Sabtu, 22 April 2017

Cara Kuliah di Harvard

Tags

Reputasi Harvard University tak dapat diragukan lagi. Sebagai salah satu kampus terbaik di dunia, setiap tahun ribuan calon mahasiswa internasional dari berbagai negara berebut untuk bisa menjadi bagian dari kampus Ivy League itu. Pesaingan masuk Harvard University tentu sangat ketat dan kompetitif. Lantas kira-kira calon mahasiswa seperti apa ya yang lolos seleksi? Dilansir dari Wikihow, berikut ini empat jurus jitu yang harus dilakukan untuk masuk Harvard.

1. Punya kemampuan akademis yang luar biasa 
Hampir semua mahasiswa Harvard merupakan 10-15 persen siswa terbaik di kelasnya. Tak cukup dengan menunjukkan nilai, kemampuan akademis juga perlu didukung dengan skor tes SAT atau ACT yang tinggi. Pastikan kamu telah memenuhi lebih dari standar yang ditentukan oleh kampus.

2. Aktif di ekstrakurikuler yang keren 
Ternyata pintar saja tak cukup untuk bisa diterima di Harvard University. Sebab, kampus juga akan melihat aktivitasmu di luar akademis atau ekstrakurikuler. Beberapa aktivitas yang bisa diikuti, seperti klub olahraga dan volunteer. Meski begitu, pastikan kamu punya peran penting di organisasi yang diikuti, jangan sekadar jadi anggotanya saja.

3. Menyiapkan aplikasi yang lengkap 
Siapkan esai 200-500 kata yang mengesankan. Kemudian, kamu juga harus memiliki evaluasi dari guru yang benar-benar mengenalmu dengan baik. Untuk memberi nilai tambah, sertakan pula dokumen pendukung, seperti sertifikat atau piagam yang menunjukkan prestasi. Yang tak kalah penting, lengkapi data diri secara jujur, jangan coba-coba bohong.

4. Cermat dalam mengirim aplikasi 
Kirim seluruh dokumen tepat waktu, jangan terlalu mepet dengan batas akhir pendaftaran. Jika diminta untuk wawancara, gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Jika perlu, siapkan sejumlah pertanyaan seputar pengalaman kuliah di Harvard. Lakukan dengan semaksimal mungkin, dan tunggu hasil akhirnya.


Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon