Kamis, 01 Juni 2017

Akuntansi sebagai Sistem Informasi, Persamaan Akuntansi, serta Mekanisme Debit dan Kredit


1. Akuntasi sebagai Sistem Informasi
Akuntansi merupakan kegiatan mencatat, mengidentifikasi, meringkas, menganalisis, mengolah, dan menyajikan informasi keuangan pada periode tertentu untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi akuntansi dibutuhkan pihak internal dan eksternal untuk membuat keputusan.
Pemakai internal informasi akuntansi adalah pihak pengelola dan manajemen perusahaan. Bagi pihak internal, informasi akuntansi berguna untuk merencanakan kegiatan usaha, mengendalikan dan mengawasi kegiatan usaha, mengevaluasi jalannya kegiatan usaha, dan mengambil keputusan terkait masa depan perusahaan. Sementara itu, manfaat informasi bagi pihak eksternal sebagai berikut.
a. Bagi pemilik perusahaan/pemegang saham, informasi akuntansi menggambarkan posisi keuangan perusahaan atau prospek perusahaan pada masa depan.
b.  Bagi pemerintah, informasi akuntansi digunakan untuk menetapkan pajak dan menetapkan kebijakan dalam bidang Ketenagakerjaan.
c.  Bagi kreditur, informasi akuntansi dibutuhkan sebagai dasar pemberian pinjaman atau kredit kepada perusahaan
d.  Bagi investor,  akuntansi digunakan untuk menganalisis tingkat profitabilitas perusahaan sebagai dasar pertimbangan berinvestasi.
e.  Bagi karyawan, informasi keuangan menyajikan gambaran kondisi keuangan perusahaan sebagai dasar menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa (upah dan fasilitas lain).
f.  Bagi masyarakat, informasi akuntansi digunakan untuk menilai konstribusi perusahaan, baik bagi masyarakat maupun perekonomian nasional.

2. Persamaan Akuntansi 
Prinsip persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan antara aktiva dan pasiva. Aktiva merupakan harta yang dimiliki perusahaan. pasiva merupakan gabungan antara modal dan hutang. Prinsip persamaan dasar akuntansi dapat ditulis sebagai berikut.
AKTIVA = UTANG + Modal

3. Mekanisme Diebt dan Kredit
Kelompok akun yang dicatat disisi debit jika bertambah adalah akun harta dan beban, jika berkurang dicatat di sisi kredit. Kelompok akun yang dicatat di sisi kredit jika bertambah adalah  akun utang, modal, dan pendapatan, jika berkurang dicatat di sisi debit debit.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon