Selasa, 14 Maret 2017

Website Terbaik Belajar Online di Indonesia

Loading...

Dizaman seperti ini tentunya memberikan akses kemudahan dalam berbabagi hal, termasuk dalam hal belajar. Hadirnya internet membuat munculnya gaya belajar baru yaitu e-learning yang didukung oleh website-website pendidikan. Tentunya kalau di Amerika mengenal khan academy yang menurut saya sendiri merupakan situs belajar terbaik hingga saat ini, sayangnya konten tersebut tersedia dalam Bahasa Inggris. Saya hingga sekarang masih suka menggunakan situs tersebut untuk memperlajari banyak hal. Apakah Indonesia juga mempunyai website belajar yang bagus? tentunya banyak dan berseliweran di Internet. Kualiatasnya pun berbagai macam. Daftar situs belajar terbaik ini saya kutip dari +Seputar Kuliah. Saya juga menyetuji memang situs-situs tersebut adalah yang terbaik mampu memudahkan anda dalam belajar

1. Brainly

Brainly.co.id didirikan oleh pengusaha Eropa Michal Borkowski, Tomasz Kraus, dan Lukasz Haluch, yang bertujuan membantu pelajar Indonesia khususnya dan pelajar dunia dalam mengerjakan pekerjaan rumah, atau bertanya tentang pelajaran yang tidak dimengerti yang kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh orang lain yang bisa menjawabnya tidak terbatas hanya pada guru namun juga bisa pelajar lainnya yang memang sudah paham. Berkat kegigihannya dalam membangun start-up pendidikan, awal bulan ini, Brainly yang berpusat di Berlin memperoleh invetasi sebesar $9 juta seri A dari General Catalyst Partners. Dimas Mukhlas Widiantoro, sebagai country manager untuk Brainly Indonesia, menyatakan bahwa Brainly akan menjadi kelas raksasa untuk semua siswa yang mau belajar, berbagi, dan mendapatkan pengetahuan. Brainly adalah jaringan sosial bagi siswa, di mana siapa pun, di mana saja di dunia, dapat mendaftarkan diri untuk membantu orang lain dengan pekerjaan rumah.
2. Zenius
 Zenius.net, saat ini mungkin menjadi satu dari sedikit website online yang menyediakan pembelajaran secara interaktif paling baik. Terdapat video pembelajaran interaktif seolah belajar dikelas bimbingan belajar. Wisnu sebagai CEO Zenius, memiliki keinginan besar untuk memperbaiki Indonesia dalam pendidikan. Ia juga menyatakan bahwa salah satu masalah terbesar Indonesia adalah Pendidikan. Oleh karenanya Zenius dibuat untuk membantu siswa dalam pembelajaran yang lebih efektif serta efisien. Tidak seperti Khan Academy, sayangnya, video pembelajaran zenius masih berbayar, alias tidak gratis, karena mungkin belum ada investor yang mau mengcover zenius sebagai media pembelajaran nasional yang harus dikembangkan demi mencerdaskan anak bangsa. Semoga saja kedepannya ada investor serta gratis selamanya. Kalau saya boleh berkomentar, untuk saat ini Zenius adalah salah satu website belajar paling terbaik sebab ia tidak mengajarkan anda menghapal namun harus bernalar dalam segala hal, Ini tentunya berkebalikan dengan pendidikan Indonesia yg lebih suka menghapalkan.
3. Ruang Guru
 Ruangguru.com merupakan website bagi guru dan murid bertemu dalam sebuah wadah interaktif untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Murid baik siswa sekolah menengah, hingga perguruan tinggi bisa belajar lewat website tersebut. Tak hanya itu pengajar bukan hanya kalangan dari guru formal saja namun juga siapapun yang menguasasi pelajaran tertentu bisa menjadi guru. Bahkan pembelajarannya bisa dilakukan secara online hingga bertemu disuatu tempat yang mendukung pembelajaran atau d irumah murid sesuai dengan kesepakatan. Memang tidak gratis, tapi mungkin ruangguru menjadi salah satu bimbel online paling populer di indonesia saat ini.
4. Ini Budi
Saat sekolah dasar, pasti kalimat “Ini Budi, Ini Ayah Budi, Ini Ibu Budi” sudah tak asing lagi. Sehingga foundernya membuat website inibudi.org sebagai bisnis sosial yang mengedepankan pendidikan. Berbagi ilmu lewat video pembelajaran menarik dan interaktif yang selalu diperbaharui secara berkala. Dan itu semua bisa diperoleh secara gratis. Ini Budi mengkhususkan pembelajaran lewat videonya mulai dari sekolah dasar SD hingga tingkat SMA. Tak hanya itu, terdapat pula materi umum seperti Profesi yang diisi oleh presenter kondang Najwa Shihab.
5. Sibejoo

Sama halnya dengan inibudi, video pembelajaran dari Sibejoo.com dapat kita manfaatkan secara gratis. Sibejoo yang berarti beruntung ini sudang mengupload video pembalajaran sebanyak 1.000 lebih yang dibuat sendiri dan lebih fokus pada pelajaran IPA seperti matematika, biologi, kimia, fisika. Setiap orang dapat mengaksesnya lewat website sibejoo dan bisa menyumbangkan dana bagi mereka yang sudah berniat baik untuk memberikan pembelajaran gratis  yang interaktif dan tentunya juga bermanfaat.
6. Harukaedu 
Harukaedu.com memiliki konsep berbeda dengan yang lainnya. Mirip seperti bimbingan belajar atau lembaga kursus namun dikhususkan kepada lulusan sekolah menengah atas atau kelas perguruan tinggi yang bukan hanya menyediakan kegiatan pembelajaran mulai dari silabus hingga materi teorio serta praktek namun juga sertifikat berakreditasi. Harukaedu membagi dua kategori fasilitas, yang pertama adalah kelas online gratis bagi siapa saja, kedua ada kuliah online yang bekerja sama dengan universitas berakreditasi B dan A.
7. Quipper
Sukses dengan Quipper School, kini Quipper Ltd., perusahaan teknologi yang berbasis di London, Inggris, meluncurkan produk terbarunya yaitu Quipper Video di Indonesia untuk pertama kalinya di dunia. Indonesia dipilih karena dianggap sebagai negara berkembang yang sudah memiliki akses internet cukup stabil dan murah. Quipper Video diklaim merupakan solusi e-learning berbasis video online, alternatif dari bimbingan belajar, bagi para siswa yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UN (Ujian Nasional)dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional) sehingga belajar lebih efektif dan menyenangkan. Quipper Video menyediakan video pembelajaran dan modul dari para tutor berpengalaman, soal-soal latihan hingga try out SBMPTN layaknya sebuah bimbingan belajar. Bedanya, semua layanan tersebut disajikan secara online sehingga dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan bisa diulang-ulang.

Semoga bermanfaat
sumber gambar: google.com




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon