Minggu, 12 Maret 2017

Jurusan Teknik Fisika

Tags
Loading...


Bagi sebagian orang, Fisika adalah ilmu yang sulit dan memusingkan. Tapi banyak juga lho yang suka dan ingin mendalami jurusan ini. Fisika itu sebenarnya memang asik kok. Bagaimana dengan kamu? Buat yang suka Fisika, jurusan Teknik Fisika ini bisa jadi rekomendasi kamu untuk memilih jurusan kuliah. Mungkin ada yang bingung, memang apa bedanya jurusan Fisika dengan Teknik Fisika? Beda dong! Jadi gini, jurusan Fisika itu kan mempelajari teori dan eksperimen fisika secara murni, sementara Teknik Fisika mempelajari bagaimana mengaplikasikan teori dan eksperimen tersebut, yaitu melalui penambahan muatan ilmu teknik sehingga dapat melakukan pembuatan alat-alat baru, rekayasa bangunan, rekayasa alat, dll. Ya bisa dibilang jurusan ini adalah pengembangan dari jurusan Fisika itu sendiri. Selain itu, Teknik Fisika juga sering diartikan sebagai aktivitas yang meliputi perencanaan, desain, konstruksi atau manajemen alat-alat berat, dll. Dalam perkuliahannya nanti, kamu akan lebih sering menghitung dan menganalisa. Gambaran umum mata kuliahnya terdiri atas Kalkulus, Fisika Rekayasa, Pengantar Teknik Fisika, Rangkaian Listrik, Kimia, Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Matematika Rekayasa, Fisika Gelombang, Akustik dan Getaran, Sistem Pengukuran dan Kalibrasi, Termodinamika, Elektronika, Teknik Optik, Menggambar Instrumen, Fisika Bahan, Pemrosesan Sinyal, Sistem Fotonik, Fisika Bangunan, Rekayasa Bahan, dll. Teknik fisika adalah ilmu yang luas sekali cakupannya, menjadikan Sarjana Teknik Fisika menempati posisi-posisi penting dan handal sebagai Senior Engineer dan Top Management. Posisi-posisi yang ditempati Sarjana Teknik Fisika :

1. Instrumentation and Control Engineer
2. Piping Engineer
3. Programmer
4. Energy Engineer
5. Energy Auditor
6. Material Engineer
7. Corrosion Engineer
8. Sound & Accoustic Engineer
9. Cost Control Engineer
10. Procurement Engineer
11. QC Engineer
12. Stock Control Engineer
13. Building Physics Engineer
14. HVAC Engineer
15. Robotics Engineer
16. Research and Development Engineer
17. Facility Engineer
18. Field Engineer
19. Maintainance Engineer
20. Design Engineer
21. Renewable Energy Engineer
22. Telecommunication Engineer
23. Process Control Engineer
24. Process Engineer
25. Electronics Engineer
26. Control Engineer
27. Lighting Engineer
28. Optic engineer
29. System Control Engineer
30. Network Architect
31. System Engineer
32. Photonics Engineer, etc

Apa Itu Teknik Fisika ? 
Teknik Fisika adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari gejala-gejala fisika melalui berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi. Teknik Fisika tidak hanya berkonsentrasi pada suatu spesialisasi secara mendalam namun Teknik Fisika berkaitan dengan masalah inter-disipliner, khususnya dalam kaitan keteknikan dan teknologi dengan ilmu-ilmu dasar murni dan juga ilmu dasar terapan. Teknik fisika juga sering diartikan sebagai aktivitas yang meliputi : perencanaan, desain, konstruksi atau manajemen alat-alat berat, dan lain-lain.

Apa Saja yang Dipelajari di Teknik Fisika ? 
Pada awal memasuki masa kuliah, mahasiswa Teknik Fisika akan mempelajari ilmu-ilmu dasar seperti Fisika, Kimia, Matematika, Konsep Teknologi, dan Humaniora. Kemudian pada tahap berikutnya mahasiswa Teknik Fisika akan mempelajari dasar-dasar ilmu rekayasa dari berbagai cabang yaitu mesin, elektro, kimia, dan material. Pada tahap akhir, mahasiswa teknik fisika akan dibekali dengan bidang-bidang keahlian yang diminatinya. Bidang keahlian yang dapat kamu dalami di tiap universitas tidak selalu sama, diantaranya yaitu :

1. Kelompok Bidang Keahlian Instrumentasi dan Kontrol
Pada bidang keahlian ini, mahasiswa akan belajar tentang mechanical dan electrical system sekaligus.

2. Kelompok Bidang Keahlian Fisika Bangunan dan Akustik
Bidang ini mempelajari tentang kenyamanan termal dan akustik suatu bangunan dan berhubungan dengan konsep dan karakteristik dari getaran, akuistik, pencahayaan, dan diaplikasikan untuk mendapatkan kondisi yang nyaman dengan memenuhi persyaratan teknis di dalam maupun di luar ruangan.

3. Kelompok Bidang Keahlian Rekayasa Bahan (Semi konduktor, Super konduktor, Komposit, Bahan Elektronik)
Bidang ini berhubungan dengan rancang bangun bahan dan analisis kerja bahan.

4. Kelompok Bidang Keahlian Optik dan Laser/ Rekayasa Fotonika
Dalam bidang ini dibahas tentang fungsi dan peranan optika/optoelektronika/fotonika dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Pada bidang ini juga dipelajari aplikasi untuk komunikasi data, sistem wireless (nirkabel), laser untuk kedokteran dan sebagainya.

5. Bidang Studi Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan.
Untuk bidang energi, mahasiswa akan mempelajari semua jenis energi alternatif baik terbarukan maupun tidak. Sedangkan, rekayasa pengkondisian lingkungan merupakan upaya memperbaiki kualitas proses dengan memperhatikan faktor biologis dan nonbiologis yang nyaman.

Prospek Lulusan Teknik Fisika

Terdapat banyak bidang profesi yang dapat digeluti oleh lulusan Teknik Fisika diantaranya adalah fisika bangunan, pencitraan (imaging), instrumentasi medik, optika, teknologi-nano, sampai ke bioteknologi. Industri yang menyerap lulusan Teknik Fisika antara lain adalah Perminyakan dan Pertambangan, Telekomunikasi dan Elektronika, Teknologi Informasi, Pembangkit Listrik, Industri Pengolahan dan Manufaktur, Industri Rekayasa dan Konstruksi, Industri Produk Sistem Instrumentasi dan Integrator Sistem, maupun di Instansi Pemerintahan.

sumber: official LINE info 3 SMA

Artikel Terkait

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon