Minggu, 14 Mei 2017

Karakteristik Negara Berkembang dan Negara Maju

Loading...


Suatu negara dapat dikatakan maju atau berkembang pada hasil pembangunannya. Pembangunan ini dapat berupan pembangunan fisik atau pembangunan secara sosial. Indikator suatu negara dapat dikatakan sebagai negara maju atau pun berkembang berdasarkan:

  1. jumlah dan pertumbuhan penduduk
  2. tingkat kesejahteraan penduduk, dilihat dari pendepatan pe kapita penduduk
  3. tingkat pendidikan
  4. tingkat kesehatan, dapat dilihat dari jumlah kematian bayi sehat dan usia harapan hidup
  5. struktur mata pencaharian, dapat dilihat dari pembanguan sektor industri
  6. penduduk perkotaan
  7. sarana dan prasarana
Negara maju
Berdasarkan indikator di atas, suatu negara dapat dikatakan negara maju apabila semua indikator tersebut termasuk dalam kategori tinggi, kecuali angka kematian bayi, yakn rendah. Negara maju tidak mengalami kekurangan bahan pangan, bahkan sering mengalami surplus pangan dari hasil petanian, seperti Selandia Baru yang mampu mengekspor hasil pertanian dan peternakannya ke seluruh negara. Negara maju biasanya tersebar hampir di seluruh wilayah bumi utara

Negara berkembang
Berdasarkan indikator di atas, suatu negara dapat dikatakan negara berkembang apabila semua indikator tersebut termasuk dalam kategori rendah, kecuali angka kematian bayi. Di negara berkembang, angka kematian bayi cendrung tinggi. Hal ini menunjukan tingkat kesehatan, sarana, dan prasarana kesehatan masih rendah. Negara berkembang biasanya dapat ditemui di wilayah belahan bumi selatan. 


Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon