Jumat, 02 Juni 2017

Pelaporan Akuntansi Perusahaan Dagang

Loading...


1. Harga Pokok Penjualan
Harga pokok penjualan (HPP) merupakan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh barang yang akan dijual atau harga perolehan dari barang yang akan dijual. Penghitungan harga pokok penjualan bertujuan sebagai dasar penentuan harga jual dan mengetahui laba yang diinginkan perusahaan. Rumus-rumus penting dalam penghitungan harga pokok penjualan sebagai berikut.
a. Pembelian bersih = (pembelian + beban angkut pembelian) - (retur pembelian dan pengurangan harga + potongan pembelian)
b. Barang tersedia untuk dijual (BTUD) = persediaan awal + pembelian bersih
c. HPP = barang tersedia untuk dijual (BTUD) - persediaan akhir
2. Laporan Laba/rugi
Laporan laba/rugi merupakan laporan yang menyajikan informasi pendapatan dan beban perusahaan pada periode tertentu. Rumus-rumus penting dalam laporan laba/rugi perusahaan dagang sebagai berikut.
a. Penjualan bersih = penjualan - (potongan penjualan + retur penjualan)
b. Harga pokok penjualan = persediaan awal + pembelian + beban angkut pembelian -(retur pembelian dan pengurangan harga + potongan pembelian) - persediaan akhir
c. Laba kotor = penjualan bersih - HPP
d. Laba bersih sebelum pajak = laba kotor - beban usaha
e. Laba bersih sesudah pajak = laba bersih - pajak penghasilan/beban pajak
3. Laporan Perubahan Modal
Laporan perubahan modal merupakan laporan yang menyajikan perubahan modal perusahaan selama satu periode akuntansi. Modal bertamba jika laba perusahaan memperoleh laba. Modal berkurang jika perusahaan mengalami kerugian. Selain itu, pertambahan dan pengurangan modal dipengaruhi pengambilan prive. Modal bertambah jika laba bersih lebih besar daripada pengambilan prive. Modal berkurang jika laba bersih lebih kecil daripada pengambilan prive.
4.Neraca
Neraca merupakan laporan yang memuat harta, utang, dan modal perusahaan secara terperinci selama periode akuntansi. Dengan melihat neraca dapat diketahui kondisi kesehatan keuangan sebuah perusahaan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon