu dong tentang kampus yang mau kamu masuki. Untuk itu, kamu kudu mempelajari soal apapun yang ada dalam kampus itu biar kamu ngerti standart seperti apa sih yang mereka mau. Kamu harus sudah siap-siap agar kamu sesuai dengan standart yang mereka inginkan.
2. Cari tahu tentang syarat apa aja yang bisa mempermudah kamu masuk ke sana. 
Setelah itu, kamu cari informasi sebanyak-banyaknya soal apa aja persyaratan yang mereka mau buat masuk ke kampus itu. Kalau sudah, mulai deh kamu penuhi satu persatu syarat itu supaya waktu pendaftaran nanti kamu gak kaget dan bingung gak ada waktu buat nyiapin itu.
3. Lakukan kunjungan ke kampus itu.  
Gunanya itu biar kamu tahu seperti apa aslinya kampus idaman kamu. Bukan kayak yang kamu lihat di internet, kamu harus lihat langsung kayak gimana suasana kampusnya. Terus kira-kira kamu bakal betah gak kalau masuk sana. Kalau kamu gak dapat chemistrynya, kamu masih punya waktu kok buat ganti pilihan.
4. Kenalan dengan mahasiswa kampus itu untuk tanya secara jelas bagaimana dulu dia bisa masuk sana.  
Kalau kamu punya teman anak kampus itu, dia bisa jadi informan terbesar kamu soal gimana dulu dia diterima. Selain itu, dia juga bisa bantu kamu untuk tahu lebih dalam soal kampus tersebut. Lebih enak kalau kamu sudah punya teman sebelum kamu masuk. Biar nanti kalau sudah masuk kamu gak kaget.
5. Belajar sungguh-sungguh untuk tesnya.  
Jangan menyepelekan kemampuan kamu sendiri. Kamu harus belajar sungguh-sungguh biar kamu diterima di sana. Kalau perlu, kamu stop main dulu deh demi dapatkan nilai memuaskan. Hasil tes kamu itu bisa jadi salah satu penentu diterima atau tidaknya kamu di sana.
6. Mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk.  
Tetap lakukan yang terbaik tapi juga jangan lupa untuk mempersiapkan diri untuk yang terburuk. Sekalipun kamu bakal sedih, tapi setidakmya kamu harus bangga karena kamu sudah berusaha dan itu yang penting.  
7. Berdoa
Sebagai manusia tentunya kita harus memasrahkan hasilnya kepada Tuhan dan senantiasa berdoa meminta kepada  Tuhan agar diberi kelulusan. Berdoalah senantiasa agar diberikan yang terbaik oleh Tuhan. Berdoa jangan terputus-putus yah.
8. Move on ke kampus lain kalau kamu gak diterima.  
Jangan berlama-lama sedih. Sebaliknya, kamu harus menerima keputusan mereka dan mencari kampus lain. Mulai datangi kampus kedua kamu dan lakukan yang sama seperti dulu. Biarpun kamu gak masuk ke kampus yang kamu idamkan, bukan berarti kamu gak bisa jadi mahasiswa yang baik.
Tidak bisa dipungkiri, ada faktor keberuntungan yang menjadi kunci diterima atau tidaknya kamu di kampus idaman kamu. Kalau memang udah waktunya kamu diterima di sana, kamu pasti bakalan jadi mahasiswa sana. Gak ada rezeki yang tertukar. Kalau memang gak lulus, jangan sedih dan tetap berusaha jadi yang terbaik di kampus lain, ya.

Sumber: Hipwee.com

Butuh soal saintek + pembahasan: Klik disini
Butuh Soal Soshum + pembahasan: Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini

0 Response to "8 Cara Agar Diterima di PTN Idaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel