Rabu, 08 Februari 2017

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Jepang

Tags

source: okezone
Ketika kita memikirkan tentang Jepang maka  kita akan terpikirkan tentang anime-anime  Jepang yang populer saat ini. Bisa juga kita berpikir tentang barang-barang elektroniknya. Nah bagi kamu yang berminat belajar tentang kebudayaan Jepang serta bahasanya. Maka kamu cocok untuk memasuki jurusan sastra Jepang. Kira-kira Lulusan Sastra Jepang bisa jadi apa aja yah?
1. Penerjemah
Translator atau penerjemah akan sangat dibutuhkan, apalagi semakin banyak karya-karya orang Jepang di berbagai Industri, dan tidak semua orang Jepang tau atau mau menggunakan bahasa Inggris. Selain itu banyak juga karya-karya seperti buku, novel, film berbahasa Jepang yang dikonsumsi oleh orang Indonesia semakin membuktikan bahwa peluang kerja selalu ada.
2. Intrepreter Bahasa Jepang
Saat ini, perusahaan Jepang banyak yang melebarkan sayap dan berinvestasi di Indonesia, tentu saja akan jadi suatu kemudahan untuk melamar ke perusahaan tersebut ketika kamu paham dan mampu berbahasa Jepang dengan baik. Tugas dari Intrepreter sendiri adalah untuk melakukan presentasi atau menjelaskan suatu masalah, kepada pemimpin-pemimpin perusahaan yang berbahasa Jepang.
3. Departemen Luar Negeri
Kamu yang mempunyai skill berbahasa dan mengerti kebudayaan Jepang mempunyai kesempatan juga untuk bekerja di departemen luar negeri, apalagi hubungan antara Indonesia dan Jepang yang sangat baik. Jadi  tidak melulu lulusan Hubungan Internasioanal yang bisa mengisi pos Departemen Luar Negeri , Sastra juga bisa
4. Tour Guide
Sektor Pariwisata Indonesia juga begitu bergantung pada turis asal Jepang yang cukup banyak dan senang pergi ke Indonesia. Tentu saja kebutuhan akan Tour Guide yang mampu berbahasa Jepang akan sangat banyak dan dibutuhkan.
5. Tenaga Pengajar
Kamu bisa menjadi tenaga pengajar di beberapa instansi dimulai dari SLTA, Kursus, atau bahkan menjadi seorang Dosen Bahasa Jepang. Peluang menjadi tenaga pengajar bahasa Jepang sendiri cukup menjanjikan sebenarnya.

Universitas yang menyediakan Jurusan Sastra Jepang
1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
2. Universitas Airlangga (Unair)
3. Universitas Bina Nusantara (Binus)
4. Universitas Brawijaya (UB)
5. Universitas Diponegoro (Undip)
6. Universitas Hasanuddin (Unhas)
7. Universitas Indonesia (UI)
8. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
9. Universitas Kristen Maranatha
10. Universitas Padjadjaran (Unpad)
11. Universitas Udayana (Unud)
12. Universitas Andalas (Unand)
13. Universitas Sumatera Utara (USU)
14. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
15. Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta
16. Universitas Bung Hatta, Padang
17. Universitas Darma Persada, Jakarta
18. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
19. Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
20. Universitas Komputer Indonesia-Unikom, Bandung
21. Universitas Kristen Maranatha, Bandung
22. Universitas Nasional, Jakarta
23. Universitas Nasional Pasim, Bandung
24. Universitas Pakuan, Bogor



Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon