Sabtu, 13 Mei 2017

Konsep Pembangunan

A. Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro serta masalah yang dihadapi Pemerintah di Bidang Ekonomi.
1. Ekonomi Mikro
Ekonomi Mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku dari unit-unit ekonomi individual seperti rumah tangga, perusahaan, dan struktur industri. Kajian ekonomi mikro mencakup alokasi sumber sumber daya ekonomi secara efisien bagi kehidupan masyarakat. Ilmu ekonomi mikro mempelajari perilaku konsumen dan produsen serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor produksi, barang, dan jasa yang akan diperjualbelikan.
2. Ekonomi Makro


Ekonomi makro menjelaskan faktor-faktor yang menentukan kegiatan perekonomian suatu negara. Dalam ekonomi makro juga dijelaskan kebijakan yang dapat diterapkan pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi. Komponen yang menjadi kajian makro antara lain angka pengangguran, stabilitas ekonomi nasional, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, laju inflasi, nilai kurs mata uang, jumlah uang beredar, tingkat suku bungan bank, kegiatan ekonomi internasional, neraca perdagangan, serta cadangan devisa.
3. Permasalahan di Bidang Ekonomi
Permasalahan ekonomi yang terjadi di suatu negara dapat memperlambat laju pertumbuhan ekonomi. Selain itu, permasalahan ekonomi dapat menghambat terwujudnya keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Permasalahan ekonomi suatu negara terdiri atas pengangguran, kemiskinan, kesenjangan pendapatan, tingkat investasi rendah, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi rendah, serta tingkat inflasi tinggi, Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah dapat mengambil kebijakan moneter, kebijakan fiskal, serta kebijakan nonmoneter dan nonfiskal.

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon