Teknik Kimia dan Prospeknya

Ilmu Kimia digabung sama Ilmu Teknik, bisa gak sih? Ya jelas bisa dong! Kamu pernah denger tentang Teknik Kimia kan? Nah lho, jadi bedanya apa sih antara jurusan Kimia (murni) dengan Teknik Kimia?  
Ilmu Kimia murni jelas beda sama Teknik Kimia. Ilmu Kimia itu lebih mempelajari tentang Kimia itu sendiri (atom, zat, unsur, molekul, senyawa, dan interaksi antar materi penyusun zat). Sedangkan, Teknik Kimia yang pada dasarnya merupakan aplikasi dari ilmu Kimia dengan menggabungkan kaidah-kaidah teknik. Jurusan ini lebih mempelajari proses-proses Kimia dan Fisika, yang nantinya akan diterapkan di bidang industri untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi supaya bisa berguna secara ekonomis. Gimana caranya? Tentunya dengan memasukkan faktor-faktor ekonomi dan sosial dalam aplikasi industrinya. 
Seorang mahasiswa Teknik Kimia harus punya kemampuan analisis dan berpikir kritis (harus sering-sering nanya kenapa begini, kenapa begitu). Di dalam perkuliahannya nanti, kamu akan belajar banyak hal tentang Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kimia Organik, Kimia Analisa, Pengantar Industri Kimia, Matematika Teknik Kimia, Azas Teknik Kimia, Teknik Energi, Kimia Fisika, Operasi Teknik Kimia, Termodinamika Teknik Kimia, Mikrobiologi Industri, Teknik Reaksi Kimia, Dinamika Proses, Pengendalian Proses, Ekonomi Teknik, Manajemen Pabrik Kimia, dll. 
Prospek kerja lulusan Teknik Kimia ini luas banget. Banyak industri yang memerlukan lulusan Teknik Kimia, seperti industri makanan, minuman dan obat-batan. Kamu juga bisa bekerja di Departemen Energi, Departemen Perindustrian, Departemen Lingkungan Hidup, Lembaga Penelitian, atau di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa jadi dosen. Atau, kalau kamu melanjutkan studi, kamu juga bisa jadi konsultan industri. 

Setelah seorang mahasiswa Teknik Kimia mendapat gelarnya, yaitu S.T, apa sih pekerjaan terfavorit mereka di dunia kerja? Tentunya bagi kalian yang masih mahasiswa Teknik Kimia, kalian akan melakukan rencana jangka panjang akan bekerja dimana, di bidang apa, di perusahaan apa, dan sebagai apa. Bagi kalian yang telah lulus atau baru lulus dari pendidikan Teknik Kimia, kalian juga tentunya pasti lebih memikirkan bidang pekerjaan yang akan kalian tekuni di dunia kerja nanti. Banyak pilihan yang terbuka untuk kita terjuni saat memasuki dunia kerja, namun apa sih yang terfavorit? 
Muncul pertanyaan, jikalau saya tidak memiliki passion bekerja di Oil & Gas, FMCG, EPCC, Petrokimia, Chemical Industry, dan Consultant, lalu bagaimana peluang kerja di tempat lain? Berikut pemaparan dari informasi yang saya ketahui mengenai peluang pekerjaan lainnya bagi sarjana Teknik Kimia di Indonesia untuk memberikan informasi lebih mendetail bagi kesempatan kerja lulusan Teknik Kimia

1. Industri Renewable Energy 
Industri renewable energy merupakan industri masa depan menurut saya, karena memiliki segudang potensi untuk menjadi alternatif energi pengganti oil and gas. Kebutuhan energi akan terus berkembang, seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan konsumsi energi di dunia. Oleh karena itu, lahirnya industri ini harus didukung agar dapat mengatasi berbagai krisis energi yang melanda di belahan dunia, salah satunya Indonesia. Industri baru ini perlu didukung oleh segenap generasi muda sebagai pekerja-pekerjanya agar dapat membangun industri renewable energy ini. Industri ini mulai berkembang di Indonesia, misalnya Wilmar dan PT Ganesha Energy 77.

2. Industri Agrobisnis 
Industri agrobisnis mempunyai peluang besar di Indonesia karena memang Indonesia memiliki potensi besar dalam dunia bisnis agrobisnis. Perusahaan yang bergerak di bidang ini misalnya adalah Triputra  Group dan Wilmar.

3. Staf Ahli Kementerian 
Sesuai pengalaman saya, saya sering mendengar beberapa senior saya bekerja menjadi Staf Ahli Kementerian RI, terutama menjadi Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Staf Ahli Kementrian ESDM. Bagi yang suka bekerja sebagai pegawai pemerintahan, mungkin pekerjaan ini dapat sesuai dengan passion Anda.

4. Industri / Unit Pengolahan Limbah 
Industri pengolahan limbah dapat dimasuki oleh lulusan Teknik Kimia Indonesia karena memang lulusan Teknik Kimia punya basic relatif kuat dalam pengolahan limbah (waste treatment). Lulusan Teknik Kimia seringkali dikatakan dapat merebut kesempatan kerja lulusan Teknik Lingkungan. Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di perusahaan PPLI, atau di-support system berbagai perusahaan besar, misalnya di unit pengolahan limbah di Oil and Gas Industry. 

5. Banking 
Dunia perbankan juga dapat diselami oleh lulusan Teknik Kimia, misalnya bekerja sebagai analis di bank untuk membantu feasibilty study/analysis ketika bank hendak memberikan pinjaman ke suatu badan usaha/organisasi yang hendak meminjam dana. Lulusan Teknik Kimia akan memiliki kelebihan analisis dalam feasibility study untuk proyek pembangunan industri-industri, mulai dari industri kecil sampai industri besar. Hal tersebut karena lulusan Teknik Kimia dibekali dengan pengalaman analisis studi kelayakan perancangan pabrik kimia.

6. Peneliti 
Peneliti merupakan salah satu peluang pekerjaan lulusan Teknik Kimia. Bagi yang menyukai bidang penelitian di Laboratorium, kalian dapat bergabung ke lembaga penelitian, misalnya BPPT, LIPI, asisten dosen / proesor dalam membantu penelitiannya. Bagi kalian yang memiliki passionmengembangkan inovasi ilmu pengetahuan & teknologi dan senang menemukan halhal baru, pekerjaan ini sangat sesuai dengan pribadi Anda.

7. Dosen / Professor / Guru Besar Universitas 
Tentunya pekerjaan menjadi dosen, proesor, atau bahkan Guru Besar di berbagai Universitas Teknik Kimia Indonesia menjadi peluang tersendiri bagi Sarjana Teknik Kimia. Namun, memang untuk menjadi dosen, di beberapa universitas besar mengharuskan calon dosen tersebut memiliki pendidikan Teknik Kimia sampai S2 atau bahkan S3. Oleh karena itu, sang Sarjana Teknik Kimia haruslah mengambil studi lanjut ke S2 atau S3 sebelum memutuskan ingin menjadi dosen. Jikalau kalian memiliki passion mengembangkan ilmu pengetahuan & teknologi dan senang mengajar & mendidik calon-calon generasi Indonesia masa mendatang, pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang menarik dan sangat mulia. Indonesia sangat membutuhkan tenaga-tenaga pengajar ahli yang pakar di berbagai bidang Teknik Kimia yang begitu luas demi membangun ekonomi bangsa ini di masa depan. Tentunya pendidikan akan menjadi fondasi yang sangat kuat bagi bangsa ini untuk berkembang dalam iptek-nya. 

0 Response to "Teknik Kimia dan Prospeknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel