Kamis, 01 Juni 2017

Pencatatan Akuntansi Perusahaan Dagang


1. Jurnal Khusus
Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang kegiata utamanya membeli dan menjual kembali barang tanpa mengubah barang tersebut. Contoh perusahaan dagang adalah toko, kios, depot, minimarket, dan supermarket. Transaksi yang sering terjadi pada perusahaan dagang antara lain pembelian barang dagang, penjualan barang dagang, pengiriman kembali barang yang telah dibeli(retur pembelian), pengiriman kembali barang yang telah dibeli (retur pembelian), pengiriman kembali barang yang telah dijual(retur penjualan), pembayaran biaya angkut pembelian, dan pembayaran biaya angkut penjualan. Transaksi-transaksi tersebut dicatat pada jurnal khusus dan jurnal umum.
Jurnal khusus berfungsi mencatat transaksi sejenis dan sering terjadi pada perusahaan dagang. Penjelasan tentang jurnal khusus sebagai berikut.

a. Jurnal penerimaan kas yaitu jurnal yang digunakan mencatat transaksi penerimaan uang tunai atau setara uang tunai(cek, giro pos, giro bilyet, dan wesel pos).
b. Jurnal penjualan yaitu jurnal yang digunakan mencatat penjualan barang dagang secara kredit. Penjualan barang secara kredit ditandai dengan syarat pembayaran, misalnya 2/7, n/30. Penjual akan memberi potongan penjualan sebesar 2% jika pembeli melunasi utangnya dalam jangka 7 hari setelah transaksi dan jangka waktu pelunasan 30 hari
c. Jurnal pengeluaran kas yaitu jurnal yang digunakan mencatat transaksi pengeluaran uang secara tunai atau setara uang tunai.
d. Jurnal pembelian yaitu jurnal yang digunakan mencatat transaksi pembelian barang dagang dan pembelian lainnya yang berhubungan dengan perusahaan dagang secara kredit.Pembelian barang secara kredit ditandai dengan syarat pembayaran, misalnya 4/10, n/45. Pembeli akan memperoleh potongan pembelian sebesar 4% jika pembeli melunasi utangnya dalam jangka 10 hari setelah transaksi dan jangka waktu pelunasan 45 hari.

Tidak semua transaksi dapat dicatat dalam jurnal khusus seperti transaksi retur pembelian, retur penjualan, dan pengurangan harga. Transaksi tersebut dicatat dalam jurnal umum

2. Posting Buku Besar Utama dan Buku Besar Pembantu
Posting adalah proses pemindah bukuan akun yang terdapat pada jurnal ke buku besar. Pada perusahaan dagang, transaksi yang terjadi sangat kompleks dan beragam. Buku besar yang digunakan pada perusahaan dagang terdiri atas buku besar utama dan buku besar pembantu

a. Buku besar utama merupakan kumpulan semua akun yang saling berhubungan dalam suatu periode tertentu.
b. Buku besar pembantu merupakan buku besar khusus yang mencatat perincian piutang dan utang dagang yang memberi informasi secara detail. Buku besar pembantu bermanfaat untuk mengetahui kondisi utang dan piutang perusahaan dagang sewaktu-waktu(real time).

1) Buku besar pembantu piutang adalah buku besar yang mencatat perincian akun piutang dagang menurut nama pelanggan dan perpindahan jumlah piutang.
2)Buku besar pembantu utang adalah buku besar yang mencatat perincian akun utang dagang menurut nama pemasok dan perpindahan jumlah utang

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon