Selasa, 14 Maret 2017

Website Gratis Untuk Belajar Bahasa Asing

Loading...

Tentunya dari kita semua ingin menguasai bahasa asing untuk menunjang kemampuan kita dalam menghadapi masa depan yang ada. Tentuny banyak diantara kita yang ingin sekali mengikuti lembaga kursus untuk belajar bahasa asing yang kita inginkan, tetapi tidak semua dari kita mempunyia uang untuk membiayai kursus-kursus yang ada. Dizaman ini sebanarnya anda tidak perlu takut dalam hal belajar sesuatu. Dengan hanya bermodalkan niat dan kuota kita bisa mengusai bahasa asing yang kita mau. Bagaiman caranya? Tentunya dizaman internet ini banyak penyedia situs belajar gratis. Situs belajar bahasa asing ini tentunya dapat membantu anda dalam penguasaan materi penting. Kita semua mempunyai smartphone atau pun laptop. Biaya internet pun makin kesini makin terjangkau. Yang tadi saya katakan anda cuma butuh "kuota" dan "niat". Oke ini daftar dari situs tersebut, dikutip dari official line @seputar kuliah.
1. Duolingo
Di Duolingo.com kamu bisa bahasa asing secara gratis selamanya. Akan ada tutor yang mereview kemampuan bahasa asingmu juga lho! Sebagai salah satu website terbesar untuk belajar bahasa asing, Duolingo punya metode belajar yang asyik melalui permainan. Di sini kamu bisa memilih metode belajar. Ada metode santai (5 menit/hari), biasa (10 menit/sehari), serius (15 menit/hari), atau gila (20 menit/hari). Tinggal pilih deh mana yang kamu mau. Kamu juga bisa memilih tingkat apa yang ingin kamu pelajari. Jika kamu bingung, ada tes kemampuan awal yang bisa kamu coba dulu. Selain Bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar bahasa asing lainnya seperti Jerman, Perancis, Italia, Belanda, dan lain sebagainya. Serius atau santai-santai aja, kamu yang tentukan. By the way, Duolingo juga tersedia dalam aplikasi yang bisa diinstall di ponselmu. Jadi kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja.
2. Learnalanguage
Kalau kamu lebih suka metode pembelajaran visual, coba main-main ke learnalanguage.com untuk meningkatkan kemampuan bahasamu. Bila belajar Bahasa Inggris dengan membaca modul yang penuh dengan tulisan, atau kamus yang penuh dengan kata-kata bisa membuatmu pusing, mungkin kamu memang seorang pembelajar visual. Situs learnalanguage.com bisa cocok untukmu karena mereka menyediakan pembelajaran kosa kata bahasa asing dengan basis visual. Ada lebih dari 1.400 kata yang bisa kamu pelajari. Ada juga audio interaktif yang bisa membantumu latihan pengucapan kata dengan benar. Nggak cuma Bahasa Inggris, banyak juga tersedia bahasa asing lainnya.
3. Openculture
 Di openculture.com selain belajar bahasa kamu bisa belajar budaya mereka juga lho. Lumayan untuk menambah pengetahuan. Seperti dua situs sebelumnya, Openculture juga menawarkan pembelajaran berbasis audio, sehingga kamu bisa berlatih pronounciation atau pelafalan. Kelebihannya, di Openculture kamu bisa belajar bahasa sekaligus belajar budaya di sana. Kamu akan diajak belajar lewat sastra dan juga film. Cocok banget untuk kamu yang sedang ngebut belajar Bahasa Asing. Bukan cuma itu, di Openculture kamu bisa belajar berbagai bidang ilmu lho. Mau belajar tentang astronomi? Ada. Mau belajar tentang hukum atau filsafat? Ada. Banyak pilihannya, tergantung kamu ingin belajar apa.
4. Memrise
Kalau selama ini kamu kesulitan menghafal kosa kata bahasa asing, langsung belajar memrise.com. Dengan metode permainan, menghafal jadi fun! Memrise mempunya metode unik sendiri untuk belajar bahasa asing, yaitu dengan cara mengajak pengguna menghafal kosa katanya. Nah, biasanya kamu sering lupa dan ketukar-tukar. Misalnya kosa kata irrigation, precipitation, dan cultivation. Dalam satu level, kamu akan diminta untuk menghafalkan arti 3 kata tersebut melalui berbagai pertanyaan. Kalau kamu salah, pelajaran akan diulangi lagi. Kalau kamu sudah benar menjawab semua pertanyaan, kamu akan diberikan tambahan kosa kata lagi. Dengan cara seperti ini, yang kamu hafal semakin bertambah setiap harinya. Kelas-kelas yang tersedia juga beragam. Kamu bisa ikut kelas TOEFL, IELTS, dan banyak lagi. Tapi syaratnya, Bahasa Inggrismu harus bagus dulu, karena bahasa pengantar yang digunakan di sini adalah Bahasa Inggris
 5. Hinative

Paling efektif belajar bahasa asing memang melalui native speaker. Di Hinative.com kamu bisa bertemu dan berinteraksi dengan mereka. Hinative berasal dari kata Hi Native, yang bisa diartikan cara belajar bahasa asing di sini adalah melalui interaksi dengan native speaker dari seluruh dunia. Dengan berinteraksi dengan mereka, kamu bisa tanya langsung tentang cara pengucapan, makna, dan grammar yang kamu pakai apakah sudah benar apa belum. Tapi, di sini, setidaknya kamu juga harus mengerti Bahasa Inggris. Karena untuk bertanya dengan mereka, kamu harus menggunakan Bahasa Inggris juga. Nah, kamu bisa dapat dua sekaligus nih, Belajar dan praktik dalam waktu yang bersamaan. Sambil memperlancar Bahasa Inggrismu, kamu bisa belajar bahasa asing lainnya. Hinative juga sudah ada aplikasinya, jadi gampang dibawa ke mana-mana. Yuk dicoba!
6. Busuu
Belajar bahasa di busuu.com bisa memberimu paket lengkap: membaca, menulis, dan bicara. Pilihan bahasanya juga lebih banyak! Di Buusu.com kamu bisa belajar secara gratis ataupun berbayar. Mirip-mirip dengan Duolingo, Busuu juga memungkinkan kamu belajar kosa kata, grammar, maupun pengucapan. Bedanya, Busuu nggak menggunakan metode permainan dalam pembelajarannya, tapi langsung memandu kamu untuk menemukan kosa-kosa kata baru, atau belajar bagaimana grammar digunakan. Menariknya, kamu bisa dapat tips-tips menarik lho di sini. Misalnya, sapaan ‘hello’ digunakan untuk situasi yang formal dengan orang yang belum terlalu kamu kenal, sementara dengan orang yang sudah kamu kenal dan situasi yang lebih kasual, kamu bisa memakai ‘hi’!
7. Livemocha
 Ingin belajar bahasa sekaligus menjadi instruktur bahasa? Coba berkunjung ke livemocha.com!
Yang unik dari livemocha.com adalah, kamu nggak hanya bisa belajar bahasa, tapi juga memberikan pengajaran bahasa yang kamu kuasai. Saat kamu mendaftar, kamu akan ditanyai apa bahasa native-mu. Kemudian kamu akan dimasukkan ke kelas yang sama dengan orang-orang yang ingin belajar bahasa native-mu. Bila kamu memberikan pengajaran tentang bahasa yang kamu kuasai kepada mereka, dan mereka senang dengan pengajaran yang kamu berikan, follower-mu akan memberimu poin. Poin ini nantinya bisa kamu pakai untuk belajar di kelas bahasa yang kamu inginkan. Versi simpelnya, kamu belajar dengan metode take and give, gitu.
8. Foreign Service Institute
Kalau Bahasa Inggrismu sudah jago, coba belajar bahasa lain di Foreign Service Institute. Modul dan audio learning-nya oke punya! Terakhir, khusus untuk yang bahasa Inggrisnya sudah jago dan ingin belajar bahasa asing lainnya, kamu bisa mencoba ke Foreign Service Institute ini. Bisa diakses di situs fsi-languages.yojik.eu. Bahasa yang tersedia di sana sangat banyak, mulai dari bahasa-bahasa Negara Eropa dan Asia, sampai bahasa-bahasa Negara Timur Tengah. Bahkan kamu bisa belajar Bahasa Tagalog di sana. Setelah kamu memilih bahasa yang kamu pelajari, kamu akan mendapatkan materi berupa PDF dan audio visual yang disusun oleh ahli bahasa profesional. Belajar di FSI cocok untuk kamu yang mencari metode belajar serius dan tingkat berat.

Dengan kehadiran website diatas tentunya dapat membantu kita dalam hal memperlajari bahasa asing. Website tersebut membuat anda belajar lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan mood anda dalam belajar. Semoga membawa manfaat





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon