Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja Perusahaan Jasa

1. Jurnal Penyesuaian 
a. Pengertian Jurnal Penyesuaian
Pada akhir periode belum semua akun pada neraca saldo menunjukan jumlah sebenarnya sehingga penjualan perlu membuat jurnal penyesuaian. Jurnal penyesuaian merupakan proses pencatatan perubahan saldo akun agar menunjukan saldo sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Penyusunan jurnal penyesuaian bertujuan agar akun riil menunjukan jumlah sebenarnya dan akun nominal menunjukan jumlah yang benar-benar telah menjadi pendapatan dan beban pada periode bersangkutan. memisahkan akun riil dan akun nominal, serta memudahkan pembuatan atau penyusunan kertas kerja
b. Akun-Akun yang Disesuiakan
Transaksi yang terjadi dalam sebuah perusahaan jasa melibatkan banyak akun. Tidak semua akun pada perusahaan jasa disesuaikan. Akun-akun yang perlu disesuaikan pada akhir periode antara lain perlengkapan, penyusutan aktiva tetap(selain tanah), beban dibayar di muka (prepaid expenses), pendapatan diterima di muka(unearned revenues), beban yang masih harus dibayar(accrued expenses), pendapatan yang masih harus diterima (accrued revenues), dan piutan tidak tertagih.

2. Kertas Kerja
a. Pengertian Kertas Kerja
Kertas kerja merupakan suatu daftar belajur-lajur untuk menghimpun data akuntansi pada akhir periode tertentu. Tujuan penyusunan kertas kerja antara lain mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi saat penyusunan jurnal penyesuaian, memeriksa ketepatan penghitungan saldo akun, dan memudahkan penyusunan laporan keuangan.
b. Mencatata Kertas Kerja
Kertas kerja yang sering digunakan adalah kertas kerja sepuluh kolom.Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pencatatan kertas kerja sepuluh kolom sebagai berikut.
1)Membuat kertas kerja sepuluh kolom, terdiri atas kolom nomor akun, nama akun, neraca saldo, penyesuaian, neraca saldo disesuaikan, laba/rugi, dan neraca
2)Mengisi kolom neraca saldo dengan saldo akun-akun buku besar
3)Mengisi kolom penyesuaian dengan ayat jurnal penyesuaian
4)Mengisi kolom neraca saldo disesuaikan dengan menyelisihkan saldo dari neraca saldo dan penyesuain.
5)Mengisi kolom laba/rugi dengan akun-akun nominal yaitu pendapatan dan beban
6)Mengisi kolom neraca dengan akun-akun riil yaitu aktiva(harta), utang, dan modal

0 Response to "Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja Perusahaan Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel