Prospek Kerja Jurusan Matematika

Mungkin jika mendengar matematika kita langsung ingat hitungan-hitungan yang memusingkan dan rumit dikepala. Padahal saya berani bilang semua matematika adalah pondasi dari keseluruhan ilmu. Matematika memang abstrak namun ada dikehidupan kita. Matematika berperan penting dalam pembentukan era digital saat ini. Matematika memang tidak dipandang sebagai jurusan favorit oleh para lulusan SMA IPA padahal prospek kerja matematika itu banyak dan luas. Lulusan matematika orang-orang yang adaptif dan aplikatif dalam dunia pekerjaan. Lulusan matematika menjanjikan pekerjaan yang menyenangkan di masa yang akan datang. Oke Kira-kira apa aja prospek kerja kuliah matematika.
1. Programmer 
source: udemy.com 
Kenapa lulusan matematika bisa menjadi programmer? Karena pada dasarnya coding merupakan penerapan aplikatif dari matematika. Dalam pembuatan suatu program dibutuhkan pemikiran matematika untuk menyusun kode yang ada. Lulusan matematika adalah lulusan yang mampu menggarap lahan ini. Bahkan jika anda tahu, salah satu pendiri Google yaitu Sergey Brin merupakan lulusan matematika. Masih banyak lagi ahli komputer berlatar belakang sebagai lulusan matematika 
2. Statistika

Matematika dan statistika adalah 2 ilmu yang serupa tapi tak sama. Namun, statistika sangat berhubungan dengan matematika. Matematika peminatan statistika mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisa data. Sehingga, di dalam statistika, Anda pasti akan menjumpai banyak data dan perhitungan. Untuk menjadi seorang ahli statistika, setidaknya Anda harus memiliki dasar matematika yang baik. Sebab statistika melibatkan daya analisis yang baik, ketelitian yang tepat, dan kecermatan dan ketepatan dalam berpikir. Seorang ahli statistika dapat bekerja di Instansi Pemerintahan seperti Badan Pusat Statistika, Departemen Keuangan, dan lain sebagainya. 

3. Tenaga Pengajar
 source: ugm.ac.id
Tentunya ini merupaka kesempatan yang besar mengingat matematika adalah mata pelajaran yang penting dan pasti selalu ada disetiap sekolahan. Ketika kamu lulus dari matematika kamu bisa mengajar di lembaga pendidikan milik negara atau pun milik swasta. Kamu pun juga bisa sebagai dosen di pergutuan tinggi, namun biasanya jika ingin bekerja menjadi dosen pendidikan kamu mesti melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi.
4. Aktuaris
 Profesi ini merupakan profesi yang paling diminati oleh lulusan matematika. Sebab, aktuaris merupakan pekerjaan yang menjanjikan dari segi penghasilan, sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memasuki jurusan matematika. Namun, untuk menjadi seorang aktuaris, Anda harus menguasai analisa statistik dengan baik dan memahami permasalahan yang berhubungan dengan asuransi. Hasilnya, Anda harus terbiasa dengan banyak data dan dituntut untuk bisa berpikir cermat dan tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan statistika maupun asuransi.  Saat ini, Aktuaris sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Walaupun demikian, untuk bekerja sebagai seorang aktuaris tidaklah mudah, karena kendala salah satu untuk menjadi seorang aktuaris adalah harus fasih dalam berbahasa inggris, menguasi materi matematika, statistika, dan keuangan yang kuat serta dapat menjelaskan secara pasti dari hasil analisa. Alhasil, tidaklah heran jika gaji seorang aktuaris sangat menggiurkan, yaitu sekitar 50-100 juta perbulan.
5. Peneliti
 
 Saat ini pemerintah sedang menggalakkan program penelitian. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan Negara yang minim perhatiannya terhadap dunia penelitian sains. Dewasa ini, banyak lembaga-lembaga sains yang membutuhkan lulusan sarjana Sains maupun Magister untuk mengembangkan penelitian yang digarap oleh lembaga-lembaga tersebut. Profesi ini biasanya dipekerjakan oleh lulusan-lulusan jurusan Sains seperti matematika. Namun biasanya orang-orang yang bekerja sebagai peneliti atau ahli matematika adalah orang-orang yang daya analisanya kuat serta menguasai dasar atau pondasi matematika. Tidak heran jika lulusan matematika murni sangat dibutuhkan oleh lembaga-lembaga Sains seperti LIPI, LAPAN, Batan, dan lain sebagainya.

refrensi: acedemicindonesia[dot]com

Butuh perlengkapan tempur SBMPTN dan ujian mandiri
Butuh soal+pembahasan saintek buat sbmptn : Klik disini
Butuh Soal+pembahasan Soshum buat sbmptn : Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini
Kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini
Lolos SBMPTN tanpa bimbel: Klik disini

2 Komentar untuk "Prospek Kerja Jurusan Matematika"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel