Sabtu, 13 Mei 2017

Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen dalam Aliran Pendapatan

Loading...

1. Pelaku Kegiatan Ekonomi
Pelaku dalam kegiatan ekonomi di Indonesia terdiri atas beberapa pihak sebagai berikut.
a. Rumah Tangga Konsumen(RTK)
Kegiatan konsumsi dilakukan rumah tangga konsumen dengan cara menghabiskan atau mengurangi dengan cara menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang  atau jasa. Konsumen menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Barang atau jasa dapat diperoleh dari rumah tangga produsen. Konsumen berperan mengonsumsi barang dan jasa. menyediakan faktor-faktor produksi yang disediakan. Perilaku konsumen diketahui melalui pendekatan kardinal dan pendekata ordinal. Rumah tangga konsumen berperan menyediakan faktor-faktor produksi yang diperlukan dalam proses produksi.  Faktor produksi yang disediakan rumah tangga konsumen meliputi faktor produksi tenanga kerja;modal;alam seperti tanah atau lahan;dan kewirausahaan. Atas kegiatannya menyediakan faktor-faktor produksi, rumah tangga konsumen akan menerima balas jasa dari rumah tangga produsen. Balas jasa dapat berupa upah atau gaji, bunga modal, laba, dan sewa.
b. Rumah Tangga Produsen(RTP)/Perusahaan
Rumah tangga produsen berperan penting dalam kegiatan ekonomi yaitu menciptakan atau menambah nilai guna barang atau jasa. Kegiatan utama produsen adalah menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Atas barang atau jasa yang dihasilkannya, rumah tangga produsen akan memperoleh keuntungan. Dalam kegiatan ekonomi, produsen berperan sebagai penghasil barang dan jasa, mengombinasikan faktor-faktor produksi, dan membantu pemerintah dalam pembangunan ekonomi atau sebagai penggerak kegiatan ekonomi. Proses produksi yang dilakukan rumah tangga produsen memerlukan faktor-faktor produksi meluputi sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut diperoleh dari rumah tangga konsumen.
c. Rumah Tangga Negara(RTN)/Pemerintah
Pemerintah berperan sebagai pengatur, pengendali, pengawaas, dan pembuat kebijakan dalam kegiatan ekonomi. Pemerintah juga bertindak sebagai produsen dan konsumen. Sebagai produsen, pemerintah menghasilkan barang dan jasa serta menyediakan fasilitas umum bagi masyarakat. Dalam menghasilkan barang dan jasa serta fasilitas umum,pemerintah menunjuk badan Usaha Milik Negara(BUMN) sebagai pelaksana produksi. Sebagai konsumen pemerintah mengonsumsi barang dan jasa yang diperoleh dari rumah tangga produsen maupun masyarakat luar negeri atau rumah tangga swasta asing. Pemerintah juga berperan sebagai pendorong kestabilan iklim investasi nasional.
d. Masyarakat Luar Negeri
Masyarakat luar negeri dapat berperan sebagai pendukung dalam kegiatan ekspor impor barang dan jasa, dan kegiatan ekspor impor tenaga kerja. Masyarakat luar negeri dan pelaku ekonomi dalam negeri juga dapat menjalani kerja sama dalam bidang modal dan investasi. Masyakat luar negeri sebagai pendukung perekonomian suatu bangsa berupa pinjaman dana atau disebut pinjaman luar negeri

2. Circular Flow Diagram
Circular flow diagram merupakan gambaran hubungan timbal balik antarpelaku ekonomi dalam perekonomian Indonesia. Diagram ini menunjukan arus melingkar; membentuk sistem tertentu; serta menggambarkan posisi uang, faktor produksi(pasar input), dan posisi barang atau jasa(pasar output) di suatu negara. Bagi pemerintah, circular flow diagram bermanfaat untuk menjaga stabilitas ekonomi, mengawasi dan mengatur kebutuhan barang dalam negeri, mengetahui penghitungan pendapatan, mengetahui pengeluaran dan produksi barang atau jasa, sebagai media pengawasan neraca pembayaran, serta membentuk struktur ekonomi nasional. Manfaat circular flow diagram bagi masyarakat antara lain untuk mengetahui sumber produksi barang dan jasa, jenis pekerjaan yang dapat dilakukan, sumber penghasil produksi, serta menentukan lokasi yang tepat.
a. Circular Flow Digram Perekonomian Dua Sektor

Diagram arus ini menggambarkan interaksi dua pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen(RTK) dan rumah tangga produsen(RTP), Konsumen menyerahkan faktor-faktor produksi kepada perusahaan dan memperoleh balas jasa atas tindakan tersebut. Perusahaan menggunakan faktor produksi yang disediakan konsumen kemudian membayar balas jasa ata penggunaan faktor produksi tersebut.
b. Circular Flow Diagram Perekonomian Tiga Sektor

Perekonomian tiga sektor menggambarkan interaksi antara rumah tangga konsumen, perusahaan, da pemerintah. Pemerintah menyediakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah juga menerima pembayaran pajak dari RTK dan RTP atas penyediaan fasilitas publik. Untuk menghasilkan barang dan jasa, pemerintah memerlukan faktor produksi yang berasal dari RTK dan RTP. Faktor produksi yang disediakan RTK berupa tenaga kerja dan modal, sementara faktor produksi yang disediakan RTP berupa peralatan dan pelengkapan operasioanal.
c. Circular Flow Diagram Perekonomian Empat Sektor

Perekonomian empat sektor menggambarkan interaksi antara pelaku ekonomi dalam negeri dan masyarakat luar negeri. Pelaku ekonomi dalam negeri maupun pelaku ekonomi luar negeri terdiri atas rumah tangga konsumen, perusahaan, dan pemerintah. Interaksi pada pasar output diwujudkan dengan kegiatan ekspor dan impor. Contoh pengiriman TKI dan pengiriman bahan baku. Pada perekonomian empat sektor terjadi aliran faktor produksi tenaga kerja. Atas penggunaan faktor produksi tenaga kerja di luar negeri, pelaku ekonomi dalam negeti akan memperoleh balasjasa berupa upah dalam bentuk devisa(valuta asing)



Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon