Rabu, 15 Februari 2017

Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Indonesia

Tags

Sebenarnya jurusan apa pun itu baik. Segala sesuatu yang kita jalani  sungguh-sungguh pasti mendapatkan ilmunya. kalau sudah berilmu tentu saja masalah uang itu akan menjadi mudah. Namun memang ada jurusan yang dibutuhkan sekali di Indonesia karena memang jumlah mereka terbatas dan lulusannya pun tidak terlalu banyak seperti lulusan kacang goreng. Untuk kamu anak SMA maka jurusan ini bisa menjadi refrensi kamu ketika berkuliah nanti. yuk cek ada apa aja?

1. Aviation Safety, jurusan kuliah yang banyak berkutat dengan dunia penerbangan


Tentunya kita tahu bahwasannya sering terjadi kecelakaan udara di Indonesia. Bagi kamu yang peduli dengan masalah ini, kamu bisa mengambil jurusan Aviation Safety di STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia), Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. Banyak konsentrasi yang nanti bisa kamu ambil dalam jurusan ini, seperti Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU), Penerbangan Aeronautika (PA), Komunikasi Penerbangan (KP) dan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK). Jika kamu berniat untuk mengambil jurusan ini, kamu harus siap secara fisik, intelegensi dan mental karena akan ada beberapa tes yang harus kamu lalui untuk bisa masuk ke sekolah tinggi penerbangan bergengsi ini. 
2. IT Cyber Security

Jumlah pengguna internet di Indonesia semakin pesat bertambah. Hal tersebut didukung dengan menjamurnya gadget murah dan banyaknya penyedia layanan internet di Indonesia. Namun, semakin bertambahnya jumlah tersebut akan timbul pula banyak masalah, seperti cyber crime, penipuan, hate speech, pencurian data, deface, berita hoax, dll. Selain itu, kini teroris pun mulai beralih menggunakan internet sebagai media propoganda dalam menyebarluaskan paham radikalismenya di Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan banyak sumber daya manusia yang ahli dalam persoalan cyber security.
Jika kamu memiliki passion terhadap dunia komputer dan segala permasalahan di dalamnya, maka jurusan Cyber Security di Universitas BINUS (Bina Nusantara), Jakarta Barat ini cocok untuk kamu. Di jurusan ini nanti kamu akan belajar tentang jaringan komputer, bahasa pemrograman, kriptografi, dll.
Alternatif: Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan 

3. Sering disepelekan, jurusan Teknik Lingkungan justru yang banyak dibutuhkan orang-orang


Indonesia kini menjadi salah satu negara industri cukup besar di dunia, namun hal tersebut menimbulkan kekhawatiran dampaknya terhadap lingkungan. Jika kamu pecinta lingkungan dan aware terhadap pemanasan global, maka jurusan Teknik Lingkungan di ITB (Institut Teknologi Bandung) yang memiliki akreditasi A bisa kamu pilih. Jurusan Teknik Lingkungan itu sendiri adalah suatu jurusan yang nantinya kamu akan mempelajari tentang cara-cara meminimalisir dampak pencemaran industri terhadap lingkungan, penanganan limbah berbahaya, drainase perkotaan, dll.

4. Bukan sekadar cantik dan menarik, jurusan Fashion Designer pun berpotensi untuk mengubah dunia!


Apakah kamu mengenal Tex Saverio? Dia adalah seorang desainer asal Indonesia yang sudah melalang buana ke berbagai pagelaran fashion internasional, salah satu yang cukup fenomenal adalah karyanya yang pernah digunakan oleh Lady Gaga. Jika kamu termasuk pecinta fashion dan merasa passion-mu ada di situ, jurusan yang paling tepat kamu ambil adalah Fashion Designer di LaSalle College Indonesia. Apa kontribusi yang bisa kamu lakukan untuk Indonesia? Kamu bisa mengenalkan budaya Indonesia di kancah dunia, semisal memadukan gaya busana trendy dengan batik pekalongan, membuat pakaian tradisional untuk ajang Miss Universe, atau kamu bisa membuat busana dengan bahan dasar dari kain ulos, dll. Alternatif: ESMOD, Raffless Institute of Higher Education dan Bunka School of Fashion.  

5. Hubungan Internasional, jurusan tempat orang-orang pandai, terampil dan berani


Apakah kamu ingin seperti KH. Agus Salim yang menguasai banyak bahasa dan disegani oleh penjajah? Atau mungkin kamu ingin seperti Nara Rakhmatia Masista yang membungkam para pemimpin negara lain yang mempersoalkan masalah HAM di Papua? Jika kamu mahir berbahasa, minimal Bahasa Inggris, jago debat dan aware terhadap dunia internasional. Maka jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia ini cocok kamu pilih sebagai jurusanmu nanti. Nantinya kamu akan mewakili Indonesia sebagai duta besar di suatu negara atau perwakilan di organisasi-organisasi dunia, semisal PBB.
Alternatif: UNPAD, Universitas Jember, UGM, IISIP, UIN Jakarta, UNHAS. 

6. Sudah tahu belum kalau ada jurusan Pembangunan Daerah/Wilayah? Layak dicoba juga, lho!


Jika ingin berkontribusi dengan masuk ke dalam pemerintahan? Maka kamu harus masuk ke IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Institusi pendidikan satu ini pernah tersandung masalah cukup serius yang mencoreng namanya, dikarenakan kasus kekerasan. Meskipun begitu, IPDN tetap menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah kementerian dalam negeri yang memiliki pendidikan dengan kualitas terbaik yang kini sudah bertransformasi menjadi lebih baik lagi. Institut ini terletak di daerah dengan cuaca yang sejuk, tepatnya di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Selain itu, IPDN pun ada di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Bagi yang ingin masuk ke institut satu ini, kamu harus siap secara fisik dan mental karena institut ini menerapkan pendidikan semi-militer.  Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih di sini adalah Pembangunan Daerah. Setelah kamu lulus, kamu bisa menerapkan ilmu yang kamu dapatkan dengan menjadi bagian dari pemerintah, minimal kamu nanti bisa menjadi ketua RT/RW atau camat untuk memajukan daerah tempat tinggalmu.
Alternatif: UGM (Universitas Gajah Mada) 
Butuh perlengkapan tempur SBMPTN dan ujian mandiri
Butuh soal+pembahasan saintek buat sbmptn : Klik disini
Butuh Soal+pembahasan Soshum buat sbmptn : Klik disini
Ebook Materi Saintek: Klik disini
Ebook Materi Soshum: Klik disini

Kisi-kisi SBMPTN 2018: Klik disini
Lolos SBMPTN tanpa bimbel: Klik disini
sumber: hipwee.com

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon