Kepemimpinan Ala Bill Gates

source: twittter.com

Siapa yang tidak mengenal Bill Gates? Tentunya ia adalah salah satu manusia revolusioner yang pernah ada. Kejeniusannya ditunjukan dengan mendirikan microsoft. Dimana microst dengan produknya telah mendominasi dunia. Terutama produk OS nya yaitu "Windows". Mayoritas penggunaan komputer di dunia menggunakan OS Windows, tak terkecuali saya sedang mengetik di OS Windows. Lantas bagaimana Bill Gates bisa menjadi sukses dengan Microsoftnya? Jawabannya ada dalam hal kepemimpinannya. Rahasia kepemimpinan ala Bill Gates menggunakan rumus sederhana LCCM(Leading, Coaching, Clienting, Managing). Pemimpin hebat akan melahirkan bawahan yang hebat. Pemimpin hebat ialah membuat orang lain mampu terinsiapirasi bawahannya. Lantas seperti apa rumus LCCM ala Bill Gates sendiri?
1. Leading
Dalam hal ini pemimpin harus mempunyai visi dan misi dalam kepemimpinannya. Seorang pemimpin beradaa didepan  untuk memimpin. Memimpin kemana? kearah yang dituju atau suatu tempat  yang ingin dicapai. Kita tentu tau bahwa seorang pemimpin tau dengan pasti apa yang harus dicapai? bagaimana gambaran situasi kedepan baik jangka pendek atau pun panjang? Jika seseorang tidak mempunyai visi dan misi sama saja ia berjalan terus menerus tanpa tujuaan  yang pasti kemana?
 2.  Coaching
Coaching disini erat kaitannya dengan  membina hubungan dengan rekan kerja atau anggota tim . Coaching sendiri salah satu fungsi pemimpin. Melalui coaching, pemimpin berupaya untuk membuaat rerkan kerjaa atau anggotaa menyadari tanggung jawab dengan penuh kesadaraan sehingga membuat mereka dengan sukarela melakukan tanggung jawab tersebut. Seorang pemimpin yang melakukan coaching akan mendorong menjalankan fungsi daan tugasnya tanpa paksaan. Perlu dipahami bahwa di masa modern saat ini, memimpin dengan cara otoriter  atau ala militer tidak efektif, alih-alih malah menimbulkan perlawanan dari rekan kerja.
3.Clienting
Clienting adalah kegiatan seorang pemimpin yang menjalankan fungsi untuk melayani pelanggan. Seorang pemimpin harus dapat menggerakan semua rekan kerjanya untuk melayani pelanggan dan mempunyai orientasi "kepuasan pelanggan". Tentunya dalam hal tersebut menggunakaan cara yang dibenarkan bukan dengan menabrak aturan hukum yang ada.
4. Managing
Sebagai pemimpin, seorang tentu memilikii ratusan bahkan hingga ribuaan  staf. Tanpa kemampuan managing yang baik, maka mustahil perusahaan atau organisasi anda dapat berkembang besar dan cepat

Fungsi managing terdiri dari enam  hal, yakni

  • Planning(perencanaan)
  • Organizing(pengorganisasian)
  • Delegating(pendelegasian)
  • Actuating(tindakan)
  • Controlling(pengawasan)
  •  Evaluating(evaluasi)
Tentunya jika anda seorang fans Bill Gates, anda harusnya bisa meniru cara dia dalam memimpin. Cara yang ia lakukan membuat dia menjadi manusia terkaya yang ada di dunia. Mungkin saja dengan meniru konsep  Bill Gates anda bisa meraih kesuksesan ala Bill Gates. 

Refrensi: Majalan Bisnis Pengusaha


 
 

Belum ada Komentar untuk "Kepemimpinan Ala Bill Gates"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel