Tentang Teknik Perkapalan dan Prospek

 
Jurusan ini biasanya juga disebut dengan Marine Engineering atau Naval Architect Engineer. Keilmuan Teknik Perkapalan ini mempelajari kapal atau bangunan apung beserta perencanaan (seperti arsitek, kan? Itulah alasan mengapa jurusan ini disebut naval architect engineer) dan pembangunannya mulai dari konsep kapal, desain kapal, bentuk badan kapal, rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi laut.

Sebagian besar, peminat Teknik Perkapalan memang laki-laki, tapi ada juga perempuan yang berkuliah di jurusan ini. So, buat kamu yang perempuan tapi berminat di perkapalan, why not?

Gambaran mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari adalah Fisika, Matematika, Mekanika Teknik, Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Listrik Kapal, Termodinamika, Menggambar Teknik (disini kamu akan belajar seluruh dasar-dasar menggambar teknik, bukan menggambar seni ya), Teknologi Informasi dan Pemrogramman Komputer, Manajemen Industri Kapal, Analisa Numerik, Teori Bangunan Kapal, Konstruksi Kapal, Kapal Perikanan, Dinamika Kapal, Getaran Kapal, dan lain sebagainya.

Metode belajarnya tidak hanya di kelas lho guys, kamu juga akan belajar di laboratorium atau studio seperti Laboratorium Hidrodinamika Kapal, Laboratorium Produksi Kapal, Laboratorium Perencanaan dan Sistem Transportasi, Laboratorium Komputasi, dan Studio Gambar. Selain itu, kamu juga akan dibekali dengan keahlian-keahlian seperti keahlian perencanaan kapal, kekuatan kapal, struktur dan teknologi pembangunan dan reparasi kapal, serta keahlian tambahan lainnya.

Mengingat Indonesia sekarang menggunakan visi-misi negara maritim. Maka lulusan dari teknik perkapalan sangat dibutuhkan. Berikut adalah prospek kerja yang menanti lulusan dari perkapalan

1. Marine Engineer 
Marine Engineer adalah prospek utama bagi lulusan Teknik Perkapalan sesuai dengan kompetensinya dalam membuat atau memproduksi kapal laut. Beberapa perusahaan pembuatan kapal terkenal seperti Global Maritime, Saipem, McDermott, dan banyak lagi yang lainnya bisa menjadi pilihan setelah lulus. 
2. Surveyor Production 
Dalam pembuatan sebuah kapal, melibatkan berbagai pihak, dan kamu bisa menjadi surveyor untuk perusahaan klasi√ôkasi ataupun lansung bekerjasama dengan orang yang berkepentingan dalam membuat kapal tersebut. 
3. Instansi Pemerintahan 
Jika tidak ingin bekerja di perusahaan swasta, kamu bisa saja mencoba peruntungan mendaftar menjadi pegawai negeri sipil di berbagai instansi pemerintahan yang selaras dengan kompetensi kamu, seperti Kementrian Kelautan, Kemntrian Perindustrian dan lain sebagainya. 
4. Pengusaha 
Jika kamu mempunyai passion dalam bidang bisnis, kamu juga bisa menjadi seorang entrepreneur setelah lulus nantinya. Kamu bisa mengeluti bisnis apa saja, namun tentu saja yang paling sesuai dengan pengetahuan kamu adalah bisnis dalam industri perkapalan. 
5. Engineering di bidang lainnya 
Lulusan teknik tidak harus terpaku dalam satu bidang, jika merasa mampu untuk bekerja di bidang teknik lainnya seperti di perusahaan minyak dan gas juga tidak tertutup untuk kamu.

Jika kamu tertarik untuk masuk ke program studi ini, beberapa PTN ini memiliki program Studi Teknik Perkapalan : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Pattimura Ambon.

0 Response to "Tentang Teknik Perkapalan dan Prospek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel