Kamis, 02 Februari 2017

Jadi Apa Lulusan Sastra Indonesia?

source: uns.ac.id
Selama ini kita berpikiran bahwasannya kuliah di Sastra akan mendapatkan masa depan suram, berbeda dengan jurusan favorit yang menjamin masa depan  cerah. Namun pernyataan itu tidak selamanya benar dan terjadi dalam kehidupan dunia kerja. dizaman sekarang ini yang begitu menentukan sebenarnya adalah kemampuan mahasiswa itu sendiri. Salah satu jurusan sastra yang ada dalam perguruan tinggi adalah  sastra Indonesia. Ingat yah sastra Indonesia tidak serta  merta kuliahnya hanya baca puisi, pantun, novel, atau karya sastra lainnya. Banyak hal yang lainnya dikaji dalam jurusaan sastra  Indonesia. Nah lulusan sastra Indonesia secara umum mempunya prospek berbagai macam pekerjaan saat ini.

1. Tenaga Pengajar
Lulusan sastra atau bahasa memang identik dengan sebagai tenaga pengajar. Lulusan sastra sendiri dapat mengajar di berbagai macam tempat. Perguruan Tinggi Negeri atau swasta, Sekolah, lembaga kursus bahasa, dll. Lulusan sastra Indonesia dibutuhkan  dalam waktu sekarang ini. di ASEAN bahasa Indonesia adalah bahasa bersama. di berbagai negara tetangga kita. Bahasa Indonesia pun menjadi pelajaran utama. Nah tentunya lulusan sastra Indonesiaa yang bisa  mengisinya
2. Penulis
Syarat-syarat pekerjaan yang ada di zaman melenial ini salah satunya adalah kemampun menulis. Kemampuan menulis merupakan sesuatu yang penting  jika kita ingin mendapatkan pekerjaan yang kita idamkan selama ini. Salah satu keunggulan jurusan  sastra termasuk sastra Indonesia adalah kemampuan menulisnya. Banyak lulusan sastra Indonesia saat ini berkerja di media percetakan sebagai editor. Bahkan lulusan sastra Indonesia pun bisa menjadi penulis karya sastra populer atau pun penulis lepas.
3. Jurnalis
Kemampuan dalam bidang jurnalistik banyak cabangnya bisa wartawan, penulis, redaktur,  atau pun editor media. Nah lulusan sastra Indonesia pun bisa berpeluang menjadi pembawa acara berita dan penyiar televis. Pekerjaan ini tidak serta merta harus dipegang oleh lulusan komunikasi. kamu yang lulusan sastra Indonesia pun bisa
4. Pengusaha
Menjadi pengusaha sebenarnya tergantung keputusan setiap orang. Seseorang sarjana memang seharusnya menjadi job maker bukan job seeker termasuk lulusan dari sastra Indonesia. Jika kamu memang punya cita-cita atau passion sebagai pengusaha maka jangan ragu untuk memulai dan mengerjakannya. Usaha yang cocok bagi lulusan sastra biasanya dibidang percetakan atau media. Jadi jangan takut untuk memulai usaha.

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon