Rabu, 01 Februari 2017

Cara Masuk UI 2017

source: belajarsbmptn
Siapa sih yang ngga tau UI? itu loh kampus nomer satu di Indonesia, salah satu kampus terbaik di Asia. Tentunya adik-adik banyak yang ingin berkuliah di UI dan ingin  jadi bagian dari Yellow Jacket. Nah  kalian harus tau ada beberapa cara untuk masuk UI. Saya sebagai mahasiswa UI berkewajiban untuk memberi tahu bagaimana cara masuk UI pada tahun 2017?  Tahun ini sedikit ada perubahan regulasi untuk kuliah di UI. Oke sebelumnya anda harus tau mahasiswa UI terbagi atas empat jenis. Mereka semua mempunyai cara masuk tersendiri. Pembagian jenis mahasiswa  UI sendiri terbagi:
  • Mahasiswa reguler 
  • Mahasiswa paralel
  • Mahasiswa vokasi
  • Mahasiswaa internasional
Oke sekarang gue kasih penjelasannya mahasiswa reguler sendiri merupakan mahasiswa mayoritas. Alasannya  kursi atau penerimaan kuota mereka lebih  banyak dibandingkan dengan tiga mahasiswa lainnya. Nah mereka ini merupakan  mahasiswa yang bayaran kuliah persemesternya mempuyai dua opsi dan mereka juga ngga ada uang pangkal.  Opsi pertama adalah BOPB(Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan), opsi ini membuat mahasiswa bayar kuliah persemesternya sesuai kemampuan ekonomi keluarganya, jadi kalian yg ngga mampu bisa bayar dibawah 1 juta persemester. tapi pengajuan biaya tersebut harus didukung oleh berkas-berkas yang diminta oleh UI yaah. Nah opsi kedua merupakan BOPP(Biaya Operasional Pendidikan Pilihan) nah kalo ini dikhususkan bagi lu yang mampu bayar lebih. Didalam BOPP lu tnggal milih mau bayar berapaa? seinget saya bayaran terendah itu kisaran 7 juta.  

Oke sekarang mahasiswa Paralel. Mahasiswa paralel  sendiri dikhususkan bagi kamu yang lulusan lampau. maksudnya gimana? kalo mau  jadi mahasiswa reguler tahun 2017, maka yang berhak adalah lulusan 2017, 2016, dan 2015. kalo kamu misalkan lulus tahun 2012 dan kamu pengen masuk UI maka kamu bisa tuh  jadi mahasiswa paralel UI. Yah walaupun pengamatan saya  jarang sekali mahasiswa paralel yang tahun lulusnya jauh. Mungkin beranggapan malu udah tua kuliah hehe.  Nah mahasiswa paralel sendiri berbeda bayarannya dengan mahasiswa reguler. Kalo mahasiswa paralel pake uang pangkal, nah uang kuliah  paralel bersifat fixed(tetap sampe lulus). Mahasiswa paralel juga tidak bisa menikmati beasiswa yang ada di UI. 

Oke sekarang mahasiswaa Vokasi. Mahasiswa vokasi adalah mahasiswa yang bukan S1 alias D3. Vokasi sama kaya paralel nggaa ada batasan usia ijasah. di Vokasi sendiri memang lebih di prioritaskan  buat kamu yang lebih menekankan kepada kemampuan kerja. Jadi emang kalau lulus dari sini prioritasnya kerja. Bagi kamu yg lebih prioritas kerja disaranin nih masuk Vokasi. nah kalo vokasi sendiri bayarannya juga tetep dan pake uang pangkal. Tapi Vokasi boleh meneriman beasiswa dari UI berbeda halnya dengan paralel. 

Oke sekarang mahasiswa Internasional. Mahasiswa yg ada persyaratancdokumen TOEFL/IELTS. Toefl minimal 500 dan IELTS dapet 5,5. Nah masalah ijasah, maksimal umur ijasah kamu itu 5 tahun. Nah kalo di program internasional kamu dapat mencicipi kuliah di luar negeri 1 tahun di  Universitas mitra UI. Nah kuliah di UI nya sendiri kurang lebih 5  tahun. Untuk kamu yang mau lebih dan memang punya duit lebih bukan kaya  saya hehe. Wajib nih ikut program internasional. Uang kuliahnya gimana?  Uang kuliahnya untuk WNI kisaran  35 juta/semester,  kalau WNA 40 juta/semster. Uang pangkal WNI 75 juta kalau WNA 100 juta. Untuk Universitas mitra bayarnyaa beda lagi yaah, yg pastinya kayanya lebih  mahal hehe. Untuk tahu lebih lanjut buka ini

Nah sekarang jalur masuk UI sendiri bagi  empat golongan tersebut gimana ditahuh 2017 ini? 
  • Mahasiswa Reguler: SNMPTN(Kuota 30%) SBMPTN(70%)  UI mulai tahun 2017 menghapus ujian SIMAK bagi mahasiswa reguler. 
  • Mahasiswa Paralel: PPKB dan SIMAK
  • Mahasiswa Vokasi: PPKB dan SIMAK
  • Mahasiswa Internasional: SIMAK UI 
Nah  kurang lebih itu informasi yang saya tahu, semoga informasi ini berguna bagi kawan-kawan sekalian yang pengen masuk UI. 

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon