Kamis, 01 Juni 2017

Pencatatan Transaksi ke dalam Jurnal Umum atau Buku Besar

1. Jurnal Umum
a. Pengertian Jurnal
Jurnal adalah catatan transaksi keuangan secara kronologis (urut berdasarkan waktu) dengan menuliskan akun yang harus didebit dan dikredit. Data yang dicatat dalam jurnal berasal dari bukti transaksi seperti kuitansi, nota, faktur, dan memorial post. Dalam pencatatan akuntansi, jurnal memiliki fungsi mencatat, fungsi historis, fungsi analisis, fungsi instruktif, dan fungsi informatif.
b.Mencatat Transaksi ke Jurnal Umum
Kolom-kolom yang terdapat pada jurnal umum terdiri atas tanggal, nama akun/keterangan, ref, debit ,dan kredit. Proses pencatatan jurnal dilakukan dengan cara menuliskan tanggal kejadian transaksi, mencatat akun sesuai akun yang dipengaruhi berdasarkan bukti transaksi (akun debit dicatat terlebih dahulu dan akun kredit agak menjorok ke kanan), menuliskan nomor akun pada kolom ref, serta menulis jumlah akun debit dan jumlah akun kredit.

2. Buku Besar
a. Pengertian Buku Besar
Buku besar adalah kumpulan akun sejenis yang digunakan untuk meringkas transaksi dari jurnal umum. Penyusunan buku besar bertujuan mengetahui saldo akhir tiap-tiap akun pada periode tertentu. Buku besar dapat berbentuk T, dua kolom, tiga kolom, dan empat kolom.
b. Mekanisme Posting
Posting merupakan proses pemindahan bukuan akun-akun dari jurnal ke buku besar sesuai nama akun. Posting seharusnya dilakukan pada hari yang sama setelah transaksi dicatat dalam jurnal sehingga dapat mencegah penumpukan jurnal. Langkah-langkah posting sebagai berikut.
1)menentukan nama akun yang dipengaruhi dalam jurnal
2)menuliskan tanggal transaksi sesuai tanggal jurnal
3)memindahkan nomor akun dari jurnal ke buku besar
4) memindahkan jumlah debit dari jurnal ke kolom debit buku besar dan memindahkan jumlah kredit dari jurnal ke kolom kredit buku besar

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon