Tipe-tipe Mahasiswa

Dunia kampus adalah dunia yang baru banget buat kita yang baru lulus SMA. Selain pola belajar yang beda, kita juga akan dihadapkan oleh lingkungan sosial yang baru. Salah satunya adalah menemukan teman-teman dengan karakter yang mungkin belum pernah kita temui semasa SMA. Nah, dari 6 tipe mahasiswa ini, kira-kira kita cocok berteman dengan yang mana, ya?

Kupu-Kupu 

Alias kuliah-pulang-kuliah-pulang. Tipe mahasiswa yang satu ini bisa dibilang paling populer di dunia perkuliahan. Sesuai dengan namanya, mereka akan langsung pulang setelah jadwal kuliahnya selesai. Berarti, mereka nggak akan nongkrong di kantin, ikutan organisasi mahasiswa atau belajar di perpustakaan. Alasannya beragam. Ada yang memang lebih suka menghabiskan waktu di rumah. Ada pula yang punya kesibukan lain di rumah. Misalnya mengurus rumah, menjaga adik atau punya bisnis yang dijalankan di rumah. Keuntungan berteman dengan tipe mahasiswa seperti ini adalah kita bakal fokus kuliah. Bisa pula mengatur prioritas tanpa harus kehilangan kehidupan sosial kita.

Kunang-Kunang 

Nah, kalau ini adalah tipe mahasiswa yang kuliah-nangkring-kuliah-nangkring. Alias mereka yang hobi banget nongkrong. Baik itu di kantin, warteg/ warkop dekat kampus atau spot-spot nyaman lainnya di sekitar kampus. Pokoknya yang bisa makan murah, ngobrol sama teman-teman sampai menikmati WiFi gratis. Bisa dibilang, waktu mereka banyak dihabiskan buat nongkrong ketimbang ikut mata kuliah pilihan jurusannya. Tipe mahasiswa ini sudah pasti gaul banget dan dikenal oleh senior. Meski kelihatannya nggak rajin, tipe mahasiswa ini biasanya cerdas dan kaya informasi, lho. Mulai dari yang nggak penting sampai soal negara. Berteman dengan tipe mahasiswa ini, dijamin kita akan selalu punya hari-hari kuliah yang berwarna. Asalkan, kita tetap bisa mengatur waktu antara kuliah dan nongkrong, lho. 

Fakir Absensi 

Tipe mahasiswa ini sebenarnya agak ngeselin, sih. Soalnya, kerjaan dia hanya minta temannya untuk mengisikan absensi, padahal dia bolos. Kalau sudah bertemu dosen killer dan ketahuan, malah kita yang ikut terkena marah. Alasan mereka menjadi fakir absensi tentunya yang pertama adalah malas. Tapi, ada pula yang memang sibuk menjalani kegiatan di luar kuliah,  seperti sibuk di organisasi mahasiswa atau bekerja. Sampai-sampai harus absen di beberapa kelas. Meski cenderung menyusahkan, tipe mahasiswa ini bisa kita jadikan sebagai teman hang out yang seru. Pembawaan mereka yang biasanya easy going dan santai bikin kita bisa punya teman ngobrol yang asyik. Selain itu, tipe mahasiswa ini juga nggak segan mentraktir setelah kita bantu dia. Eits, tapi jangan keseringan saja, ya!

Kura-Kura 

Setiap kampus punya segudang organisasi. Makanya, jangan heran jika satu teman kamu bisa ikut lebih dari 3 organisasi kampus. Mereka yang seperti itu biasanya tipe kura-kura, alias kuliah-rapat-kuliah-rapat. Setiap diajak nongkrong, dia akan menolak dengan alasan harus rapat A, B, C dan sebagainya. Mereka juga sulit buat diajak kumpul untuk mengerjakan tugas kuliah akibat terlalu sibuk rapat. Sisi positif dari tipe mahasiswa ini adalah koneksi yang banyak. Lebih mudah ketika harus mencari tempat magang hingga lowongan kerja. Serunya berteman dengan tipe ini adalah mereka teman yang oke buat diajak berdiskusi banyak hal. Selain itu, mereka jago banget membuat perencanaan. Laporan tugas dia bisa banget kita jadikan acuan yang baik.

Tukang Kejar IPK 
Dunia kuliah memang lebih berat, terutama soal nilai. Kita dituntut untuk jauh lebih bertanggung jawab akan nilai kita. Malas=nggak lulus. Makanya, jangan heran jika kemudian muncul tipe mahasiswa yang kerjaannya hanya mengejar IPK bagus. Mulai dari nggak pernah absen, rajin belajar di perpustakaan sampai selalu tepat waktu mengumpulkan tugas. Pastinya tipe mahasiswa ini adalah tipe kebanggaan. Berteman dengan mereka pun bisa bikin kita tertular rajin belajar. Tapi sayangnya, ada yang berlebihan sampai-sampai disebelin sama teman-temannya. Biasanya sih, sifat mereka egois, memaksakan kehendak saat melakukan tugas kelompok sampai apatis dengan teman-teman sekelasnya.

Mahasiswa Abadi 

Sesuai dengan namanya, tipe mahasiswa ini layaknya manusia abadi. Selalu ada di kampus, selalu kuliah, selalu nongkrong di kantin, tapi kita nggak pernah lihat dia di-wisuda, alias nggak lulus-lulus. Keuntungan berteman dengan tipe ini adalah dia seperti ensiklopedia kampus. Tahu segalanya tentang kampus, mulai dari dosen, mahasiswa sampai semua pedagang di kantin kampus. Mereka yang ada di tipe ini nggak melulu karena malas atau bodoh, lho. Banyak pula yang kuliah sambil kerja dan memprioritaskan pekerjaan ketimbang kuliah.

source gambar: google.com
source: gadis.co.id

0 Response to "Tipe-tipe Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel